7 hal ini hanya programmer yang tahu | editblogtema editblogtema: 7 hal ini hanya programmer yang tahu

Logtema

×
tutorial dan teknik

7 hal ini hanya programmer yang tahu

Menarik ketika mencermati dunia IT, 600-an bahasa program yang berkembang di dunia diantaranya kemudian menjadi begitu populer. Sebutkan saja JavaScript yang terus naik popularitasnya, dan juga bahasa programming Phyton yang semakin terkenal dan di minati.

Ini penting diketahui oleh para pengembang, bayangkan pasar dan industri yang membutuhkannya meningkat begitu drastis. Python adalah bahasa programming pilihan di masa kini.

1. Dominasi Python
Menurut hasil survey pengembangan Python, lebih 84% programmer pengguna python menggunakan python sebagai bahasa utama mereka dalam menulis proyek. Dan hanya 16% dari mereka yang menggunakan bahasa program lainnya.

Jika kita kembali ke tahun 2017 hanya 5% dari pengguna dari total pengguna 79% yang menggunakan python sebagai bahasa utama mereka. Ini adalah peningkatan yang sangat signifikan!

2. Bahasa yang berbeda beda.
Saya telah menulis perihal python sebelumnya. Bahasa program ini sintaxnya mirip bahasa Inggris. Sama halnya dengan bahasa manusia, bahasa program memiliki banyak jenis bahasa yang berbeda bahkan hingga 690 bahasa yang berbeda telah terdaftar.

Baca: Apakah python itu?

Orang sering berfikir belajar bahasa programming itu sulit sekali, namun hal tersebut kini mulai berubah bahkan jika negara negara seperti Papua New Gunea dan Indonesia mempelajarinya bahasa Python paling tidak akan menjadi bahasa program urutan ke-3 di kedua negara tersebut.

3. Sebagai Hobby
Masih menurut lembaga survey, bahasa program python bahkan bisa menjadi hobby yang menyenangkan untuk mengembangkan software game.

Sebagian yang lain menggunakannya sebagai mesin pembelajaran, pengembangan web dan untuk analisa data.

4. Akhir masa hidup python 2,7
Masa hidup python 2,7 diperpanjang hingga 2020, meskipun demikian tidak akan menjamin telah ditambalnya semua bug bug atau celah celah keamanannya.

Ini dilakukan karena masih begitu popularnya versi tersebut, 70% pengguna memang telah menggunakan versi yang lebih baru, namun disana masih ada 16% pengguna yang menggunakan python 2.

5. Programming dan koding adalah dua hal yang berbeda.
Para programmer bekerja melalui komputer, menggunakan koding secara sinonim dan menggunakan istilah secara bergantian.
Sedangkan koding berarti menuliskan kode kode sederhana dari bahasa yang satu kepada bahasa yang lain. Disaat program berarti memprogram suatu mesin melalui satu set instruksi atau perintah, maka seorang kodinger yang bertugas menterjamahkan bahasa logic kedalam bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin.
Dengan kata lain seorang programmer lebih banyak urusannya daripada sekedar menulis koding.

6. PHP sebenarnya bukan bahasa program.
Bingung? Sejak awalnya php ditemukan oleh Rasmus Lerdorf tidak ditujukan untuk menjadi bahasa program baru. Penciptanya akhirnya memang telah menciptakan bahasa tersebut namun awalnya secara interface hanya untuk keperluan memanage web pribadinya.

Dan hari ini bahasa tersebut lebih dikenal sebagai "hypertext preprocessor" aslinya hanyalah suatu akronim dari "Personal Homepage" atau Beranda Pribadi.

7. Null Dan NaN
Di dalam bahasa JavaScript Null berarti "tidak ada samasekali berisi nilai" dalam artian jumlah atau hitungan suatu objek dalam suatu program.
Di lain pihak NaN atau Not-a-Number (Bukan sebuah atau suatu Angka hitungan) namun dihitung sebagai sebuah angka namun tidak berarti dia sama dengan sesuatu. Dan oleh karena mengkonfirmasikan sesuatu sebagai NaN, maka dia harus di repsentasikan sebagai fungsi NaN.


www.editblogtema.net

Bagikan (share):

No comments:

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan