7 alasan mengapa Wordpress lebih berisiko daripada blogspot

Mana yang terbaik?
Saya punya wordpress dan dalam beberapa hal saya cukup menyukainya. Dia adalah platform besar dengan basis inti PHP. Banyak kelebihan Wordpress tetapi banyak juga kekurangannya. Ingat, saya tidak melarang atau menyarankan sobat untuk tidak memilih Wordpress. Semua platform blogging itu masing masing memiliki kelebihan dan kurangannya.

1. SEO
Pengoptimalan SEO adalah hal yang sangat mungkin terhadap blog atau situs Worpress, karena Wordpress adalah sebuah platform besar, hanya saja menjadi ribet karena terlalu banyak plugin yang menawarkan bantuan SEO dan harus diperhatikan akibat terlalu banyak plugin ada selusin bahaya yang mengintai dan jika sobat salah dalam memilih tidak mustahil sobat akan menggenggam bahaya dalam tangan sobat.

Banyak faktor yang harus diperhatikan pada saat kita bermain dengan ranking mesin pencari, jika tidak berhati hati dan sobat salah memilih template wordpress saja, bisa bisa template itu justeru jadi musuh utama halaman blog sobat.

Bandingkan dengan blogger yang langsung di tangani oleh Google sang pemilik searcah engine  paling besar di planet ini. Soal kemanan bukanlah hal yang terlalu sulit ditangani oleh sekalipun blogger pemula.

2. Plugin
Tadi kita menyinggung soal plugin  ya.. benar, Wordpress menawarkan plugin untuk memanage konten konten situs sobat guna meningkatkan fungsionalnya bisa berupa list dan galeri gambar. Di satu sisi tentu saja hal ini akan menghasilkan optimalisasi tampilan yang luarbiasa bagi situs sobat, namun disisi lain sobat telah mengambil risiko bahaya oleh karena menginstal lusinan plugin di dalam template situs sobat.

Setiap plugin di buat oleh pihak yang berbeda dalam artian jika satu plugin rusak atau "crash" maka tidak akan selalu ada opsi bantuan untuk mengembalikan halaman web atau blog sobat agar berfungsi kembali seperti semula. Karena setiap plugin ini dibuat oleh orang orang yang berbeda, maka tidak akan ada jaminan mereka mau bekerja sama.

Disatu sisi plugin mempercantik situs sobat, namun dilain kasus bisa membuat chaos halaman kesayangan kita. Bandingkan dengan blogger yang selalu mendapatkan support dari Google.

3. Update Software
Tentu saja Wordpress dengan teratur selalu mengupdate softwarenya untuk pengguna agar platform mereka berjalan dan berfungsi dengan baik. Dan ini boleh dikakatan sangat sering. Setidaknya setiap bulan. Update adalah suatu hal yang baik, bahkan blogger  blogspot juga melakukannya walaupun tidak sesering Wordpress

Tetapi problem yang sering muncul dengan adanya update yang keseringan ini adalah template sobat akan error karena plugin plugin sering menjadi tidak kompatibel lagi dengan update software  terbaru. Please deh, memangnya sangat penting keseringan update gitu?

4. Malware
Wordpress tidaklah rentan terhadap malware di internet. Itu sebuah platform yang kuat. Akan tetapi telah diketahui memiliki celah keamanan yang rentan pada platformnya:
  • Memiliki backdoor. Matode backdoor adalah ketika hacker mendapatkan akses dengan cara tidak biasa melalui, misalnya FTP, DFTP dan WP-ADMIN. Biasanya serangan ini terjadi ketika sobat tidak mengupdate software dan menjadi celah keamanan pada situs atau blog sobat.
  • Drive by downloads. para hacker datang mendownload suatu muatan ke dalam server sobat, dan mengingatkan bahwa situs sobat telah terinfeksi dan sobat harus menginstal antivirus yang mereka buat.
  • Dan banyak lagi trik hacker lainnya
5. Kompatibalitas
Sehebat apapun Wordpress, dan dia memang dalam beberapa hal menjadi pilihan yang terbaik. Akan tetapi berbeda dengan blogspot, tidaklah mudah menyesuaikan tampilan halaman wordpress pada setiap internet yang berbeda karena perbedaan provider, karena beda ukuran layar dan perbedaan perangkat. 

Situs situs ini memang telah terhubung ke internet yang berbeda, namun beberapa orang melihat tampilan yang berbeda beda dan tidak mengerti mengapa demikian. Tentu saja sangat berbeda dengan Blogspot karena dikelola langsung oleh Google dan menggunakan basis elemen HTML murni yang juga memiliki environtmental software paling massive di bumi ini.

6. Login tanpa batas.
Ini juga terbilang berbahaya karena memperbolehkan banyaknya upaya login sedemikian rupa. Bandingkan dengan Blogger yang hanya memiliki satu cara login melalui email gmail, dan itupun sudah terpadu dengan satu akun Google.

Wordpress menjadi berbahaya bagi kemanan karena sisa bug bug bisa tertinggal dalam banyaknya upaya login tadi, meskipun upaya upaya login mungkin saja gagal, namun tetap saja menjadi overload dan terupload kedalam server sehingga memudahkan upaya peretasan oleh pihak hacker.

7. Template.
Banyak orang suka pada Wordpress karena sekalipun jika sobat tidak mengerti cara bekerja dan teknik pengembangan suatu website dalam mengedit tema, Wordpress menawarkan kemudahan penggunaannya, yakni dengan menyediakan banyak template jika dibanding dengan blogger yang begitu terbatasnya, namun template blogger blogspot dapat di edit dan dirobah robah tampilannya sehingga akan nampak berbeda satu dengan yang lainnya walaupun masih dapat dikenali ciri cirinya.

Yang menjadi masalah adalah jika sobat kurang berhati hati, dalam memilih tema orang akan mengira sobat memiliki web yang sama dengan milik orang lain yang menggunakan template yang sama. Meskipun misalnya template yang tampak profesional namun tetap saja terlihat seperti "meng-copy" website orang lain, hal ini memang berlaku juga kepada blogger yang menggunakan platform blogspot sebagai sarana ngeblog mereka, namun walaupun tema tema blogspot terbatas dia memiliki opsi editorial yang tidak terbatas. Blogspot memiliki halaman editor HTML yang lebih sederhana dan mudah operasikan bahkan jika sobat ingin mengedit template blogger secara online.
Sobat pengguna blogspot juga sering terlihat menggunakan template "seribu umat" itu tidak terlalu baik karena kemiripan situs satu dengan yang lain akan mendistorsi mesin pencari dalam mengoptimalkan pemilihan konten sobat. Lebih baik gunakan template yang berbeda dengan milik orang lain agar bisa menjadi ciri ciri situs sobat sendiri.
Saya telah bekerja dengan menggunakan wordpress selama beberapa tahun dan juga blogspot sejak 2012 walaupun pada tahun 2013 saya berhenti dan baru mulai ngeblog kembali tahun 2018 yang lalu, sampai sekarang saya masih menggunakan blogspot dan wordpress secara bergantian. Saya menyukai keduanya terlepas dari kelebihan dan kekurangannya...


www.editblogtema.net


Comments

  1. masing masing memiliki plus minus ya bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya masing masing memiliki baik kelebihan maupun kekurangan

      Delete
  2. Kalau sudah memilih sebuah platform maka sebaiknya kita juga mengenalnya lebih dalam. Misalnya dengan memilih WordPress, maka kita juga perlu belajar WordPress, bagaimana optimasinya termasuk tentang pengembangan kualitas konten dan juga keamanannya. Saya setuju, jika membicarakan perbandingan, semua pasti punya kelebihan dan kekurangan maasing-masing.

    ReplyDelete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP