5 HAL YANG VITAL SAAT MEMILIH TEMPLATE YANG TEPAT BUAT BLOG

template bawaan jadi tampak premium dan lebih menarik
Template buatan editblogtema
Template adalah hal yang tidak mungkin dapat terpisah dari sebuah blog. Paling sedikitnya kita memiliki sebuah template yang sederhana dan apa adanya buat negblog. Namun terjadi beberapa kesalahan yang harus kita luruskan.

1. Template harus lebih cepat
Ketimbang mengutamakan gaya, template blog yang cepat dan sederhana tanpa banyak "hiasan" yang membebani loading adalah pilihan yang paling baik. Memang mungkin akan menjadi lebih baik jika template cantik dan cepat sekaligus, tapi sayangnya itu tidak ada. Yang ada adalah template kustom AMP yang sederhana dengan sedikit hiasan tanpa melibatkan JavaScript dan link font ekstenal.

Apalagi jika melihat tolok ukur sebuah template cepat itu adalah apabila dibuka melalui hape hanya membutuhkan waktu 0,8 detik! Satu hingga tiga detik dinyatakan sebagai template lambat. Tahun 2019 segalanya telah berubah. Sobat harus mulai berfikir bahwa beberapa cara ngeblog selama ini ternyata sudah menjadi salah.

Jika manusia memang cenderung ingin melihat template cantik cantik itu subjektif, satu orang mengatakan template yang itu cakep yang lain beranggapan tidak sama, mesin pencari akan terdistorsi pada saat mencoba menemukan dan mengakses konten konten hebat didalam sebuah template cantik yang lambat bagai siput. Tidak bisa tidak ini akan membuat usaha mempercantik tema hanyalah sia sia.

2. Template harus menjadi ciri khas situs blog sobat sendiri.
Jangan ikut ikutan membeli template populer. Saya tidak mengatakan membeli tema buatan pihak ketiga itu tidak baik. Tetapi pada diskusi para ahli terbaru di twitter, menggunakan template yang banyak dipakai oleh para blogger itu hanya akan membuat blog atau situs sobat menjadi puluhan atau bahkan ratusan banyaknya yang menjadi mirip satu dengan yang lain dan ini juga sedikit banyaknya akan "mendistorsi" mesin pencari ketika mencoba menempatkan situs sobat di halaman web.

Kemiripan juga akan mengurangi ciri ciri khas situs sobat, menjadi tampak seperti jiplakan, tidak professional dan tampak pasaran. Jika sobat memiliki sedikit pengatahuan koding dasar, tidak ada salahnya mengedit dan merombak sendiri template bawaan (default) blogspot. Buat dia berbeda. Jangan lagi menghabiskan uang kecuali jika benar benar butuh membeli template dengan alasan spesial.

3. Jangan menganggap template seperti rumah atau pakaian bagi situs blog
Sebuah template bagi sebuah situs blog bukanlah seperti rumah dikomplek perumahan yang hanya dibedakan dari nomor nomor, atau pakaian yang dibedakan dengan merek, tetapi sebuah template adalah kulit skin dan wajah bagi sebuah halaman situs blog. Itu menjadi sebuah kesatuan langsung dengan halaman web.

Karena jika template rusak maka web akan ikut rusak, jika sebuah template diretas blog dapat dikuasai oleh peretas. Peretas dapat melanjutkan menjadi diri sobat sebagai admin situs blog.

4. Pakailah template buatan sendiri atau template bawaan yang sudah di kustomisasi.
Templat default (bawaan itu) itu aman karena memang telah memenuhi prosedur, jika pengembang dari pihak ketiga melihat kekurangan, itu tidak lebih hanyalah masalah tampilan dan optimalisasi yang terkadang tidak terlalu penting. Pertimbangkan ini baik baik:

  • Jika templat pihak ketiga gratis yang sobat pilih, sekali lagi,  saya tidak mengatakan itu buruk, itu masalah kredit. Sobat harus menanggung "kredit" pembuatnya kadang menanamkan backlink yang menguntungkan satu pihak. Templat tersebut juga bukan hanya sobat yang menggunakannya, mungkin dipakai juga oleh ratusan yang lain. Didalam templat seperti ini sering saya temukan script script yang cukup "nasty" jika disesuaikan dengan misi situs blog sobat. Meski trik menanamkan backlink pada template sudah tidak terlalu bagus lagi namun hal itu terus saja terjadi.
  • jika templat berbeli alias premium yang sobat pergunakan, sobat jangan mengira template itu sepenuhnya menjadi milik sobat masih ada script tertanam yang jika sobat temukan akan ada catatan: Jangan menghapus ini, hargailah jerih payah orang lain. Lho? Saya membeli tema buatan Solaris dan beberapa template premium buatan ThemeForest, lalu merombaknya, tetapi ketika bertemu dengan peringatan itu hati nurani saya jadi tidak enak. Sobat harus tahu seberapa cantikpun template yang sobat pakai jika di inspect melalui halaman web inspection akan ketahuan itu buatan siapa.
  • Gak usah bohong. Saya membuat template dan sering menguji template template yang saya rasa unik untuk ditiru beberapa bagiannya melalui inspect elemen di browser.
5. Minta bantuan teman atau orang ahli.
Tidak usah sungkan minta bantuan teman yang lebih mengerti perihal templat jika perlu kerjakan bersama dan belajar darinya. Atau jika sobat memiliki waktu bacalah trik trik pembuatan template dari internet, ada beribu ribu artikel tersedia.

Membuat template itu mudah jika sobat terbiasa dengan elemen HTML seperti HTML, CSS dan JavaScript. Membuat templat blogspot lebih simpel daripada membuat template wordpress yang penuh plugin dan kode inti PHP. Namun memilih template wordpress jauh lebih mudah karena ketersediaan dan kemudahan yang dimilikinhya.

Semoga bermanfaat!


www.editblogtema.net


Comments

  1. Mas, saya mau tanya nich....

    Template saya kok, tiba2 di home cuma di tampilkan satu artikel, padahal pengaturannya adalah ditayangkan 5 artikel, kok bisa begitu yach.... ? saya ngk melakukan apa2 sebelumnya...mohon pencerahannya mas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he tadinya itu mau saya tanya, kuatir memang di sengaja...soalnya kalau satu loadingnya jadi cepat.

      Delete
  2. Waduh, bisa diretas juga ya, serem banget😥
    Saya nggak pernah pakai template selain dari bawaan blogspot, soalnya nggak suka ribet dan mungkin agak males kalau harus beli😁 (sama aja😑)

    ReplyDelete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP