Platform blogging mana yang paling enak menulis menggunakan hape?

Prakata...
Nun disana di Zaman hape. Tahun 2019 Samsung merilis hape folded yang kalau direntang layarnya bisa berubah menjadi tablet seukuran 7,3" dan kalau dilipat maka dia akan berubah menjadi ponsel dengan ukuran layar 4".  Saya jadi berfikir kalau saya dapat memiliki hape ini wow betapa senangnya buat ngeblog karena rentang layarnya bisa di robah jadi lebar.
blog utama editblogtema
Tapi sekarang tidak apa apa dengan hape cina keluaran 2017 saja saya sudah mampu membuat konten sebanyak 200-an artikel, lagian saya juga sudah nyaman dan sangat terbiasa dengan hape seukuran 5 inchi ini.

Ternyata zaman mobile semuanya harus mobil, kayak efek domino sederet aplikasi dan platform di website berubah menjadi lebih mobile friendly. Ya tentu saja, jika sobat tidak mau di tinggalkan oleh dunia, sobat misalnya harus mampu bekerja dan menulis dan juga blogging secara mobile!

Artinya bukan zamannya lagi untuk mem-primadonakan sebuah PC dan laptop untuk beberapa kegiatan tertentu. Tidak ada lagi terdengar misalnya "gimana mau nulis apalagi ngeblog, aku gak punya laptop!" boleh percaya boleh tidak, editblogtema: hampir seluruh konten kontennya di tulis menggunakan hape Android. Awalnya blog ini saya buat hanya buat percobaan, hanya buat utak atik template, malah sekarang jadi keterusan dan...agak kecanduan. Hape yang saya pakai juga masih tetap sama. Oppo A83, bukan promosi hape ya, cuma sebagai contoh saja.

Hanya saja untuk membuat dan mendesain beberapa template blogger, termasuk yang sedang saya pergunakan sekarang saya terpaksa menggunakan tablet 9,7" keluaran tahun 2015 dengan bantuan keyboard dan mouse bluetooth.

Itupun karena alasan teknis: saya tidak bisa mendrag atau memindah mindahkan posisi gagdet dengan sentuhan tangan, dan layarnya terlalu kecil untuk melihat lay out sebuah desain templat.

Sampai saat ini tablet ini telah menulis hampir selusin template blogger untuk dipergunakan sendiri dan dibagikan secara gratis kepada teman teman sesama blogger.

Platform blogging yang mudah digunakan lewat hape dimana menulis dan membuat konten terasa enak sejauh ini yang dapat saya rasakan sendiri adalah:

1. Blogger (blogspot)

Atau blogspot. Platform milik google ini diklaim sebagai yang paling luas dipergunakan dan paling user friendly di atas dunia ini. Dari waktu ke waktu blogger juga mengupdate dirinya. Namun sejak tahun 2013 tampilan lay outnya tidak banyak berubah.

Google juga menyerukan kalau tidak bisa dikatakan telah mengkampanyekan para pelaku blogging agar membuat blog mereka menjadi responsive dan mobile friendly. Mengingat perkembangan mobile seperti ponsel sudah begitu luasnya dimana hampir 80% orang telah terindikasi mengakses internet melalui hape. Maka membuat halaman yang mobile sudah menjadi keniscayaan.

Menulis dan membuat konten blog melalui hape sangatlah mudah ditahun 2019 ini. Sobat tidak perlu lagi menggunakan aplikasi mobile blogger untuk menulis sebuah artikel. Cukup masuk ke browser chrome, edge atau modzilla layaknya pada pc dan laptop, lalu akses dasbor blog dan mulailah membuat konten!

Satu satunya kelemahan cara ini adalah: Blogger belum menyesuaikan dasbor berikut tool blogger untuk digunakan melalui hape, pengalaman menulis melalui ponsel masih mirip melalui pc desktop dan laptop. Jika U.I dan UX dasbor ini tersedia dalam opsi mobile, saya yakin akan lebih meningkatkan pengalaman pengguna.

Misalnya tidak ada layar fix untuk mobile agar tidak mengecil atau membesar pada saat pengeditan atau pada saat insert gambar untuk keperluan melengkapi konten tulisan. Malangnya lagi aplikasi blogspot mobile yang sekarang masih dapat di donlot melalui Play Store Google walau mudah dipergunakan juga masih terlihat jadul.

Namun secara keseluruhan ngeblog via hape di blogger itu termasuk mudah. Buktinya editblogtema lebih 80% ditulis melalui hape.

2. Wordpress

Berbeda dengan blogger, wordpress amat mudah di pergunakan melalui hape. Terutama  melalui aplikasi wordpress yang dapat sobat download melalui hape.

Dasbor mobilnya lengkap dengan tool atribut atribut yang dapat dipergunakan buat menulis melalui hape. Menulis melalui aplikasi memang lebih nyaman jika desain dasbornya memang user friendly seperti wordpress. Layar fix dan stabil tanpa kuatir membesar dan mengecil. Insert gambar juga sangat mudah.

Disamping itu mengganti template juga sangat mudah. Wordpress memiliki toko template yang kaya jika dibanding dengan blogger yang hanya memiliki tema tema bawaan gratis terbatas. Lagi pula wordpress lebih kaya dengan add on.

Blogger pemula bisa memilih wordpress karena mudah sekali menggunakannya.

3. Jimdo

Jimdo ini adalah platform blogspot buatan Jerman yang lahir nyaris di zaman serba mobile, jadi platform yang satu ini tidak diragukan lagi memang sangat mobile friendly.

Dengan memiliki aplikasi yang dapat di donlot di hape Android, sobat bisa menulis artikel atau membuat konten dengan sangat nyaman melaluinya, semua terasa memenuhi kebutuhan user experient yang pass. Saya pernah menulis sebuah artikel hingga dua ribu kata dalam beberapa puluh menit nyaris tanpa kesalahan.

Aplikasinya platform blog yang satu ini terbilang sangat user friendly. Tampilan webnya juga sangat responsive, enak dilihat dari pc dekatop, laptop, tablet dan layar hape. Semuanya otomatis dengan user interface tampilan yang bagus. Dan sudah barang tentu memiliki pilihan tampilan yang berbeda beda melalui kemudahan setting templatenya.

4. Wix

Membuat blog di Platform ini sangat mudah. Karena Wix juga lahir di era mobile maka platform yang satu ini sifatnya sangat mobile friendly. Masuk saja ke laman Wix melalui laptop dan cari saja di pencarian Google. Setelah masuk sobat diminta memilih cara masuk: Menggunakan akun Facebook atau akun Google. Namun sayangnya wix tidak mudah dibuat melalui perangkat mobile, akan ada notifikasi yang meminta kita masuk melalui perangkat PC atau laptop terlebih dahulu. Namun setelah halaman web tercipta, situs akan terlihat keren walaupun di akses dari segala ukuran layar perangkat.

Menurut saya ini adalah kelemahannya: Tidak mudah membuat WIX melalui perangkat mobile sejak pertama kali, namun selain loadingnya yang sedikit lambat, WIX memiliki pilihan tema atau template yang dapat diedit dan selalu berpenampilan keren. Menulis artikel dan membuat konten dan menambahkan gambar atau image melalui hape juga setelah itu terasa sangat mudah.


Comments

  1. dapat info baru lagi soal platform blogging nih. jimdo

    Kalau mobile lebih nyaman jika ada keyboard fisiknya. dilayar 5 in jika menggunakan keyboard touchscreen tak bisa sambil melihat hasil ketikan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Layar hape saya 5,5" dan menulis pakai hape sudah jadi ke biasaan hhhh. Salam kipudin

      Delete
  2. Adminnya begitu suka ngeblog dengan hp ya....
    Dan dua platform dibawah juga sy baru tau. Nice info

    ReplyDelete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP