PASTINYA RISAU JIKA SITUS BLOG KESAYANGAN SOBAT TERKENA TIGA MASALAH INI | editblogtema editblogtema: PASTINYA RISAU JIKA SITUS BLOG KESAYANGAN SOBAT TERKENA TIGA MASALAH INI

Logtema

×
tutorial dan teknik

PASTINYA RISAU JIKA SITUS BLOG KESAYANGAN SOBAT TERKENA TIGA MASALAH INI

1. GOOGLE HONEYMOON
google honemoon dan dampaknya terhadap blog

Kalau yang satu ini hanya Google saja yang tau Persis penyebabnya.

Setelah dua hari yang lalu mendapatkan penomena begini: Tiba tiba konten konten berada di atas mesin pencarian, trafik meningkat. Mulanya sobat akan mengira itu jingling, tapi setelah di pindai ternyata bukan itu murni hasil kerja mesin pencari.

Bayangkan hanya butuh waktu dua jam blog kita  telah mendapatkan pengunjung hingga ribuan orang. Pengunjung manusia asli yang diarahkan oleh kampanye mesin pencari. Benar benar seperti sebuah ANUGERAH. Tidak pernah terjadi sebelumnya. Itu yang membedakannya dengan Jingling, kalau jingling pengunjungnya adalah robot.

Suatu masa mungkin blog sobat akan mengalaminya apalagi bagi blogger pemula yang usia blognya masih seusia editblogtema, masih belum genap 6 bulan.

Senang? Awalnya memang begitu tetapi ketika kunjungan mulai mereda, blog tiba tiba menjadi sepi, siapa saja yang pernah mengalami apa yang dinamakan sebagai "Google Honeymoon" terdengar seperti bulan madu, tetapi setelah honeymoon berlalu hal tersebut berdampak sangat buruk terhadap blog. Rasanya seperti baru saja diputusin pacar yang sangat kita cintai.

Dampaknya seolah halaman blog sobat sengaja disembunyikan dari mesin pencarian, artikel yang kita tulis dan biasanya mendapatkan ratusan orang dalam satu jam kini hanya terlihat dua orang setelah melewati 24 jam! Siapa yang tidak cemas setelah mendapat jawaban dari forum bantuan bahwa hal tersebut bisa berlangsung hingga 24-48 jam, bahkan berminggu minggu hingga berbulan bulan.

Ini saya copy kesimpulan dari beberaa pakar:

“Salah satu penjelasannya adalah Google menempatkan konten baru Anda di hasil penelusuran untuk mengoleksi data seberapa relevan suatu situs web berdasarkan frasa kata kunci dan bagaimana konten tersebut berkinerja. Jika Sobat  mampu membuat pengalaman pengguna menjadi bagus dan berkualitas dengan faktor seperti bounce rate dan time on site, Google akan mencatat hal tersebut pada saat nanti “mendistribusikan ulang” laman Anda. Tetapi, sobat akan tetap mengalami penurunan rangking, tetapi dengan penjelasan ini Google Honeymoon hadir untuk menentukan sampai tingkat mana hal tersebut terjadi.”

“Penjelasan lainnya adalah Google memberi sobat peringkat yang lebih tinggi secara artifisial untuk sementara waktu agar situs web Anda ditemukan orang sejak awal.”

“Bisa jadi juga Google menempatkan laman baru di posisi atas untuk sementara waktu karena memang itu adalah laman baru dan lebih mungkin memberikan informasi yang lebih relevan dan terkini sesuai dengan frasa kata kunci. Memangnya Google itu apa jika bukan relevansi?”

“Mempertimbangkan penjelasan lainnya, bisa jadi kata kunci yang Anda targetkan memiliki persaingan rendah pada saat itu ketika Anda menargetkan produk baru atau mungkin nama yang tepat, yang kemudian menjadi tren, lalu situs otoritas akan mulai menulis mengenai frasa tersebut dan suka maupun tidak, akhirnya menggantikan tempat Anda di hasil penelusuran.”

Sampai saat ini sebenarnya hanya Google yang tahu penyebabnya.

Cara bertahan hidup selama proses Google honeymoon adalah dengan terus menulis dan membuat konten konten berkualitas, jangan berkecil hati walau hanya terlihat 1-2 orang pengunjung selama berminggu minggu atau bahkan berbulan bulan. Teruskan saja. Karena setelah fase ini terlewatkan blog sobat akan pulih dan semakin kuat daripada sebelumnya,

2. JINGLING.
Blogger ingin sekali blognya memiliki trafik yang tinggi. Karena dengan trafik yang tinggi, blog yang telah di monotesi dengan adsense akan berdampak kepada kenaikan penghasilan pula, bagaimanapun kuncinya adalah: trafik dan pengunjung

Apalagi pengunjungnya stabil otomatis penghasilanpun akan stabil, tinggal meningkatkan kualitas konten blog agar pengunjung organik setia berdatangan dan betah berlama lama di halaman blog kita.

Tapi bagaimana kalau para pengunjung itu fake atau palsu? Ada ada saja nih para peretas. Begitu niatnya mau mengganggu halaman web orang lain ya...tapi harus diakui walaupun kasus Jingling sudah lama dan Google juga tidak tinggal diam dalam memberikan pengamanan terhadap blogger, namun kreatifitasnya terus meningkat dan patut diacungkan jempol.

Dan akan terjadi suatu hari kepada blog blog tertentu dimana termasuk editblogtema baru saja mengalaminya. Dan saya benar benar panasaran apa itu jingling. Ketika saya periksa statistik dasbor, pengunjung yang biasanya mayoritas bersumber dari perangkat genggam Android kali ini sumber pengunjung berasal dari PC windows, menurut para ahli itu pertanda jingling. Pengunjung palsu.

Entah apa yang terjadi, dan apa tujuan oknum oknum pembuat jingling menghujani blog kita dengan pengunjung robot ini. Ada yang mengatakan hanya iseng, ada yang berpendapat dengan tujuan menyerang blog kita agar "down"  kita tidak akan pernah mengetahui dengan pasti. Dampaknya sangat buruk terhadap blog setelah itu.

Nampak seperti ada yang sedang sakit hati terhadap blog kita, tetapi tidak juga. Mungkin sebenarnya blog kita sedang ketibaan sial saja. Akan tetapi fakta diatas sudah cukup menunjukan kepada kita bahwa jingling itu ada.

Tiba tiba setelah jingling mereda dan kita mempublish artikel atau konten baru, tidak ada lagi pengunjung satupun! Sepertinya mesin telusur berhenti mencatat kunjungan. Saya pernah mengalami sebuah artikel hanya dikunjungi oleh dua orang setelah duapuluh-empat jam! Padahal saya telah mempublishnya dan membagikannya ke medsos yang ada.

Statistik seperti tidak berjalan lagi. Jam telah berhenti berdetak. Perlahan dan pasti performa blog menurun tajam, ranking Alexa sebagai tolok ukur bisnis saya merosot perlahan lahan. Sungguh mengerikan, capek capek ngeblog hanya untuk dipermainkan dalam beberapa menit!

Cara mengatasinya yang paling mudah, ya tetap harus sabar, tetap menulis konten berkualitas dan berbagi. Karena sifatnya hanya sementara (bisa 24-48 jam) setelah itu blog akan segera pulih seperti sedia kala.

3. HUJAN KLIK
Awalnya terlihat menyenangkan, kaerna banyak yang berkunjung dan klik iklan,  tapi jangan salah itu kesenangan yang berbahaya dan semu.

Hujan klik terjadi bisa akibat pemilik blog terlalu banyak pamer dan sombong. Biasanya bagi yang rajin share ke medsos seperti grup grup di facebook. Karena tidak sedikit para spammer ikut ikutan ngeblog. Mereka juga memiliki banyak teman yang dapat diajak untuk "menghujani" blog blog target dengan klik. Mungkin mereka bertujuan ingin "menghukum" pemilik blog yang mereka pikir terlalu tinggi hati.

Yang di klik adalah Google adsense, klik sampai melebihi angka batas aman 10% saja sudah membuat Google curiga sebagai tindakan menyimpang, ketika klik sudah mencapa 1000% blog sobat langsung di ban. Adsensenya digantung. Semua jerih payah hilagn dalam sekejap mata!

Hujan klik bisa dengan dua cara:

Cara pertama: benar benar mengunjungi blog sambil mengajak teman temannya, dan klik terus iklan si target. Cara klik beramai ramai ini efektif mengelabui trik pemasangan script untuk melindungi adsense di blog sobat, karena setiap orang hanya mengklik satu atau dua kali saja. Script hanya dapat menolak klik ke-3 dari orang yang sama, yang penting prosentasi klik jadi sangat tidak masuk akal bagi statistik adsense.

Kalau sobat setting script pada batas satu kali klik pada HTML, maka penghasilan adsense akan jadi NOL.

Cara kedua: Klik dengan bantuan bot bot buatan, artinya robot script-lah yang mengklik iklan tersebut secara massive. Bot bot ini dapat dibuat untuk mementahkan shield script perlindungan adsense yang dipasang pengguna untuk melindungi adsensenya dengan mudah.  Hal ini pasti akan dipandang berbahaya bagi Google, blog pasti akan terkena dampak buruknya. Di stop dan dihentikan.

Jadi siapa bilang ngeblog itu mudah? Keamanan juga adalah hal yang sangat penting diperhatikan. Jadilah blogger yang rendah hati.

Sobat bisa membuat laporan banding jika blog sobat digantung gara gara hal ini. Namun jangan kuatir, sesungguhnya Google sangat memahaminya. Namun proses penulihan tetap akan memakan waktu dan mengorbankan performa blog sobat selama berjam-jam, berhari hari atau berminggu minggu tergantung seberapa parah serangan berdampak buruk terhadao halaman situs

www.editblogtema.net

Bagikan (share):

5 comments:

  1. Iya... pernah beberapa kali tiba-tiba ada 1000 lebih pengunjung dalam sehari, padahal biasanya cuma hitungan ratus. Eh... negara asalnya Israel atau Rusia. Langsung sebel sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jingling, bukan algoritma "Google Honeymoon"

      Delete
  2. Baru tahu kata-kata Jingling itu apa. Maklum, masih bener2 awal banget main blog yang sampai bener-bener diniati.

    Kalau dulu hanya sekedar tahun blog walking saja sih. Terus karena rajin blog walking, ada 1 artikel yang menarik minat temen-temen. Eh, akhirnya sampai off ngeblogging, masih banyak yang baca. Jadi, bukan jingling soalnya bertahap naiknya. Tapi, setelah itu ya sepi-sepi saja. Karena cuma artikel itu saja yang trending. Semoga next time bisa lagi.

    Sukses terus juga buat kakak!

    ReplyDelete

  3. Belum pernah sih tapi kadang kadang kalo kaya gini bisa di blokir padahal gak pernah ngekukan jinglink

    ReplyDelete
  4. Kira-kira apakah ada cara atau script buat mengatasi jingling gan?

    ReplyDelete

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan