MEMANFAATKAN W3SCHOOL UNTUK BELAJAR KODING HTML GRATIS | editblogtema editblogtema: MEMANFAATKAN W3SCHOOL UNTUK BELAJAR KODING HTML GRATIS

Logtema

×
tutorial dan teknik

MEMANFAATKAN W3SCHOOL UNTUK BELAJAR KODING HTML GRATIS

Internet bkan hanya sekedar tempat bersenang senang mencari berita, bermain game atau melakukan interaksi melalui media sosial. Internet bisa menjadi sebuah tempat belajar hingga level ahli. Karena begitu banyaknya referensi yang tersebar dan mulai terorganisir rapi berkat kemampuan algoritma mengelompokan kunci kata pencarian, tidak salah jika internet mulai menjadi sebuah buku yang amat lengkap bagi orang yang ingin mencari ilmu.
menawarkan sertifikat online koding
Tentu saja semua itu terpulang kepada pilihan sobat karena walaupun kesempatan terbuka di dunia nyata, banyak juga orang telah menyia nyiakannya. Begitu juga dengan dunia maya internet malahan orang lebih tersihir oleh daya tarik medsos lebih menyihir ketimbang "sekolah-sekolah" yang telah mulai tumbuh menjamur baik yang gratis maupun yang berbayar. Saya ingin memberikan gambaran keuntungan sobat jika belajar di internet:

  1. Biaya dan waktu lebih murah dan singkat. Sobat tidak perlu membayar berlebihan seperti belajar di dunia nyata. Saya belajar dasar dasar koding dari internet gratis, bukunya tidak perlu saya simpan didalam lemari yang berdebu. Cukup save linknya atau simpan didalam Google Drive, Box, OneDrive gratis. Waktu belajarnya bisa lebih singkat, tidak perlu harus bepergian ke kampus. Cukup dirumah saja.
  2. Sekolahnya Internasional. Saya belajar melalui CodePen dan W3School. Itu jelas Internasional banget. Punya komunitas yang sangat besar tempat berdiskusi sambil mengasah kemampuan menulis koding dan menjelaskannya dalam bahasa Ingris. Saya ambil opsi gratisnya dan sampai sejauh ini manfaatnya sudah tidak terkatakan lagi bagi saya.
  3. Bisa belajar sambil praktik dan tidak perlu takut salah. Praktik saja sampai mahir menulis dan mengimplemetasikan koding! Wah yang namanya HTML,XML, CSS, Php, JavaScript itu sekarang sudah bukan hal yang asing lagi bagi sobat.
  4. Alat atau media belajarnya bisa melalui Pc atau laptop, tablet atau iPad, hape atau ponsel yang selalu ada digenggaman sobat. Dan internet. Kalau alasan sobat tidak ada quota internet keterlaluan banget, sobat bisa chatting dan main facebook pakai apa? Jika perlu pergi saja ke tempat yang berdekatan dengan hostpot WiFi.
1. CODE PEN

Sedikit saya singgung CodePen terlebih dahulu. Sobat bisa sign-up atau mendaftar di situs CodePen, untuk bermain dan menulis koding lebih menyenangkan. Ini adalah tempatnya para developer dengan komunitas koding terbesar di dunia. 

Di CodePen sobat akan menemukan contoh contoh project dari navigasi yang adaptif untuk web, hingga UI dan UX yang hebat dan kreatif. Melalui pengamatan dan mencoba coba merobah robah tampilan hasil kerja para desainer sobat akan lebih memahami bagaimana setiap elemen html dapat menjadi sangat kreatif saat di pergunakan untuk membuat sebuah desain. 

Saya tidak akan bercerita banyak perihal codepen, hampir semua pembuat template memanfaatkannya buat bermain dan berlatih membuat desain tema blogger dan wordpress mereka disini. Arlina Design misalnya punya akun CodePen.

Walaupun saya sering mencoba coba mengedit editorialnya para suhu disana, jujur sampai saat ini saya masih belum memanfaat CodePen karena masih terfokus belajar di W3School.

2. w3School

Situs ini adalah pavorite saya, karena melaluinyalah pertama sekali saya benar benar memahami arti koding untuk desain. Walau terlihat jadul, namun para ahli mengakui keunggulannya. 


Dibuat dan dimiliki oleh Refsnes data, pengembangan perangkat lunak milik keluarga Norwegia dan perusahaan konsultan. Situs ini menyediakan panduan referensi yang mencakup banyak aspek pemrograman web, termasuk teknologi seperti HTML, XHTML, CSS, XML, JavaScript, PHP, ASP, SQL dll

W3Schools menyediakan ribuan contoh kode. Dengan menggunakan editor online yang disediakan, pembaca dapat mengedit contoh dan mengeksekusi kode eksperimental.
Saya memanfaatkan editor online ini ketika pertama saya mengamati template viomagz buatan Mas Sugeng dengan gradasi warna pada menu navigasinya. Lalu saya mencoba  membuatnya melalui editor online w3school seperti pada gambar:
contoh pembuatan menu navigasi blogger dengan gradasi warna
Untuk mencobanya silahkan kunjungi:
EDITOR W3SCHOOL sobat bisa merobah robah tampilannya dengan mengedit halaman editor disebelah kiri dan melihat hasinya di halaman editor sebelah kanan dengan menekan tombil warna hijau "Run" terlebih dahulu.
Saya juga membuat video bagaimana caranya editor online ini bekerja begitu mudah di ikuti:
Contoh diatas saya ambil pada saat saya membuat menu navigasi dengan gradasi warna bulan lalu. Navigasi menu ini telah saya terapkan ke templat template buatan atau editan yang telah saya bagi bagikan gratis. Menurut teman teman yang menggunakannya Menu Navigasinya ringan dan tidak mengecewakan.

Kepada sobat sobat blogger, saya benar benar berharap sobat semua tidak semata mata ngeblog tetapi manfaatkan juga waktu buat belajar. Menuntut ilmu zaman sekarang sudah mudah sekali, yang dibutuhkan tinggal hanya kemamuan yang kuat untuk maju dan meraih masa depan yang lebih cerah.

Menuntut ilmu tidak terbatas melalui pendidikan formal saja. Contoh saja blogger sukses seperti Mas Sugeng, dia tidak pernah mengecap pendidikan real. Tapi saya yakin dia memiliki kemamuan yang kuat untuk belajar sehingga dia mampu meraih apa yang dia miliki sekarang. Walaupun dunia online terasa lebih mudah namun tidak ada hasil yang bisa didapatkan instan. Segalanya butuh waktu.

Untuk melihat contoh contoh template w3school berikut kode kode pembuatannya, silahkan ikuti link dibawah ini:
W3SCHOOL THEMES
Untuk melihat dan mengedit kode kodenya cukup klik "Try It Yourself" Semoga bermanfaat!

www.editblogtema.net

Bagikan (share):

2 comments:

  1. Hai Kak...
    Keren Codepen dan W3School. Tapi, aku belum tertarik belajar coding. Sekarang masih belajar nulis blog yang bagus dulu. Maksudnya, yang bisa ngena di hati pembaca.

    Tapi, informasinya bermanfaat sekali.

    Makasih ya Kak.

    Ini cus link-nya aku kasih ke temenku yang pengen belajar coding.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, blog kamu kalau saya perhatikan sudah banyak mengena dihati pembaca😊

      Delete

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan