FAKTA UNIK KETIKA ANDA MENGGANTI TEMPLATE BLOGGER

Beda tampilan dan strukturnya disesuaikan dengan kebutuhan blogging
Setiap templat blogger tentu saja banyak memiliki perbedaan, baik tampilan, desain dan struktur kode yang dipergunakan untuk menulis desain tampilannya.
  1. Ada templat yang cantik dalam tampilan, struktur SEO lengkap.
  2. Ada templat yang fast loading 
  3. Ada templat yang lengkap, SEO dan user friendly.
  4. Ada templat yang memiliki struktur koding yang SEO, sederhana dan sangat mobile
  5. Ada juga yang buruk, lamban dan terlalu banyak mengandung script yang tidak perlu.
  6. Dll
APA YANG TERJADI JIKA GONTA GANTI TEMPLATE?
  1. Jika templat yang dipilih sebagai pengganti templat lama lebih baik strukturnya, lebih cepat loadingnya dan lebih SEO, maka dapat dipastikan akan berdampak positif terhadap blog. Blog akan menyesuaikan diri dengan templat tersebut. Menjadi lebih baik daripada sebelumnya.
  2. Jika template pengganti biasa biasa saja atau sama saja nilai atau valuenya dengan templat sebelumnya, maka tidak akan terjadi perubahan apa apa terhadap blog. Kecuali mungkin hanya penampilannya saja yang berbeda.
  3. Jika template pengganti yang dipilih ternyata lebih buruk dan tidak memenuhi kriteria templat sebelumnya, maka performa blog akan menurun. Misalnya lambat, banyak script menghambat perenderan, banyak error otomatis ya tidak SEO. Maka blognya akan mengalami penurunan performa, pengunjung menurun, nilai SEO tentu jadi memburuk. Bisa saja disegi penampilan terlihat bagus, namun baik SEO maupun strukturnya malahan jadi lebih buruk.
Pada prinsipnya tidak ada larangan gonta ganti template, asalkan templat yang dipasang cocok dan lebih baik dari templat sebelumnya, go ahead.

TEMPLAT BUATAN PIHAK KETIGA.

Yang paling sering  menjadi pertanyaan dan mungkin juga keluhan adalah adanya kredit yang sulit dihapus dari templat baik yang gratis maupun yang berbayar.

Tentu saja mudah menghapus sekedar kredit bagi blogger yang terbiasa mengutak atik koding, tetapi bagi blogger pemula hal tersebut selalu menjadi ganjalan.

Saya dulu juga pusing karena setelah credit footer saya hapus malah blog saya teralih ke blog pembuatnya. Saya akhirnya belajar keras memodifikasi dan memanipulasi kode kode templat berbeli walaupun saya akui perbuatan itu kurang terpuji, tapi melalui itulah saya akhirnya belajar HTML, XML, CSS dan JS. Dan tentu saja belajar seni mendesain templat.

Credit footer bukanlah satu satunya hal yang bisa membuat sakit kepala setelah kita menggunakan templat buatan pihak ketiga. Setelah sobat menggunakannya beberapa lama tidak mudah merombak penampilannya agar terlihat beda selain merobah warna, menambah widget dan gagdet.

Beberapa item mungkin dikunci melalui melalui script defer yang mampu mengaktifkan redirect link, sehingga menghapus beberapa "mark" akan membuat templat meredirect tema kehalaman tertentu milik pembuatnya.

Itu adalah kelemahan tema buatan pihak ketiga, bagi saya itu cacat dan bagi saya pribadi semahal apapun templat atau seterkenal apapun setelah saya pakai selama seminggu saya akan segera mencopotnya karena akhirnya saya melihat banyak sekali kelemahannya.

Tentu saja saya mampu merombak habis bentuk, fungsi dan tampilannya karena saya juga membuat template blogger, tapi saya tidak pernah berniat untuk tidak menghargai hasil jerih payah pekerjaan orang. Itu tidak fair samasekali.


BEBERAPA LANGKAH YANG BISA DIAMBIL:

Jika ragu menggunakan templat buatan pihak ketiga baik gratis maupun berbayar gunakan saja template terbaru blogspot seperti contempo, soho, emporio dan terkemuka, untuk masa sekarang hindarkan menggunakan template bawaan yang lebih lama (template klasik) yakni template bawaan blogspot tua karena kurang responsive dan tidak mobile friendly. Kecuali kalau sobat punya sedikit pengatahuan mengedit struktur kodenya.

Template premium buatan pihak ketiga pada umumnya sudah dilengkapi dengan semua kebutuhan blogging, misalnya tool SEO, navigasi menu yang user friendly. Pengaturan widget yang lengkap, kecepatan dan kemudahan dalam penggunaan.

Jika sobat hanya ngeblog ringan dan personal, gunakan templat AMP yang sederhana dan gesit karena sangat disukai oleh mesin pencari. Namun sekali lagi jika sobat hanya berniat menggunakan templat blogger bawaan pakai saja 4 templat blogger terbaru yang telah saya sarankan diatas yakni, contempo, emporio, soho dan terkemuka. Pasang saja melalui pengaturan atau dasbor blogger.

Sobat bisa mendesain ulang secara mendasar melalui opsi blogger tema designer nantinya setelah memahaminya sedikit demi sedikit. Beberapa blog yang menggunakan template bawaan blogger terbaru ini menurut saya pribadi bahkan jauh keren, lebih cepat dan lebih SEO setelah dimodifikasi oleh mereka. Bahkan setelah melalui pengujian mereka menang jauh dari tema tema premium berharga mahal. Sobat boleh tidak percaya tapi saya selalu mengujinya.

MENGAPA GOOGLE TIDAK MENYEDIAKAN TEMPLATE LEBIH BANYAK UNTUK DIPAKAI BLOGGER BLOGSPOT?

Google hanya memberi petunjuk pada halaman bantuan blogger cara mengganti template blog sesuai dengan keinginan blogger.

Saran saran terbatas pada bagai mana cara mendesain layout dari templat yang sudah ada, mengganti warna dan menambahkan gadget gadget sebagai pelengkap halaman blog. Sepertinya tidak ada yang salah jika kita berniat mengganti templat blog. Jikapun ada pengaruhnya itu hanyalah bersifat sementara.

Barangkali mengapa google tidak menyediakan lebih banyak model template di dasbor pengaturan blogger adalah karena:
  1. Konten lebih penting daripada sekedar penampilan blogspot yang menggunakan templat keren. Jika sobat pikir tema itu penting, google sepertinya tidak sependapat. Malahan Google menyarankan templat AMP sederhana untuk lebih meningkatkan kecepatan dan performa blog kita.
  2. Tentu saja google menyediakan opsi mengganti dan mendesain template blogger sendiri melalui dasbor pengaturan blogger. Sobat bisa memperkaya tampilan tema bawaan yang tersedia atau jika sobat memiliki pengatahuan koding sobat juga dipersilahkan menulis ulang kode kode template tersebut melalui HTML editor yang sifatnya terbuka.
  3. Melalui halaman bantuan blogger, google juga dengan jelas dan gamblang memberikan petunjuk cara mengedit kode kode html template yang benar, sobat bisa menjadikannya sebagai bentuk pengajaran yang baik.
  4. Bahkan sobat bisa menjadi designer template blogger, membagi bagikan dan menjualnya kepada para blogger lain.
Demikian menurut editblogtema. Selamat ngeblog ya sobat sobat..


www.editblogtema.net


Comments

  1. Hmmm setuju banget gan, kalo mau ganti template, jangan cuma fitur dan deainnya aja yg diperhatikan, tahun pembuatannya juga harus update yah, kalo nggak source nya sudah ketinggalan berdampak.ke SEO

    Nice post..

    ReplyDelete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP