Skip to main content

DAPATKAH SCRIPT EXPIRES HEADER DI TERAPKAN KE BLOGSPOT?

Sewaktu saya melakukan pengujian kecepatan loading template blogspot di GMetrix pada bagian YSlow saya temukan satu list dengan sederet items yang di tandai sebagai high priority:
script tidak bekerja untuk mengatasi ini
YSlow halaman blog masih 85% dan jika saya dapat meningkatkan skor dengan menambahkan expires header rasanya kecepatan loading halaman pasti akan meningkat.
Mencari skor tinggi
Menurut Pingdom Tools:
Halaman web menjadi semakin kompleks akibat semakin banyaknya terdapat scripts, style sheets, gambar, dan flash didalamnya. Misalnya akses pertama kali kesuatu halaman web memerlukan beberapa protokol HTTP, yang pasti sangat membebani loading karena harus memuat semua komponen komponen seperti yang disebutkan tadi. Maka dengan menggunakan Expires Header komponen komponen ini dapat di simpan sebagai cache dengan tujuan menghindari permintaan protokol HTTP pada setiap kali berkunjung ke halaman.

Expires Header lebih sering di asosiasikan dengan gambar, tetapi sebenarnya itu mencakup untuk tujuan penggunaan semua komponen halaman web kita termasuk scripts, style sheet, dan flash.

Sedangkan pada YSlow halaman blog saya ditandai dengan NOL:
"There are 20 static components without a far-future expiration date."
(terdapat 20 komponen statis tanpa tanggal kadaluarsa berlaku)

Teman teman para blogger senior termasuk mbak Arlina pada salah satu artikelnya di Arlina Desizn menyarankan agar kita menambahkan kode berikut dan meletakannya ke dalam tag <head>

<!-- Leverage Browser Caching -->

<include expiration='7d' path='*.css'/>

<include expiration='7d' path='*.js'/>

<include expiration='3d' path='*.gif'/>

<include expiration='3d' path='*.jpeg'/>

<include expiration='3d' path='*.jpg'/>

<include expiration='3d' path='*.png'/>

<meta content='sat, 02 jun 2020 00:00:00 GMT' http-equiv='expires'/>

Akan tetapi benarkah itu akan bekerja? Ketika saya bermaksud menanyakannya ke forum, ternyata jauh sebelum saya pada tahun 2017 lalu  ada  Mbak Igniel yang telah menanyakannya :

Can i add expires header in Blogspot? I already add this script but seems like doesn't change my score in GTMetrix site.

(dapatkah saya menambahkan expires header ke dalam blogspot? Karena saya telah menambahkan script ini namun tidak ada perubahan skor terlihat pada GMetrix)

Dan dijawab oleh Irsah salah seorang dengan level expert (ahli):

"The expires headers you mean is Blogger server side file cache 'instructions' which is outside Blog users control. Adding scripts like in your example does not make any difference (yet) by modern web browsers".

(expires header yang anda sebutkan itu adalah file instruksi "cache" di dalam server blogger dan berada di luar kontrol anda sebagai pengguna blogger. Menambahkan script seperti yang anda contohkan tidak akan merobah apa apa, terutama pada browser browser modern sekarang ini)

Mbak Igniel bertanya lagi:

So there's nothing i can do to clear browser cache?

(Apakah ada cara yang dapat saya lakukan untuk membersihkan cache pada browser?)

Irsah menjawab:
Unfortunately not, this is handle by service provider (Blogger) and not users.

(Sayangnya tidak ada, karena hal itu ditangani oleh penyedia layanan (blogger) bukan oleh pengguna)

Sementara di Forum Blogger Help saya temukan jawaban yang terkesan malas: "Blogger Comes With in-built expire header you don’t need to do anything"

(Blogger hadir dengan opsi penanganan Expire Header jadi anda tidak perlu melakukan apa apa)
Tempat bertanya kepada para ahli

Benar saja, setelah tiga hari saya cobakan menambahkan script tersebut kedalam template, memang tidak terlihat perubahan apa apa YSlow tetap memberikan skor 0 untuk expires header blog saya.

Namun terakhir ada bantahan dari seseorang di forum yang menulis sebagai berikut:

I have searched a lot and find some quick points;
  1. That’s the myth that blogger has expire header by default… that’s totally wrong.
  2. you need to put the expiry tags as you required (explained by problogbooster website)
  3. need to update and crawl your HTML code.
  4. check gtmetrix analysis after 7-8 days.
(Saya telah melakukan pencarian dan mendapatkan point poin singkat berikut:
  1. Bahwa blogger memiliki  setting default Expires Header adalah mitos belaka...atau sepenuhnya tidak benar.
  2. Anda tetap perlu meletakan tag expire tersebut seperti yang anda butuhkan (mengacu kepada  websitenya problogbooster)
  3. Diperlukan update dan crawling kode HTML anda
  4. Kemudian silahkan cek kembali analisisnya GMetrix  setelah 7-8 hari.)
Silahkan kunjungi: PROBLOGBOOSTER

Dimasa ini browser browser web modern lebih optimal dan efisien terhadap cache web. Untuk halaman halaman blogger jika telah di optimalkan dengan benar pengguna masih dapat memuat halaman halaman mereka dalam hitungan dibawah 3 detik.

Hal ini berbeda jika kita ngeblog menggunakan platform Wordpress yang memiliki banyak add on. Add on expires header dapat berjalan otomatis pada Wordpress.

Ya sudahlah, manfaatkan saja terlebih dahulu lazyload untuk mengoptimalkan pemuatan gambar, dan beberapa komponen halaman juga yang apabila tidak diperlukan lebih baik di buang saja.

www.editblogtema.net

Mungkin Anda Suka:

Comments

  1. Untuk sementara saya juga mengandalkan lazyload, tidak mau terbawa pusing yang nanti justru semangat menulis hal berita, kuliner atau traveling jadi hilang. Saya sendiri, sebenarnya sudah pasrah saja. Dah apa adanya, sudah lelah otak-atik tema. Walau ada rasa senang, tapi ya itu resikonya artikel jadi kalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he...tidak juga kalau kita manfaatkan buat berbagi. Soalnya setelah menulis perihal ini peringkat Alexa saya meningkat tajam hanya dalam 3 bulan!
      Kayaknya si Mbah suka banget sama hal hal berbau teknis.

      Delete
  2. Sementara ini masih mengandalkan lazyload. Khawatir jika terlalu banyak script malah terdeteksi error.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lazy load masih bagus paling tidak untuk nilai GMetrix

      Delete
  3. mas sofyan memang jago dalam blogging, saya follow ah blognya. thanks mas

    ReplyDelete
  4. wah mantap triknya,, siap eksekusi..
    jika berkenan mampir di blog sederhana saya mas,, hehe.. :D
    https://serviskomputerweleri.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya untuk memudahkan kami menganalisa dan troubleshooting agar kami dapat membantu atau membantu memecahkan masalah seputar kode kode HTML, CSS dan JS template blog kalian

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Bagaimanapun pertanyaan, kritik, saran dan masukan dari kalianlah yang membuat blog ini tetap bertahan dan ada.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

CARA MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah karena terdapat problem yang muncul setelah template di buat dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal sudah di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki.

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tesebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list tadi hanya menampilkan tulisa…

ANDA PANASARAN, APAKAH IMUWAN PERCAYA KEPADA TUHAN?

Pertanyaan yang paling menggelitik para penganut agama perihal apakah ilmuwan percaya agama dan bagaimana cara mereka memandang penciptaan alam semesta diantaranya adalah:
Apakah Einstein percaya doaApakah Ilmuwan percaya akan keberadaan TuhanBagaimana dia memandang penciptaan Alam Semesta?Beda, beda banget dengan kita. Sebagian besar faktanya tercermin dari hasil penelitian ilmiah yang mereka presentasikan di depan umum, sebagian lagi dari statemen dan jawaban jawaban yang telah di publikasikan pada saat ceramah  sesi ilmiah yang pernah di berikannya.
Kita sedang membicarakan empat orang Ilmuwan dan penemu hebat, ilmuwan paling beken sepanjang masa: Albert Einstein, Stephen Hawking, Thomas Edison dan Charles Darwin. Terlepas bagaimana para pemeluk Agama yang taat memandang mereka, tidak dapat di sangkal lagi, ide ide, teori teori dan penemuan mereka telah meraut bulat lonjongnya dunia yang sedang kita huni di Dunia sekarang ini. Sebagian besar hasil sumbangsih mereka bahkan ikut andi…

2 CARA KEREN MEMASANG NAVBAR MENU PADA TEMPLATE NOTABLE

Saya suka Notable, bergaya desain rockpool, template ini dinamis, kencang, aman dan stylish. Tetapi untuk membuatnya tampak beda (stylish) kalian harus berusaha merubah, mengedit dan menambah pada bagian CSS, HTML atau bahkan hingga menambahkan Javascript. Salah satu cara merombak tampilannya adalah dengan menambahkan navbar custom ke dalam template Notable. Dan jika kalian ingin template tersebut menjadi beda, tampak premium dan lebih bagus performa nya, maka kalian dapat mengikuti langkah langkah berikut:
1. Menambahkan navbar dengan drop down Silahkan pasang template notable ke blogger untuk percobaan kalian, lalu masuk ke bagian pengaturan dasbor blogger. Saya anggap kalian telah menggunakan tampilan dasbor terbaru blogger: Pilih temaKlik menu (tiga titik bersusun)Ketika muncul menu dropdown pilih: Edit HTMLPerhatikan gambar: Pada halaman editor HTML blogger cari kode </head> dan letakan saja kode CSS berikut tepat diatasnya: <style>
body {margin:0;font-family:Arial}
.topnav …

PANDUAN LENGKAP SEDERHANA MENGEDIT TEMPLATE EMPORIO

4 varianTemplate terbaru milik blogspot blogger memiliki banyak sekali kelebihan: Kemudahan mengedit dan memkustomisasi template, kaya dengan style dan warna. Cobalah! Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lai…

HAPPY EID MUBAROK SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI

Mengucapkan: Selamat Hari Raya IdulfitriHappy Eid Mubarak  Mohon Maaf lahir & Batin. Jika ada salah dan Silap baik yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja.


Insyaalah Kita semua akan melewati waktu tersulit di dalam kehidupan kita. Insyaalah Jika kita tidak berputus harapan kita akan jauh lebih sukses setela badai berlalu. karena cobaan hidup akan mendidik kita menadi lebih kuat, lebih bijak, lebih ber empati terhadap sesama makhluk hidup lainnya, bukan hanya terhadap sesama manusia.
Copyright © EDITBLOGTEMA. All rights reserved.