REMOVE GPLUS GANTI DENGAN TOMBOL BERBAGI ADDTHIS YANG KEREN | editblogtema editblogtema: REMOVE GPLUS GANTI DENGAN TOMBOL BERBAGI ADDTHIS YANG KEREN

Logtema

×
tutorial dan teknik

REMOVE GPLUS GANTI DENGAN TOMBOL BERBAGI ADDTHIS YANG KEREN

Sobat masih menggunakan tombol share yang ada google plusnya pada tema blogger yang sedang sobat pakai? Wah tombol itu bakalan tidak berfungsi dan kalau di klik mungkin akan keluar notifikasi: "maaf, halaman yang sedang anda cari sudah berpulang kerahmatulah"
maka tombol Google Plus tidak diperlukan lagi
google plus is dead
Jadi untuk apa piara tombol itu lagi, klo buat hiasan dan kenang-kenangan masih bolehlah ya. Tapi ingat kodenya masih tertanam didalam tema blogger sobat. Google sudah beri peringatan agar kita membuangnya. Dan kalau kebetulan kita pakai tema buatan pihak ketiga hubungi saja pembuatnya.

Sebenarnya meremove atau mengenyahkan tombol ini tidak susah kalau sobat terbiasa ngutak ngatik halaman "edit HTML" di pengaturan blogger.

Contoh yang saya lakukan pada beberapa template baik buatan pihak ketiga maupun yang bawaan, cukup tekan ctrl+f pada halaman edit HTML, ketikan share, atau facebook, atau tweeter atau gplus, akan segera ketemu untaian kode yang harus dihapus pada bagian html, dan berikut CSSnya.

1. MENGHAPUS DAN MEMASANG TOMBOL SHARE BARU UNTUK TEMA BAWAAN BLOGSPOT.

Saran saya nih buat sobat sobat kalau memakai tema model lama blogger diluar contempo, soho, emporio dan terkemuka, lebih baik ikuti petunjuk cara membuatnya agar menjadi responsive terlebih dahulu, lalu hapus dulu tombol jadul bawaan bloggernya dan ganti dengan tombol berbagi yang kita inginkan. Cara menghapus tombol bawaan blogger pada tema lama adalah sebagai berikut:

Tombol bawaan blogspot atau blogger itu yang kami maksud bentuknya yang seperti ini:
Terlihat kecil, monoton dan jadul, dan trik untuk menghapus dan menggantinya dengan tombol yang lebih fresh, responsive dan modern sangat mudah. 

Masuk ke pengaturan blogspot/blogger, pilih TEMA lalu klik "editHTML" cari salah satu kode di bawah ini:

<div class='post-share-buttons'>
<b:include data='post' name='shareButtons'/>
</div>


Atau kalau tidak ketemu cari kode dibawah ini, kita dapat menerapkan ini dengan mudah pada template jenis sederhana, awsome dst:

<div class='post-share-buttons goog-inline-block'>
<b:include cond='data:post.sharePostUrl' data='post' name='shareButtons'/>
</div>


Atau......
Perhatikan gambar baik-baik: Gunakan saja ctrl+F untuk mempercepat pencarian, dan kalau sudah ketemu hapus saja. Kode yang kita sebutkan diatas terlihat dalam HTML blogspot sebagai berikut:

Dan perhatikan setelah di hapus akan tertinggal sub-title kode : <!--share buttons--> di atasnya:

2. MEMASANG TOMBOL SHARE ADDTHIS

Buat akun addthis DISINI  buat akun sobat, setelah akun berhasil dibuat biasanya: 
  1. verifikasi melalui email gmail kalau sobat mendaftarkannya menggunakan akun gmail.
  2. Kalau sudah berhasil masuk ke addthis, klik share button
  3. Pilih inline (sobat bisa mengatur tombol belakangan)
  4. lalu tekan tombol  "continue" pada bagian bawah
  5. pilih activied
Langkah selanjutnya: pada navigasi halaman addthis terdapat menu "get the code" tekan atau klik itu.
Atau copy kode dibawah ini dan pastekan diatas kode </body>:
<!-- Go to www.addthis.com/dashboard to customize your tools --> <script type="text/javascript" src="//s7.addthis.com/js/300/addthis_widget.js#pubid=ra-5be7e50ef90c0b8e"></script>

Selanjutnya kopi pastekan kode di bawah ini ke dalam ruang kosong di bawah kode <!--share buttons--> sebagai pengganti share button atau tombol share yang telah kita hapus tadi:
<!-- Go to www.addthis.com/dashboard to customize your tools --> <div class="addthis_inline_share_toolbox"></div>
            
Lalu Save. Selesai.
Untuk demo saat diterapkan pada tema premium lihat tombol share yang sedang saya pakai ini, saya pasang di editblogtema.

Untuk tema bawaan blogger sobat bisa melihatnya pada demo template yang saya buat dari template awsome bawaan blogger yang telah saya modifikasi dibawah ini:
 Lihat DEMO
3. MENGAPA HARUS MEMASANG TOMBOL ADDTHIS?

Kan banyak tombol berbagi yang lain? Benar. Tapi tombol share atau tombol berbagi ini memiliki beberapa kelebihan:

  1. Selalu update, lihatlah tidak terdapat lagi tombol google plus dalam daftarnya.
  2. Lengkap ada 177 tombol berbagi keberbagai media dan aplikasi di web.
  3. Memiliki stats, nah dia dapat juga memicu pengunjung dan bisa menjadi backlink yang baik bagi situs sobat dan dapat meningkatkan SEO.
  4. Dapat di kustom: tinggal edit melalui dasbor addthis, sobat bisa menentukan bentuk, warna dan posisi tombol berbagi dimana sobat ingin menempatkannya dihalaman blog sobat.
  5. Memiliki tool lain seperti emoticon, related post, tombol follower dan korespondesi yang dapat meningkatkan SEO halaman website kita.
  6. Tentu saja dapat dipergunakan bebas dan gratis.

Silahkann eksplorasi halaman AddThis, Selamat ngeblog tetap semangat ya....

www.editblogtema.net

Bagikan (share):

3 comments:

  1. kalo pengen ganti letaknya gak disitu gimana ya caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Awi Metalisa, cari data:post.body (ada beberapa buah dalam templat lama bawaan blogger, pilih yang ke-2 atau yang ke 3 sampai dapat kalau menggunakan templat bawaan blogger terbaru seperti contempo, emporio, soho dan terkemuka data:post.body hanya satu) letakan kode diatasnya berarti tombol berbagi posisinya seperti blog editblogtema ini. Kalau meletakannya dibawah berarti dia akan berada dibawah postingan seperti demo.

      Bisa juga diatur melalui dasbor addthis, pilih tool, lalu atur posisi tombol berbagi bisa juga menjadi sticky disamping konten.

      Delete
  2. Makin Mantap..J Master...Injin Praktek yo

    ReplyDelete

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan