ALTERNATIVE FONT AWSOME MANA YANG PALING RINGAN UNTUK MEMPERCANTIK DESAIN TEMA BLOG?

1. FONT AWSOME
Font awsome, bayangkan bagaimana cantiknya tampilan halaman blog sobat ketika menerapkannya. Font ini telah diperbaharui menjadi font awsome 5 yang lebih  kompatibel dan tentu saja lebih valid HTML 5. Kalau sudah urusan validitas, para pemilik situs akan berusaha patuh kepada aturan. Walaupun misalnya jenis font awsome yang lebih lama tetap bekerja dengan baik di dalam template halaman sebuah blog.
font awsome memang yang paling banyak dipergunakan
Sobat perhatikan baik baik, apakah template sobat memiliki font font yang berbentuk rupa sebagai ikon ini, perhatikan menu navigasi, apakah selain tulisan  menu navigasi terdapat juga ikon di belakangnya?
Font awsome juga sering dipakai sebagai ikon tombol share dan follower karena mampu menampilkan gambar kecil yang angat cantik untuk mewakili apa yang sedang kita kemukakan dan memiliki hampir semua ikon berbentuk LOGO media media sosial besar seperti facebook, twitter, Instagram, simbol blogger, wordpress dan berton ton simbol lainnya.

Tentu saja pada tema tema blogspot terdapat banyak ikon dan material pembuatannya menggunakan elemen yang berbeda beda, akan tetapi font awsomelah yang paling umum dipergunakan untuk menjadi "penghias" sebuah blog. Hingga saat ini jika sobat mendesain tema blogger sobat akan menanamkan link kedalah tag head di halaman HTML blog sobat. Namun Font awsome memiliki dua versi, dan pada umumnya templat templat yang sobat pakai masih menggunakan kode eksternal font awsome lama, cobalah masuk kepengaturan blogspot atau wordpress, jika terdapat kode berikut di dalam tag <head>..........</head> berarti itu font awsome versi lama:


<!doctype html>
<html lang="en">
<meta charset="utf-8">
<title>JUDUL BLOG SOBAT</title>
<link rel="stylesheet" href="http://maxcdn.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.3.0/css/font-awesome.min.css">
</head>
<body>
<p>Bla bla bla bla
</p>
</body>
</html>
<head>

Warna merah adalah link font awsome yang harus kita pasang diatas kode </head> atau dibawah kode <head>. Sedangkan versi terbarunya masih sama menggunakan bentuk dan tampilan ikon yang sama namun lebih cepat dan lebih kompatibel dengan HTML 5:

<!doctype html> 
<html lang="en">
<meta charset="utf-8">
<title>JUDUL BLOG SOBAT</title>
<link rel="stylesheet" href="https://use.fontawesome.com/releases/v5.8.1/css/all.css" integrity="sha384-50oBUHEmvpQ+1lW4y57PTFmhCaXp0ML5d60M1M7uH2+nqUivzIebhndOJK28anvf" crossorigin="anonymous"/>
</head>
<body>
<p>Bla bla bla bla
</p>
</body>
</html>
<head>

Cara pemasangannya juga sama dengan meletakan link kedalam tag <head> perhatikan kode warna merah diatas pada ujung kode saya tambahkan "slice" /> sebelum penutup untuk menghindarkan peringatan kesalahan pada saat pemasangan karena kode aslinya tidak terdapat itu. Jika sobat menggunakan wordpress hal tersebut bisa diabaikan.

Cara pemasangan kode awsome 5 lebih gampang sobat tinggal masuk ke situs font awsome 5 lalu klik start diatas menubar akan muncul kotak kode dan klik tanda catatan notes untuk mengkopinya.
klik start akan muncul barisan kode dalam kotak panjang berlatar hitam lalu klik tanda notes putih berlatar biru
Cara memasang kedua jenis ikon juga hampir sama. Jika misalnya font awsome lama menggunakan kode:

<i class="fa fa-facebook-f"></i> untuk menampilkan ikon facebook, maka font awsome 5:
<i class="fab fa-facebook-f"></i> hanya menambahkan b pada awal penulisan yakni "fa" menjadi "fab".

Satu contoh lagi misalnya untuk menampilkan "Home" atau "Beranda" pada setiap menu navigasi:
menggunakan ikon font awsome untuk memperindah tampilan menu navigasi blog
Contoh pemasangan "Home" adalah:
<a href="/"><i class="fas fa-home">HOME</i></a>

Font awsome adalah yang paling komptabile dengan banyak browser di dunia ini. Paling banyak dipergunakan dan paling mudah diterapkan. Namun walaupun menghasilkan desain yang ciamik dan cantik saya memutuskan untuk tidak menggunakan font awsome lagi terutama pada template template buatan saya sendiri.

Google terbukti tidak terlalu perduli dengan penampilan, Google lebih perduli kepada kecepatan, validitas dan kebersihan sebuah laman untuk tujuan yang bersifat lebih teknis dan bisnis. Pada penghitungan kecepatan GMetrix font awsome terbukti memperlambat loading blog.

Siapa juga yang akan mempelototi font font yang sama setiap hari? Font font yang sudah sangat umum kita lihat dipergunakan oleh para desainer, walaupun telah dikustom kita dengan mudah mengenalinya sebagai font awsome.

2. Google Github IO

Saya tidak tahu harus menyebutnya apa, karena pada saat saya mencari ikon selain font awsome saya menemukan ini, memiliki hampir berton ton ikon yang sama namun dengan cara pemasangan dan tentu saja API yang berbeda, ikon ikon ini berjalan pada hampir semua browser besar dunia. Cara pemasangannya sama dengan cara memasang font awsome, sobat harus memasang link berikut kedalam HTML yakni didalam tag <head>:

<!doctype html> 
<html lang="en">
<meta charset="utf-8">
<title>JUDUL BLOG SOBAT</title>
<link href="https://fonts.googleapis.com/icon?family=Material+Icons" rel="stylesheet">
</head>
<body>
<p>Bla bla bla bla
</p>
</body>
</html>
<head>
Linknya terlihat lebih pendek dan mengarah ke font "googleapis" contoh gambar ikon ikonnya:
font alternative untuk font awsome

Ikon ikon dari Font ini dapat diperkaya dengan warna melalui aba aba CSS, dan walaupun tidak semanarik font awsome namun jenis font ini terasa lebih ringan pemasangannya misalnya untuk navigasi menu "HOME" juga mirip dengan cara pemasangan font awsome:

<a href="/"><i class="material-icons">home</i>HOME</a>
Tetapi setelah mencoba beberapa ikon dan mengukur kecepatan blog setelahnya saya memutuskan untuk meninggalkan sistem ini. Walaupun tidak seberat font awsome namun font fontnya terasa sedikit beda dan masih dalam pengembangan.

3. MEMANFAATKAN EMOJI.

Tentu saja banyak kekurangannya: Jumlah ikon terbatas dan tidak kita temukan banyak ikon yang dapat mewakili tujuan kita misalnya pada simbol emoji di halaman posting entry baru pada bagian bar menu terdapat tombol dengan lambang atau simbol emoji 😊 simbol simbol ini tentu saja sangat ringan namun memiliki banyak kekurangan jika kita manfaatkan sebagai ikon di menu bar. Saya sedang memanfaatkannya pada template blog ini.
Begitu lambang emoji diklik akan muncul banyak pilihan symbol, emoji dan karakter. Karakter karakter dan symbol yang dapat kita copy paste layaknya mengkopi rangkaian huruf font biasa. Simbol dan karakter karakter ini dapat diperbesar melalui opsi tool pembesar huruf biasa. Sorot saja simbol yang telah dipilih lalu tekan tombol "TT" maka akan muncul 5 pilihan ukuran: smallest, small, normal, large, largest. Untuk font template blog ini saya pilih largest. Untuk menerapkannya kedalam menu navaigasi saya cukup mengkopi ikon tersebut terlebih dahulu dan mempastekannya kemana saja agar dapat di copy ke dalam HTML, contoh penerapannya:

<a href="/">🌐About Us</a> dapat di copy dan di pastekan langsung ke dalam HTML, atau lihat contohnya:

🏠Beranda   📲Hubungi   🌐About us     cari...🔍

Dan itu akan terbaca nantinya di menu bar blog sobat. Untuk sementara saya menggunakannya karena ternyata hampir dan nyaris tidak berpengaruh pada loading kecepatan. Namun kelemahannya adalah "miskin" simbol dan hayan diperuntukan buat mengekspresikan sesuatu didalam postingan. Disaping itu mudah di pengaruhai oleh perubahan didalam internal HTML. Namun walau demikian saya dapat menerapkannya untuk sementara waktu.

Disamping tiga contoh font yang dapat dipakai untuk membuat ikon atau simbol diatas ada terdapat banyak font font awsome lain yang dibuat oleh pihak ketiga seperti:
  1. IcoMoon. IcoMoon adalah tool yang dapat diatur untuk pembuatan, dan pengeditan ikon ikon yang dapat di implemetasikan sebagai setting ikon di web.
  2. Flaticon. Ikon ikon gratis di built up dengan: SVG, PSD, PNG, EPS dan bisa juga menjadi ICON FONT yang dapat di terapkan di web
  3. Fontastic.Klaimnya sih membuat kita mampu mendeliver ikon dalam satu klik! Fontastic memiliki ribuan ikon yang dapat dipergunakan sebagaimana font awsome.
Masih banyak terdapat font font yang ringan dan cepat jika dibanding dengan font awsome. Dan akan banyak lagi pengembang bermunculan dalam mengerjakan projek projek dasar untuk para desainer. Semoga bermanfaat.

Saya sarankan sobat pilihlah font font yang ringan dan cepat loading.

www.editblogtema.net


Comments

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP