ADDTOANY TOMBOL BERBAGI LENGKAP YANG SANGAT RINGAN (RECOMMENDED) | editblogtema editblogtema: ADDTOANY TOMBOL BERBAGI LENGKAP YANG SANGAT RINGAN (RECOMMENDED)

Logtema

×
tutorial dan teknik

ADDTOANY TOMBOL BERBAGI LENGKAP YANG SANGAT RINGAN (RECOMMENDED)

Beberapa widget / gagdet blogger memang dapat memperlambat laju sebuah halaman blog, terbukti pada indikator pengukuran kecepatan web yang berbeda beda telah mengungkapkannya. Logikanya setiap widget atau gagdet yang ditampilkan mengandungi kode HTML dan script yang harus diproses, terkadang menyinkronkan beberapa tautan untuk menampilkan dan menterjamahkan sebuah widget secara visual dihalaman blog.
untuk blogger pilih ikon blogspot dibawah
Misalnya widget pengikut atau follower bawaan blogspot sendiri, jauh lebih berat daripada widget popular post dan widget label blog, karena seluruh pengikut memiliki link mereka masing masing yang harus di "render" agar dapat tampil secara visual di halaman sidebar atau dimana saja di halaman blog.

Namun gagdet atau widget pengikut ini tentu saja memiliki pengaruh positif mirip "backlink" terhadap blog sobat sama seperti halnya link halaman fanspage facebook yang dianggap dapat meningkatkan performa blog dimata mesin pencari.

Tetapi sayang sekali harganya adalah mengorbankan kecepatan. Dan algoritma terbaru Google samasekali tidak ramah terhadap halaman blog yang lambat, mesin pencari seolah malas menunggu dan mengantarkan konten konten daripada halaman web yang berlari seperti siput. Itulah sebabnya mengapa blog blog AMP lebih memiliki peluang menempati tempat tertinggi pada index mesin pencari, lebih didahulukan.

LALU APAKAH TOMBOL BERBAGI MEMPERLAMBAT KECEPATAN BLOG?

Jelas sekali ya. Awalnya saya menggunakan tombol buatan sendiri di blog ini, dan terasa sangat ringan karena tidak ada tugas halaman menampung link dari pihak ketiga. Tetapi karena terbatasnya tombol share buatan sendiri baik dari segi penampilan dan kelengkapan linknya, saya lalu mencoba tombol share atau tombol berbagi custom dari Addthis, tombol yang sangat keren dan dapat kita robah tataletak dan bentuk ikonnya.

Akan tetapi dengan tombol addthis saya harus meletakan tautan javascript diatas tag </body> lalu meletakan kode line dibawah atau diatas <data:post.body/>

Awalnya pagespeed mengukur kecepatan blog saya adalah 89-100 dan setelah menggunakan tombol berbagi AddThis kecepatan menurun drastis menjadi 55-100, tentu saja saya tidak mau tinggal diam. Saya mencobakan tombol AddThis kepada tiga halaman blog dengan template premium yang berbeda dan hasilnya sama sama mengalami penurunan kecepatan.

Jadi saya mencari bantuan Google mencari apakah ada tombol berbagi pihak ketiga yang ringan? Dan seorang teman dari negeri seberang yang ahli koding menyarankan saya menggunakan Addtoany, saya langsung mencobanya setelah membersihkan semua kode kode pemasangan AddThis dari template blog, ternyata memang jauh sekali perbedaannya. AddToAny jauh lebih ringan walau juga mengurangi kecepatan namun tidak begitu berarti banyak bagi kecepatan halaman blog. Jadi untuk sementara saya memakai AddToAny.

CARA MEMASANG TOMBOL BERBAGI ADDTOANY
  1. Masuk ke AddToAny
  2. Pilih "GET"
  3. Pilih ikon BLOGGER lihat tampilan ilustrasi gambar diatas
  4. Akan muncul tampilan widget seperti gambar:
    tinggal tekan tombol menambahkan widget maka tombol berbagi addtoany jadi milik blogspot sobat
  5. Tekan tombol warna biru "Menambah Widget"
  6. Save dan tema blogspot sobat telah memiliki tombol berbagi AddToAny.
Tombol ini sangat lengkap. Hampir semua tombol medsos yang dimiliki oleh AddThis ada pada AddToAny. Sobat juga bisa mengkustomisasi letak, tampilan, warna tombol berbagi ini melalui halaman AddToAny jika diperlukan

Jika sobat menggunakan tema blogspot yang telah di edit menjadi responsive sobat dapat menghapus tombol bawaan blogspot dan menggantikannya dengan tombol ringan AddToAny dengan mengikuti petunjuk  yang telah saya posting di halaman blog ini sebelumnya dengan judul:

CARA MENGHAPUS TOMBOL SHARE BAWAAN BLOGSPOT DAN MENGGANTIKANNYA DENGAN TOMBOL SHARE RESPONSIVE

Sebenarnnya sobat bisa saja meletakan tombol AddToAny secara manual dengan cara :

  1. Masuk kepengaturan blogger
  2. Pilih Tema
  3. Pilih edit HTML
  4. Cari kode <data:post.body/> dengan cara tekan ctrl+f bersamaan 
  5. Jika terdapat lebih dari satu atau dua kode yang sama pilih yang ketiga, (cari sampai ketemu ya...) lalu copy kode dibawah ini:

<div class='post-body post-content'>
<div class='a2a_kit a2a_kit_size_32 a2a_default_style' id='my_centered_buttons'>
    <a class='a2a_button_facebook'/>
    <a class='a2a_button_twitter'/>
    <a class='a2a_button_google_plus'/>
    <a class='a2a_button_pinterest'/>
    <a class='a2a_dd' href='https://www.addtoany.com/share'/>
</div>
<script async='async' src='https://static.addtoany.com/menu/page.js'/>
  1. Letakan di atas <data:post.body/> jika ingin tombol berbagi berada diatas postingan
  2. Letakan di bawah <data:post.body/> jika ingin tombol berbagi tersebut berada dibawah postingan.
  3. SAVE template.

www.editblogtema.net

Bagikan (share):

6 comments:

  1. Saya pun pernah pakai AddThis, dan loadingnya memburuk... jadi saya copot jadi tombol share bawaan template aja.

    Syukur deh kalau sudah ada AddToAny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AddToAny menggunakan API yang ramah, wajar agak ringan

      Delete
  2. Makasih tutorialnya gan.

    Monggo singgah di www.abdulmajid.id

    ReplyDelete
  3. langkah nomor 2 Pilih Teman kali,, bukan Tata Letak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih koreksinya bang. Ane nulis gak pakai laptop salah satu inilah akibatnya 😊😊😊

      Delete

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan