PADA FAKTANYA XML SITEMAP TIDAK PERLU DI INDEX OLEH MESIN TELUSUR

PADA FAKTANYA XML SITEMAP TIDAK PERLU DI INDEX OLEH MESIN TELUSUR

Ada yang sedikit salah pada anggapan kita pada saat request memasang sitemap ke Google webmaster, kebanyakan kita menganggap karena hal itu wajib supaya si "sitemap" terindex pada mesin penelusur. Tetapi pada faktanya tidaklah demikian.
johnmu statement regards sitemap

Walaupun beberapa jasa SEO telah menawarkan kepada kita plug in terkait penidexan ini, ternyata hal itu tidak diperlukan. XML sitemap tidak perlu di index, dan mesin penelusur tidak perlu meng "index" XML sitemap.

Seorang senior menagement Google dengan nickname @JohnMu menegaskan:

"a sitemap file is not a web page (even though you can view them in a browser). A sitemap file doesn't need to be indexed, it'll work just fine like that. It's cool to see folks dig into technical details, but in this case the noindex is irrelevant."

("sebuah file sitemap bukanlah sebuah halaman web (meskipun sobat bisa melihatnya pada suatu browser), sebuah sitemap tidak perlu di index, itu bekerja seperti apa adanya. Keren sekali melihat teman teman menggali detail teknikalnya, tetapi untuk kasus ini pengindex-an tidaklah relevant")

Setelah statemen ini keluar oleh pembuat plug in sitemap segera mengeluarkan pengumuman:

"This plugin was closed on January 28, 2019 and is no longer available for download."
(plug ini ini telah ditutup pada tanggal 28 Januari 2019 dan tidak lagi tersedia untuk di download)
(dari diskusi twitter)
www.editblogtema.net

Beri Komentar ya...

5 Comments

  1. belum ppaham juga saya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa jasa SEO menawarkan pengindexan sitemaps website/blogger kepada para websider dan blogger. Lalu mengemuka masalah ketika pengindeks seolah tidak bekerja apa apa. Ada yang bilang bug, ada yang bilang error dst.Manalagi pada halaman web berbasis wordpress banyak yang menggunakan plug in untuk "pengideks-an" xml sitemap ini.

      Maka pihak Google meluruskan: XML Sitemap tidak perlu di index karena dia bukan halaman web. Tujuannya hanya sebagai klarifikasi saja.

      Delete
  2. Tadinya ane pikir sitemap wajib di index, jadi ane submit via webmaster. Sekarang clear gak perlu rupanya.

    ReplyDelete
  3. Sekarang memang fitur sitemap xml tidak bekerja bahkan tombol untuk submit url supaya terindeks dengan cepat sudah tidak difungsikan. Artinya memang blog akan terindeks sendiri dengan google bot yang masih bekerja untuk mengupdate blog yang ada perubahan didalamnya.

    Makasih infonya mas.

    ReplyDelete

请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
Just give us a polite comments with any related topics
Hanya komentar yang sopan dan berhubungan dengan topik