GOOGLE PAGERANK vs ALEXA | editblogtema editblogtema: GOOGLE PAGERANK vs ALEXA

Logtema

×
tutorial dan teknik

GOOGLE PAGERANK vs ALEXA

GOOGLE PAGERANK

Kalau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google.
does it has been die?
Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya.

Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar!

MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU?

Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak sedikit pakar yang dengan tegas mengatakan bahwa Google pagerank itu sudah tidak penting lagi. Namun pada faktanya dengan tidak hadirnya metrik PageRank secara praktis dalam tampilan yang mudah dibaca tidak akan memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan teknik SEO yang dilakukan secara organik dan berkelanjutan, karena konten yang kontekstual akan dicari oleh mereka yang mencari informasi yang tepat sasaran. Dan kalau dilihat dari fakta ini memang Google Pagerank itu tidak begitu penting lagi.

Lupakan Google pagerank karena kita tidak akan pernah tahu lagi walaupun itu penting, karena dia telah menjadi rahasia dapur Google. Sekarang kita membicarakan Alexa Rank. Seberapa tinggi sebuah blog pada ranking Alexa dan seberapa penting hal itu sesungguhnya?

ALEXA RANK
Alexa pada awalnya adalah perusahaan di California yang didirikan pada tahun 1996 dan kemudian diakuisasi oleh Amazon pada tahun 1999.
Semakin tinggi semakin ketat kompetisinya

Alexa terfokus di bidang pengumpulan data traffic website. Pada awalnya misalnya, sobat terkadang atau pastinya membutuhkan toolbars dan extension browser untuk mengumpulkan data. Dengan data-data ini, Alexa membantu berbagai bisnis untuk berkembang. 

Salah satunya adalah Wayback Machine, suatu arsip Internet. Tetapi produk mereka yang paling beken adalah Alexa Rank – sebuah matrix yang menyusun ranking website berdasarkan popularitasnya atau berapa banyak orang yang mengakses dan menggunakan website itu dalam tiga bulan terakhir.

Seiring dengan semakin berkembangnya bisnis di Amazon yang sudah hampir menyamai Google SEOnya, Alexa kemudian menjadi semakin penting di mata SEO dan semakin diminati oleh blog blog yang menjalankan bisnis sebagai paramaternya.

Menurut penjelasan resmi dari Alexa, ranking mereka dihitung dengan mengkombinasikan jumlah visitor setiap harinya dengan jumlah pageview yang didapatkan sebuah website dalam tiga bulan terakhir.

Data-data ini dikumpulkan dari pengguna user internet yang menggunakan satu dari 25,000 extension browser di Google Chrome, Firefox, atau Internet Explorer yang menginstal script Alexa di dalamnya. 

Kemudian Alexa menggunakan algoritma mereka untuk memperbaiki data-data yang dirasa bias untuk memberikan data yang lebih akurat. Selain itu ada beberapa website yang memiliki coding Alexa di websitenya sehingga Alexa tahu berapa banyak orang yang datang ke website tersebut dengan lebih akurat. Karena data yang dikumpulkan dari penggunaan user internet hanyalah estimasi.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa Alexa menggunakan data dari pihak ketiga supaya bisa memberikan data dari sumber yang lebih luas. Kalau sobat mengunjungi website Alexa, sobat bisa langsung melihat ranking sebuah website tanpa harus menginstall extensions atau widget. Rankingnya tersedia secara global dan menurut negara.

PENTINGKAH ALEXA ITU?

Untuk kebanyakan webmasters, ranking website adalah suatu faktor yang penting. Karena dari ranking website, sobat bisa tahu apakah strategi SEO sobat sudah berjalan dengan baik atau belum. Tetapi, jika sobat ingin tahu apakah website sobat bekerja dengan baik, ada baiknya sobat tidak hanya menggunakan Alexa Rank saja. sobat tentu boleh menganalisa website dengan Alexa Rank, tetapi analisa juga website sobat dengan tools analisa website lain untuk memastikan akurasinya.

Tetapi ada juga sebagian orang yang berpendapat ranking Alexa itu tidak terlalu penting, sama seperti Google Pagerank sekarang. Sesungguhnya cara kerja mereka juga measih menyisakan rahasia. Kita tahu betapa rumitnya sebuah algoritma dan apalagi kita juga mengerti algoritma algoritma terus saja di update sepanjang waktu oleh pemiliknya.

Menurut Alexa sendiri semakin tinggi ranking Alexa sebuah website semakin ketat dan akurat penghitungannya. Untuk bisnis Amazon yang semakin menjanjikan ranking Alexa menjadi sangat penting sebagai tolok ukur performa sebuah blog. Tidak heran karena bisnis Amazone omsetnya walau dibawah Google dan Facebook namun mengalami peningkatan yang lebih signifikan daripada kedua Jejaring sosial diatas dan hal itu sudah termasuk bisnis pengiklanan.

www.editblogtema.net

Bagikan (share):

No comments:

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan