BLOGGING VIA MOBILE: MENGAPA iOS TIDAK COCOK BUAT NGEBLOG MOBILE

Mungkin sobat berfikir tidak ada hubungannya dangan blogger, ya mungkin tapi ada pertanyaan: Apakah perangkat mobile Apple seperti iPhone bisa buat blogging? Saya telah melakukan percobaan melalui iPhone dan iPad yang saya miliki: Keduanya tidak bisa jika menulis langsung melalui browser!
perusahaan yang sangat menjunjung privasi pengguna
Sampai saat ini hanya perangkat mobile (hape) Android yang mampu melakukan blogging via mobile dengan sempurna. Editblogtema.net sampai saat ini dituis melalui mobile (hape dan tablet Android) dan menggunakan iPhone dan iPad hanya apabila ingin melihat hasil desain tema. Pada tulisan yang lalu banyak pertanyaan terkait menulis blog melalui mobile Android ini, apa kendalanya dan bagaimana rasanya. Saya jelaskan sekali lagi:

  1. Editblogtema pernah memakai semboyan pada mesin penelusuran sebagai berikut: POSSIBLE THE ONLY ONE BLOG HAS BEEN FULLY WRITTEN WITH MOBILE! Artinya editblogtema memang 99,9% ditulis via mobile, walaupun saya juga punya Macbook dan laptop windows saya tidak pernah menggunakannya buat ngeblog! Apakah harus melalui aplikasi khusus? Tidak! Saya biasanya langsung menulis dan membuat konten blog melalui browser chrome.
  2. Saya juga mengedit template, membuat template dan merombak banyak template blogger hanya menggunakan tablet android 9,7 inchi yang telah berumur 4 tahun! Tidak menggunakan aplikasi apa apa, hanya dengan mengakses browser Chrome, Microsoft edge, dan terkadang firefox! saya terkadang menggunakan aplikasi normal perkantoran yang bisa dipasang di tablet seperti microsoft word, google office untuk menyalin kode kode HTML dan elemen elemennya.
  3. Bagaimana dengan kecepatan mengetik? Saya hanya berasumsi jika sobat terbiasa mengetik kalimat chat pada messenger, whatsapp dan lain lain mengapa kesulitan membuat sebuah artikel untuk ngeblog di browser? Untuk tablet saya memang menggunakan papan ketik bluetooth logitech yang tipis dan praktis, tapi untuk hape saya hanya memanfaatkan keyboard pada layarnya.
  4. Alasan saya menggunakan perangkat mobile buat ngeblog dan nekat mengabaikan MacBook adalah semata semata soal kepraktisan, kecepatan,  mobilitas, dan fleksibilitas ruang waktu. Kuat.
  5. Praktis karena sebuah hape sepanjang waktu didalam saku dan genggaman, memiliki kamera yang bagus berikut aplikasi aplikasi hebat untuk mengedit photo, cepat karena saya dapat menulis sewaktu waktu dan menyambungnya dilain waktu dengan instan, mobile karena selalu ikut saya kemana saja, flesibel karena saya tidak perlu duduk mengetik, bisa dilakukan berdiri, berbaring dan duduk. Powerful karena batterynya tahan lama.
Tentu saja yang terakhir sobat hanya perlu waktu untuk TERBIASA dengan membisakan diri supaya jadi lebih produktif.

DAN MENGAPA PERANGKAT iOS BURUK BUAT BLOGGING?

Untuk blogger tanpa menggunakan aplikasi menulis via iOS sulit dilakukan kalau tidak bisa dibilang "hingga saat ini tidak dapat dilakukan, karena:
  1. Tidak bisa akses blogger melalui browser dengan mudah, paling hanya separo akses browser tidak dapat masuk sampai tuntas dan dalam buat menulis.
  2. Menggunakan aplikasi terasa berat apalagi jika kita berada dinegara negara dunia ketiga yang akses dan kecepatan internet masih terbatas kecepatannya.
  3. Sering terbentur aturan kemanan, sangat menggangu pada saat menulis.
  4. Tidak bisa dengan mudah menulis kode kode HTML via dasbor blogger di browser langsung melalui chrome, edge dan firefox, hal ini terjadi karena perbedaan platform iOS menggunakan API terbatas untuk browser termasuk browser buatan mereka sendiri dan platform iOS menggunakan sistem yang sangat menghemat battery mereka.
Disamping kelebihannya yang sangat "aman" buat privasi pengguna iOS bukanlah perangkat yang tepat buat blogger yang memutuskan untuk ngeblog via mobile, mungkin kedepannya akan bisa melalui opsi pengembang, tapi rasanya masih jauh panggang dari api mengingat baru beberapa hari mereka telah mem"banned" sertifikat Google dan Facebook. Walaupun kedua perusahaan raksasa tersebut telah meminta maaf. Dari tindakan tegas Apple yang sangat terkenal memegang teguh privasi pengguna menunjukan bahwa mereka tidak pernah pilih bulu.

Pada 31 Januari, pukul 7 malam waktu Pasifik atau 1 Februari 2019, pukul 10 pagi WIB -- Apple telah memulihkan Enterprise Certificate milik Google sehingga aplikasi internal mereka bisa bekerja. Seperti telah dikonfirmasi oleh TechCrunch. Ketika Apple mencabut Enterprise Certificate Google, perusahaan pencarian itu kehilangan akses atas berbagai aplikasi iOS versi khusus karyawan, seperti versi pengujian dari YouTube, Gmail, dan Calendar.

Selain itu, mereka juga tidak bisa mengakses aplikasi makanan dan transportasi mereka. Hal ini berdampak buruk bagi Google yakni menyebabkan menurunnya produktivitas pekerja Google.

Google telah dilaporkan bahwa mereka menggunakan sertifikat dari Apple - yang seharusnya hanya bisa digunakan oleh pegawai Google - pada ponsel konsumen agar mereka bisa memasang aplikasi pengumpul data. Aplikasi yang bernama Screenwise itu melanggar peraturan Apple.

Aplikasi itu didesain untuk mengumpulkan data pengguna iPhone untuk penelitian. Namun, aplikasi itu memerlukan sertifikat khusus yang memungkinkan perusahaan untuk mengacuhkan App Store.

Google kemudian meminta maaf, dan mengakui bahwa mereka tidak seharusnya menyalahgunakan sertifikat enterprise Apple.

Itulah alasannya mengapa sampai saat ini saya masih menyimpan dan menggunakan perangkat Apple buat browsing, nonton dan main game termasuk MacBook, iPad dan iPhone. Karena saya juga mencintai privasi. Dan saya Juga sangat menyukai Perangkat Android karena kelebihannya membantu saya melakukan aktivitas dalam berproduktivitas.

Namun demikian walaupun sampai saat ini saya masih konsisten menulis via mobile terutama perangkat Android, tidak menutup kemungkinan saya juga akan menulis via iPhone dan iPad jika kelak ngeblog dan menulis melalui kedua perangkat tersebut menjadi jauh lebih mudah.

www.editblogtema.net


Comments

  1. Ane Apple Fan Boy😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tetap menyimpan MacBook, iPhone dan iPad buat main game dan browsing

      Delete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP