BENARKAH SUBMIT KE GOOGLE ITU MEMPERCEPAT TERINDEXNYA SEBUAH SITUS?

BENARKAH SUBMIT KE GOOGLE ITU MEMPERCEPAT TERINDEXNYA SEBUAH SITUS?

Sejak akhir tahun lalu saya mulai mendekatkan diri ke envato dan mulai belajar membuat tema blogger dan belajar PHP, karena saya juga ngeblog menggunakan wordpress. Tetapi belum memiliki cukup rasa percaya diri selain menjadi penyimak atau pendengar yang baik. Dari berbagai diskusi perdebatan perihal fungsi webmaster bagi blogger adalah hal yang paling menarik perhatian saya.
spider google
Sama seperti sobat, saya ingin setiap tulisan saya cepat terindex di mesin penelusur, jadi setiap selesai menulis saya akan "submit" alias kirimkan artikel saya. Lalu menyimak kembali seratusan daftar artikle yang telah saya tulis selama 5 bulan terakhir, kiranya banyak yang tidak terindex. Bahkan beberapa artikel saya yang telah diduplikat oleh orang lain justeru telah bertengger pada halaman atas pencarian. What the hell?

Ternyata memang tidak ada bukti dengan rajin mengirim artikel ke webmaster lantas artikel kita secepatnya nongol di pencarian teratas. Kalau memang artikel saya tidak memenuhi syarat, lho mengapa yang duplikatnya yang masih seratus prosen sama bisa nangkring di atas sana atas nama orang lain? Well mesin pencari bisa saja tertipu oleh trik dan trik kita tidak bisa berbuat apa apa untuk itu.

TIDAK PERLU KIRIM SITE AGAR TERINDEX LEBIH CEPAT

Jika sobat adalah blogger baru dan sering mendengar dari para "master" bahwa sobat harus rajin berkirim site ke Google Search Console supaya site sobat di index lebih cepat, sesungguhnya, walaupun demikian tidak ada jaminan apa apa bahwa artikel sobat itu akan di index segera. Karena ternyata laba laba jaringan memiliki cara kerja yang berbeda daripada yang kita sangka selama ini.

Laba laba jaringan akan segera menemukan situs anda secara otomatis dan mengindex situs sobat tersebut jika telah tiba waktunya. Jadi janganlah kuatir dengan hal ini atau  selalu berfikir bahwa sobat harus "ngomongin situs" sobat sepanjang waktu ke google.

Cara kerjanya adalah: Setiap hasil pencarian oleh laba laba google dijadikan cache terlebih dahulu dan selalu membutuhkan waktu sebelum akhirnya algoritma  google "merefresh" cache tersebut. Barulah kemudian giliran situs sobat yang di cache, jadi tidak bisa terburu buru. Semuanya butuh waktu karena sobat juga harus menunggu giliran.

Lebih baik sobat fokus kepada membuat content yang bagus untuk membangun merek blog sobat yang masih baru daripada terburu buru dan ingin cepat terindex, apalagi jika kita mengerti bagaimana sebuah database bekerja selalu menurut prosedur, begitu juga dengan database google.

Apa kata Pakar?
When you do a Google search, you aren’t actually searching the web. You’re searching Google’s index of the web, or at least as of it as we can find. We do this with software called spiders. Spiders start by fetching a few web pages, then they follow the links on those pages and fetch the pages they point to; and follow all the links on those pages, and fetch the pages they link to, and so on, until we’ve indexed a pretty big chunk of the web; many billions of pages stored on thousands of machines
– Matt Cutts
Semoga bermanfaat!


www.editblogtema.net

Beri Komentar ya...

2 Comments

  1. Kalau saya kirim site sih mas, lumayan cepet juga terindeks nya, jadi robot dari google bisa memunculkan website kita di mesin pencarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kemaren tidak submit tapi malah artikelnya muncul di hampir teratas

      Delete

请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
Just give us a polite comments with any related topics
Hanya komentar yang sopan dan berhubungan dengan topik