AWAS!!! INILAH 5 DAMPAK KIAMAT G+ TERHADAP BLOG SOBAT!!!

AWAS!!! INILAH 5 DAMPAK KIAMAT G+ TERHADAP BLOG SOBAT!!!

Setelah mengumumkan penutupan G+ yang akan dilakukan sepenuhnya pada tanggal 2 April 2019 nanti kali ini Google mengeluarkan pengumuman susulan ini persis di dasbor blogger dengan latar warna kuning, Tahun baru Cina ini mengawali babak baru dalam dunia blogging kita:
berisi pengumuman lanjutan wacana penutupan Gplus
"Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian Google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada Maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi Google+ di Blogger pada 4 Februari 2019.

Widget Google+: Dukungan untuk widget “Tombol +1”, “Pengikut Google+”, dan “Badge Google+” pada Tata Letak tidak akan tersedia lagi. Semua instance widget ini akan dihapus dari blog Anda.

Tombol +1: Tombol +1/G+ dan link berbagi Google+ di bawah entri blog dan pada menu navigasi akan dihapus.

Perlu diketahui bahwa jika menggunakan template kustom yang menyertakan fitur Google+, Anda mungkin perlu memperbarui template Anda. Harap hubungi supplier template Anda untuk mendapatkan saran.

Komentar Google+: Dukungan untuk komentar Google+ akan dinonaktifkan, dan semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke menggunakan komentar Blogger. Sayangnya, komentar yang diposting sebagai komentar Google+ tidak dapat dimigrasikan ke Blogger dan tidak akan muncul lagi di blog Anda."
Apa yang akan terjadi:

1. Gagdet/widget Badge dan Pengikut G+ tidak akan tersedia lagi dan dikembalikan kembali ke native blogger. Semua tombol itu akan dihapus habis dari blogger. Yang kasian bagi yang sudah membeli tema blogger berbayar harus menghubungi pembuatnya jika mereka telah mengkustom tampilan dan link gagdet gagdet yang akan dihapus itu. Bagi yang memakai tema gratis buatan pihak ketiga bersiap siap untuk mengkustom sendiri temanya. Bagi yang menggunakan tema hasil buatan atau editan editblogtema maka gagdet gadget tersebut akan otomatis hilang karena editblogtema tidak pernah mengutak atik gagdet gagdet bawaan alias "native" jadi jangan kuatir.
akan hilang selamanya dari blogspot
gambar: 3 gagdet/widget yang akan lenyap selamanya dari blogger
2. Menurut saya yang paling parah adalah hilangnya opsi komentar G+ begitu banyak komen yang telah menghiasai blog kita apabila menggunakan sistem komentar G+ maka opsi ini akan segera "lenyap" untuk selamanya. Sayangnya tidak ada opsi untuk imigrasi atau mengimpor semua komentar dari sobat sobat yang begitu berharga kesuatu tempat alternatif, itu akan lenyap begitu saja. Saya pasrah saja.

Ada dua opsi yang saya sarankan: Gunakan Diqus atau opsi komentar bawaan blogger saja, walaupun sobat bisa saja menggunakan opsi komentar facebook tapi hanya dua opsi berkomentar diatas yang paling mendekati alami untuk blogging.
akan hilang bersama kiamat gplus
Gambar 2: opsi komentar ini akan ternggelam bersama kiamat G+
3. Profile G+ akan hilang dan berganti jadi "unknown author" atau "penulis tidak dikenal" jadi sebaiknya cepat cepat saja robah ke opsi profile Blogger saja kembali.








4. Lupakan tombol gplus untuk selamanya karena dia hanya tingal kenangan saja belaka. Bahkan pada dasbor untuk mempublikasikan konten dan artikel opsi tersebut telah "menghilang" yang tinggal hanya "edit", "lihat" dan "hapus" sedangkan "bagikan" sudah tidak ada lagi.
5. Bagi sobat sobat yang sudah terlanjur saling mengenal melalui Gplus bersiap siaplah migrasi mencari tempat baru untuk kembali bersama ditempat yang baru. Mungkin kita bisa bertemu di Facebook, Twitter, Instagram dan tempat tempat baru lain yang mungkin tidak akan kalah menarik dengan "mendiang" Gplus...

www.editblogtema.net

Beri Komentar ya...

4 Comments

  1. Saya bingungnya krn akses bbrp web pake G+

    ReplyDelete
  2. Baru mulai nyoba ngeblog sudah begini jadinya :(

    ReplyDelete
  3. hahahhah, jadi lagi nunggu perkembangan . gimana ni bang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fajar herlambang, tidak ada perkembangan selain "move on"

      Delete

请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
Just give us a polite comments with any related topics
Hanya komentar yang sopan dan berhubungan dengan topik