ASIKNYA BLOGGING MOBILE | editblogtema editblogtema: ASIKNYA BLOGGING MOBILE

Logtema

×
tutorial dan teknik

ASIKNYA BLOGGING MOBILE

Menulis sama lancarnya dengan menggunakan laptop
Zaman mobile. Harusnya gak ada lagi alasan "gak punya laptop gak bisa nulis" terutama yang hobi ngeblog.

Ada juga yang beralasan ngeblog via hape sulit ngetik, soalnya sudah terbiasa pakai PC di kantor, dan pakai laptop kalau lagi di rumah. Jadi ketika orang berada di kedua tempat yang disebutkan diatas mereka tidak membuat konten atau menulis melalui hape, mereka hanya teringat harus pakai laptop dan PC!

Nah pas kedua peralatan "bongsor" itu ngadat atau rusak orang jadi pada kebingungan. Mau nulis pakai apa ya...ujung ujungnya tidak jadi menulis sambil menunggu PC atau laptopnya diperbaiki. Padahal menulis tidak seharusnya terhenti sambil menunggu PC atau laptop di perbaiki.

MOBILE DAN MOBILE.

Semenjak tahun 2015 untuk blogger Google telah memberikan warning: halaman web yang tidak mobile tidak akan di prioritaskan lagi kalau tidak diabaikan samasekali.

Alasan google sangat masuk akal karena itu sangat erat kaitannya dengan perkembangan mobile: sekarang saja telah terdeteksi hampir 80% orang mengakses halaman web dan internet melalui hape mereka dan tinggal 20% saja lagi yang mengakses halaman web melalui perangkat lain termasuk PC desktop dan laptop.

Karuan saja bisnis juga mengikuti trend mobile ini: trafik blog, teknik SEO dan backlink semuanya menjadi masuk akal ketika sumber lalulintas uang berpindah ke mobile.

Ciri ciri halaman tidak mobile adalah sulit dibuka dan dibaca melalui hape tapi sangat bagus jika dibuka melalui desktop dan laptop. Untuk menguji sebuah halaman web sudah mobile atau tidak sobat dapat mengunjungi site:

TES MOBILE FRIENDLY
Masukan saja alamat atau URL blog sobat dan klik jalankan lalu lihat hasilnya. Kalau belum mobile friendly segera ganti template. Ingin templat hebat, SEO dan cepat silahkan download dari editblogtema. Templat buatan kami gratis.

Walaupun halaman mobile tidak harus ditulis melalui hape, bisa saja dikerjakan melalui laptop dan PC, namun jargon mobile dan mobile seolah menguatkan fakta: kalau bisa 100% ngeblog via mobile mengapa tidak?

Jika hanya halaman web atau blognya saja yang mobile, namun cara bekerja dan meng-up to date-nya juga bisa via mobile, keren bukan? Contoh blog editblogtema kami buat dan kami tulis sepenunya via mobile (hape dan tablet zonder PC atau Laptop).

BAGAIMANA CARA MENULIS DAN MEMBUAT KONTEN MELALUI HAPE?

Tidak ada cara khusus. Cukup mulai menulis saja. Kalau sobat dapat mengetik dengan cepat saat mengupdate status di facebook, atau membalas chat di instagram maka saya yakin sobat tidak akan sulit menulis sebuah artikel yang agak panjang. Seiring waktu jari tangan bisa menari diatas layar seirama dengan apa yang sedang sobat pikirkan.

Atau jika perlu sobat bisa membeli sebuah keyboard bluetooth hubungkan ke hape android dan buka browser chrome yang telah di instal pada hape, lalu akses blogger dasboard melalui browser tersebut persis seperti ketika sobat melakukannya melalui PC atau laptop. Dengan cara ini paling tidak cara pengetikan tidak akan berbeda dengan cara mengetik pada saat menggunakan PC dan laptop. Bedanya hanya pada layar yang kecil.

Keyboard juga membantu melegakan layar hape karena tidak perlu lagi menampilkan papan ketik sentuh pada layar mobile.

MENGEDIT DAN MEMBUAT TEMPLAT BLOGGER

Jika sobat berfikirnya menulis artikel dan konten saja sudah susah melalui hape, maka pastinya sobat akan berfikir mengedit dan membuat template melalui hape pasti sangat sulit kalau tidak bisa dikatakan impossible. Sobat mungkin benar, tapi lebih banyak kelirunya. Karena sekedar masuk kepengaturan blogger dan mengakses opsi tema desainer amatlah mudah dulakukan melalui hape. Kalau bisa mengakses pengaturan blogger berarti sobat sudah bisa mengedit templat default paling tidak mendekati selera kita sendiri.

Perhatikan gambar tangkapan layar dibawah yang langsung saya ambil untuk contoh sambil menulis artikel ini melalui hape oppo A83:


  1. Pengaturan blogger:
    Tidak ada beda seperti akses lewat laptop atau pc
  2. Desainer tema blogger:
    Tidak ada bedanya jika dibanding pada saat  dibuka melalui pc dan laptop
  3. Halaman edit HTMLblogger:
    Tidak ada bedanya saat dibuka melaui pc dan laptop


Gambar gambar diatas hanyalah contoh dari apa yang telah saya lakukan sendiri dengan mudah melalui hape. Untuk poin gambar nomor 1 dan nomor 2 memang 100% dapat dilakukan melalui hape. Namun untuk point nomor 3 saya masih harus menggunakan tablet android. Semua templat hasil editan maupun buatan esitblogtema tidak pernah sekalipun dibuat melalui laptop apalagi PC. Seratus prosen dibuat melalui tablet samsung jadul tab s2.

Hasilnya sama saja dengan menggunakan laptop, banyak hal sekarang amat mudah disiasati dengan menggunakan perangkat mobile.

KELEMAHANNYA

Saya sudah banyak menulis perihal kelebihan ngeblog melalui hape. Namun sekali ini saya ingin berbagi perihal kelemahannya:

  1. Layar hape kecil dan papan ketik sentuhnya cukup menyita layar.
  2. Kadang saat nulis terganggu panggilan telpon, WA, notifikasi messenger dari grup, keluarga dan rekan kerja, kadang notifikasi email dari perusahaan.
  3. Tentunya mata harus lebih tahan lelah.
  4. Pada saat mengedit template di hape terutama HTML kami terpaksa menggunakan tablet android karena kecilnya layar sebuah hape. Tablet juga harus dilengkapi dengan keyboard dan mouse bluetooth untuk meringankan penulisan kode kode tertentu. 
  5. Gunanya mouse sebenarnya tidak lebih hanya sebagai navigasi dan pada saat harus menggeser dan memindah mindah widget atau gadget gadget blogger. Gadget gadget ini tidak bisa di geser pakai sentuhan.
Namun disamping kelebihan dan kelemahannya, ngeblog via mobile sangatlah potensial, murah dan menjanjikan kepraktisan yang sangat nyata. Menyingkat waktu dan uang bagi orang yang bijak memanfaatkannya.


www.editblogtema.net

Bagikan (share):

2 comments:

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan