TIPS NGEBLOG MELALUI TABLET ANDROID

TIPS NGEBLOG MELALUI TABLET ANDROID

Ngeblog di zaman now sudah jauh beda daripada zaman old dari segi kemudahan, ketersediaan perangkat hingga kemajuan teknologi web yang semakin mendukung.

Jadi saya ingin berbagi pengalaman bahwa editblogtema sepenuhnya dibuat dan di update menggunakan Tablet Android dan iPad, sangat jarang saya menggunakan MacBook atau laptop apalagi desktop.

Saya dulu ngeblog pakai Laptop windows lalu beralih ke Macbook, tetapi berhubung saya sangat sibuk, maka saya mencari cara bagaimana walau bekerja dan jarang dirumah tetapi bisa ngeblog?

Akhirnya saya mencoba ngeblog menggunakan iPad dan tablet tablet Andreoid 9,7 inci dengan alasan muat di tas kecil. Tablet itu akhirnya saya lengkapi dengan keyboard yang sama besar dan tipisnya plus sebuah mouse, nanti akan saya jelaskan mengapa saya juga membutuhkan mouse, bukankah tablet mudah di navigasi dengan sentuhan? Sabar akan sampai kepada penjelasannya nanti😊.
Tablet milik penulis
Tablet saya ini telah saya gunakan selama setahun jauh lebih tua usianya daripada editblogtema ini sendiri yang baru jalan enam bulan, itu adalah Samsung Tab S2 yang usianya mungkin sudah terbilang jadul di dunia gagdet, tapi tidak apa apa, dia telah banyak sekali berjasa, apa saja jasanya?
  • Membantu saya menulis koding dan mendesain template blogger
  • Membantu saya membuat konten beberapa blog.
  • Membantu saya menopang pekerjaan di perusahaan seperti menulis dan berkirim email, membuat laporan dan mengedit gambar dan video presentasi.
  • Saya gunakan buat nelpon, chat dan video chat
  • Saya gunakan buat mengambli gambar gambar cantik dan mengeditnya melalui aplikasi gambar yang dapat saya donlot di Play Store Android.
  • Main game juga pakai tablet ini.
Pokoknya apa yang laptop dan PC dekstop bisa lakukan selama ini, dia bisa lakukan. Tetapi beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh laptop apalagi PC desktop dia bisa lakukan dengan sangat baik.

1. NGEBLOG: MEMBUAT KONTEN.

Membuat artikel yang dilengkapi dengan gambar dan video? Sungguh saya tidak bohong kalau sobat mau membiasakan diri menggunakan tablet bisa jauh lebih cepat ketimbang menggunakan laptop!

Sobat bisa membuat video melalui kamera tablet yang kualitasnya tidak kalah dengan hape bahkan bukaan kameranya (aperture) lebih gede ketimbang hape walau pixelnya tidak besar, tidak heran kamera tablet jarang menghasilkan noise yang berlebihan. 99% konten dan artikel saya baik yang tutorial, tips dan artikel biasa dibuat melalui tablet ini.

Tentu saja sobat masih membutuhkansebuah keyboard bluetooth yang berkualitas jika ingin menulis lancar, saya menggunakan produk logitech yang sudah melegenda dalam hal membuat papan ketik poertable dan tipis tersebut, saya menggunakan papan ketik yang dapat dengan mudah saya selipkan kedalam laci tas kecil saya.

Alasan mengapa papan ketik masih kita butuhkan walaupun kita juga masih bisa mengetik dilayar sentuh sebuah tablet adalah:
  • Kecepatan, kecuali jika sobat sangat ahli menyentuh huruf huruf pada papan ketik virtual dilayar sentuh maka sobat bisa menandingi kecepatan mengetik sepuluh jari melalui papan ketik bluetooth yang nyaman dan ergonomik.
  • Keluasaan layar, dengan papan ketik kita menghindarkan layar menjadi sempit karena harus menampilkan papan ketik sentuh pada sebagian layar bawahnya sehingga view segala sudut layar menjadi lega dan nyaman. Pengetikan dapat kita kendalikan melalui papan ketik bluetooh. Kita juga dapat menjaga jarak pandang kita ke layar monitor selama berjam jam pengetikan.
  • Faktor ergonomis dan kesehatan, yaitu sikap tubuh. Pada saat mengetik langsung dilayar kita harus memegang layar tablet jika meletakannya dimeja posisi tubuh bisa terlalu membungkuk, pengaruh jangka panjangnya kurang baik bagi anatomi.

2. NGEBLOG: MENGEDIT HTML dan MENDESAIN TEMA 
Seorang blogger sering tidak dapat melepaskan diri dari mengedit, mengganti dan bahkan membuat tema atau template blog/websitenya sendiri. Jika selama ini para desainer menggunakan PC saya mengatakan hal itu hampir tidak diperlukan lagi.

Saya membuat template template dengan tekat: menulis semua kode kodenya menggunakan iPad atau tablet (terakhir saya menjatuhkan pilihan menggunakan tablet android) Template template hasil karya tablet ini adalah:
  1. Pandora EBthemes (2 varian) 
  2. Contempo Hybrid (4 varian) 
  3. EBthemes (simpleEB 1 varian) 
  4. dll 
Disinilah saya akhirnya menyadari mengapa saya wajib memiliki sebuah mouse. Lagi lagi dengan pertimbangan praktis saya membeli mouse bluetooth pabrikan logitech yagn mungil dan mudah dimasukan kedalam saku celana atau kemeja. Lho bukankah untuk keperluan navigasi layar ssentuh bisa dengan sentuhan jari? Benar dari beberapa segi, tapi jadi keliru kalau sobat melakukan kegiatan DESAIN TEMA.

Dengan laptop sobat dapat mendrag sesuatu melalui keypad tetapi tablet tidak memiliki kemampuan drag karena secara alami memang tidak secara spesifik di desain untuk memiliki keyboard, keyboard keyboard bluetooth umumnya hanya di rancang buat mengetik maka tidak dilengkapi dengan keypad yang memiliki fungsi seperti sebuah mouse.

Misalkan sobat masuk kepengaturan blogger ke bagian lay out dan ingin menggeseer posisi gagdet atau widget, bisakah sobat hanya menyentuhnya dengan jari dan menekannya lalu mendragnya agar pindah? tidak! widget widget tersebut tidak bisa diperlakukan begitu.

Maka saya mencobanya dengan sebuah mouse PC desktop di kantor dengan menghubungkannya melalui kabel OTG ke tablet dan ternyata saya berhasil dengan mudah mendrag dan memindahkan gagdet-gagdet atau widget-widget tertentu menggunakan mouse, jadi sobat sekarang mengerti mengapa saya membutuhkan mouse, saya juga senang mendesain.

Saya memutuskan untuk memiliki sebuah mouse bluetooth yang berkkualitas dan pada hari libur diam diam saya pergi ke Singapore. Mouse ini telah saya pakai hampir satu tahun saya semakin menyayanginya.

3. NGEBLOG: MENGAKSES DASBOR BLOGGER MELALUI TABLET
Trik ini penting bagi sobat. Untuk mengakses dasbor blogger melalui browser chrome, microsoft edge atau Firefox agar pengalaman ngeblog mirip dengan laptop dan bahkan menurut saya ngeblog melalui tablet dalam beberapa hal lebih cepat dan praktis karena:
  • Jelas kompressnya lebih tinggi 
  • Tidak perlu kuatir kehabisan battery walau berjam jam (sebuah tablet mampu bertahan hingga 10 jam buat ngeblog) 
  • Internet bisa melalui wifi dan bisa seluler jika sobat tidak masalah dengan membeli quota internet 
  • Terlihat normal dan biasa biasa saja walau dilakukan ditempat umum seperti kafe, kedai kopi di teras dsb. 
Jika sobat memutuskan ngeblog menggunakan tablet dan hape itu sangat direkomendasikan, karena trend zaman yang sudah mobile. Namun trik mengakses browser (chrome, edge, dan atau firefox) adalah dengan cara opsi "desktop" agar semua akses browser terbuka dengan mudah.

Buka browser (chrome, edge, dan atau firefox)

Buka blogger >> dasbor >> pengaturan >> tema >> edit HTML, perhatiakan gambar pada bagian atas kanan tekan tiga titik berbaris dari atas kebawah akan muncul menu dropdown, pilih "desktop site"
Sobat perhatikan dengan opsi browser "desktop site" sangat memudahkan kita dalam mengedit halaman HTML blogger yakni menubar bagian atas halaman HTML akan menjadi fixed pada saat halaman yang berisi kode dan elemen HTML di scroll keatas maupun kebawah.

Trik diatas sangat membantu saya dalam melakukan pengeditan HTML dan sejauh ini saya terbilang sukses melakukannya.

Bahkan ketika saya sampaikan motto site saya dengan ungkapan : "POSSIBLE, THE ONLY ONE SITE HAS BEEN FULLY UPDATED BY ANDROID TABLET" di Google Forum seorang expert bertanya apa maksudnya, saya jawab seluruh konten site saya dibuat mobile. Dia bilang WOW.

Alhamdulilah hasilnya selama hampir enambulan editblogtema telah berada di ranking 2,7 jutaan Alexa saya berharap itu adalah bagus.

4. ALASAN MENGAPA SAYA MENJATUHKAN PILIHAN KE TABLET ANDROID

  • Jelas lebih murah dan banyak pilihan dan lebih murah. Saya membeli Tab S2 seken seharga 2,8 jutaan dengan kondisi masih 98% 
  • iPad Apple umumnya sulit mengakses browser hingga di kedalaman seperti layaknya android perangkat kedua produsen yang berbeda ini mengakses API aplikasi dan browser dengan cara yang berbeda. 
  • Asesories Apple mahal walaupun seken. Susah mendapatkannya. 
  • iPad tidak memiliki opsi buat menelpon walaupun kita dapat merekayasa panggilan melalui aplikasi chat dan video call namun tidak secepat dan setangguh menelpon langsung melalui simcard. 

    Beri Komentar ya..

    4 Comments

    1. Mantap kang, salut bisa nulis di tablet.. kalau saya ampe sekarang ngeblog ya pake laptop kang. kalau pake hp rasanya takut kurang gimana gitu ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Justeru harus dibiasakan, dengan hape saya bisa ngeblog sambil menkmati perjalan atau seang duduk di kafe.

        Delete
    2. hebat bisa menulis via tab
      saya malah masih kesulitan

      ReplyDelete
      Replies
      1. biasakan saja, semua pekerjaan hanya sulit pada awalnya saja

        Delete

    请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
    Just give us a polite comments with any related topics
    Hanya komentar yang sopan dan berhubungan dengan topik