TIP MEMILIH TEMA UNTUK BLOGGING TAHUN 2019 | editblogtema editblogtema: TIP MEMILIH TEMA UNTUK BLOGGING TAHUN 2019

Logtema

×
tutorial dan teknik

TIP MEMILIH TEMA UNTUK BLOGGING TAHUN 2019

Menurut pakar desainer web setelah bertahun tahun meneliti hampir setengah milyar wesite, template terbaik itu adalah: Tema atau template sederhana bahkan website website besar berlomba lomba membuat tampilan tema atau tampilan website yang sederhana dalam segala hal namun memenuhi fitur yang dibutuhkan.
Tema contempo hybrid buatan editblogtema atau edthemes
Ironisnya justeru site site kecil sebaliknya berlomba lomba "mempercantik" tampilan website mereka, kadang kadang dengan fitur fitur yang hanya menjadi "pelengkap penderita" namun tidak terpakai samasekali tanpa sadar website website tersebut "termakan" korban penampilan dan mengorbankan kecepatan loading sebuah web atau sebuah blog.

MENGAPA WEBSITE BESAR PUNYA TREND MENYEDERHANAKAN TEMA?
Tentu saja ada alasannya. Sederhana itu justeru premium, mudah di poles warna dan mudah dimengerti. Website Apple adalah contoh kesuksesan hitam putih sebuah website bertengger di atas pada ranking ke-63 Alexa, mereka tampak simple tapi tetap terlihat premium dan besar! Dan Google yang bertengger pada peringkat nomor 1 cenderung menyederhanakan tampilan web mereka dari waktu ke waktu, walaupun mereka membutuhkan banyak tool untuk membuka fitur fitur namun mereka menyembunyikannya melalui tool utama mereka.

Jadi semuanya tampak sederhana saja.

Salah satu alasan mengapa tampilan web harus sederhana adalah karena harus meraih pangsa pengunjung atau trafik pengunjung; dan adalah cukup mengejutkan sebuah web dengan hiasan dan tool tool berlebihan justeru membingungkan pengunjung karena harus mengklik yang mana terlbih dahulu - justeru lebih sering terkena efek pentalan!

Ingatlah website sobat sedang berhadapan dengan manusia, mereka rata rata sederhana dan telah lama melihat website yang penuh warna warni. Mereka tidak akan memilih sesuatu yang "rumit" terlebih dahulu. Sama halnya dengan kita yang terbiasa mencerna hal hal dan mengutamakan sederhana terlebih dahulu. Dan itu psikologis.

Dan sebagai pelaku yang juga sedang terlibat dalam desain tema satu hal yang  saya fahami: Sampai saat ini template yang paling cepat loading itu adalah template yang sederhana dan memiliki semua fitur yang "hanya" diperlukan! Memiliki fitur yang diperlukan? Ya elemen bersih, link yang tepat, hanya memasang widget yang kita perlukan. Menghindari warna yang mencolok atau terlalu banyak menggunakan warna warni. Ini sesuai dengan kriteria template bersih dan cepat.

Hasil penelitian memang menunjukan tema sederhana justeru walau perlahan lebih cenderung memikat pengunjung.

PILIH TEMPLATE YANG MENGUTAMAKAN DESAIN MOBILE
Artinya sebuah blog atau sebuah website harus memiliki tema yang mobile yang mudah pada saat dibuka melalui ponsel atau jenis jenis layar yang lebih kecil. Google pada awal tahun 2015 telah memberikan warning terakhir: Akan mem"banned" dan mengeliminasi  pengguna yang masih menggunakan tema tema yang tidak responsive dan hanya bisa di lihat dari layar besar seperti desktop atau laptop.

Alasannya karena mengikuti trend zaman: Jika zaman dahulu 100% orang membaca blog dan membuka website melalui laptop atau komputer meja sekarang ini hanya tinggal 20% saja, selebihnya membaca melalui ponsel dan tablet. Artinya 80% orang sekarang mengakses web sobat melalui hape! Sayang sekali jika masih ada yang belum menyadari hal ini. Blognya bisa bisa mati, sepertinya Google tidak perlu "membanned"nya lagi karena cepat atau lambat blog yang menggunakan templaet seperti itu pasti akan ditinggalkan, atau otomatis ke"banned" sendiri lho.

Disini kita tidak sedang membicarakan konten kita sedang membahas hal hal teknis seperti diatas.

TEMPLATE YANG KOMPATIBEL DENGAN BANYAK BROWSER DAN PERANGKAT
Paling tidak dapat di tampilkan dengan sempurna oleh browser browser besar. Dan satu hal template juga harus kompatibel pada saat dibuka dari beberbagai jenis dan model perangkat mobile. Ini bukan sekedar permainan kode CSS pada skin tema, ini adalah kebutuhan akan kesederhanaan.

Beberapa Template "hebat" tampak tidak bisa dibuka seluruh kehebatannya melalui browser yang lebih tua atau sederhana dan sebagian yang lain tampak "cacat" pada saat dibuka melalui perangkat Apple. Saya paling sering menemukan tema tema yang justeru dibuat oleh desainer blogger besar tanah air tidak sempurna pada saat dibuka melalui perangkat Apple. Padahal alangkah bagusnya pengaruh sebuah blog jika terdeteksi telah dibuka melalui perangkat yagn dinyatakan sebagai "high end" device miliknya Apple. Peringkat website akan terangkat dengan baik.

Kita tidak bisa menutup mata mengenai hal ini.
Itulah sebabnya mengapa pembahasan ke tiga ini masih merujuk kepada kesederhanaan. Karena dengan memiliki elemen dasar dan sederhana sebuah desain template hampir dipastikan dapat di "terima" dengan baik oleh segala browser dan oleh segala perangkat.
 PILIH ATAU BUATLAH MENU NAVIGASI YANG PALING UMUM
Tidak disarankan untuk terburu buru menjadi "lain daripada yagn lain" dalam hal yang bersifat teknis, masih menjadi hal yang sederhana. Pilihlah menu navigasi yagn paling umum dan mudah di fahami dan terlebih lagi ringan. Yang penting dipergunakan, ketimbang pada saat masuk homepage orang melihat sesuatu yang berat atau kesan yang berat-Jika target sobat adalah khalayak sobat telah memilih hal yang salah. Tapi jika target sobat hanya kalangan terbatas dan tertentu mungkin hal sperti itu diperlukan menurut tuntutan kebutuhan.

Kebutuhan apa? Apakah bukannya hanya mengikuti keinginan tanpa pedoman dari kita sendiri? Sekali lagi kesederhanaan adalah kuncinya. Jika kebutuhannya adalah untuk pemasaran produk lalu sasarannya siapa? Bukankah sobat sebenarnya ingin pembeli yang sebanyak banyaknya? Apple bahkan menarget kalangan premium, namun menampilkannya dengan cara sesederhana mungkin. Apakah pembeli produk produk Apple pada akhinya dari kalangan orang kaya saja? Tidak juga, mereka bahkan sukses menggiring animo membeli kalangan lemah dengan cara sederhana. Pada akhirnya peran sebuah tema dalam memasarkan produk sehingga sampai kepada calon pembeli tidak dapat diabaikan begitu saja.

SEDERHANA ITU SAJA SUDAH SEO  FRIENDLY
Dalam artian memenuhi semua kriteria sebuah tema: Memenuhi semua standard yagn diperlukan dan memiliki tool seperlunya, cepat dan gegas, maka sederhana itu adalah SEO friendly. Sampai saat ini kecepatan sebuah tema pada saat dibuka melalui perangkat mobile masih menjadi problem yang krusial, tentu saja hal ini terkait dengan desain dasar daripada web itu sendiri yang belum di rombak habis secara global, namun bukan berarti tampilan dekstop lantas bisa bertahan menjadi dominan seperti sepuluh tahun silam.

Ilmu dan trik SEO juga telah berubah dari waktu ke waktu. Sobat sudah membaca artikel kami yang membahas perihal Meta Tag sudah tidak penting lagi bagi mesin pencari? Belum atau sudah tidak dapat memungkiri kekuatan "kesederhanaan" dalam kehidupan termasuk blogging. Karena sederhana itu mudah.

Juga desain prosesor mesin mesin kecil yang masih belum dapat melampui mesin mesin besar pada perangkat mobile juga masih meninggalkan banyak PR bagi para desainer web. Para engineering web masih sedang bekerja untuk sampai kepada zaman yang serba mobile. Pada akhirnya semua itu akan tercapai dalam waktu dekat.

Terkait dengan hal hal sederhana saya lebih cenderung menyarankan sobat memilih template AMP, asalkan tidak memiliki konten berlebihan semua kriteria "sederhana" ada pada jenis template yang satu ini.

Bagikan (share):

2 comments:

  1. emang enak kalo yagn simple...ga mbingungin...dan enak di aksesnya

    ReplyDelete

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan