TAHUN 2019 APA ITU SEO?

TAHUN 2019 APA ITU SEO?

Ketika sobat mulai ngeblog jangan dulu pikirkan hal lain: Mulailah, jangan berfikir SEO adalah segalanya.

blogger jangan mau tergilas
Sobat harus mengerti pada tahun 2019 jaringan web terhubung kepada manusia jauh lebih masif daripada tahun tahun sebelumnya. Sobat juga harus mengerti segala dampak kemajuan membawa perubahan besar besaran. Banyak hal yang dulu di kejar kejar oleh para blogger secara teknis pada akhirnya tidak berguna lagi.
SEO (Search Engine Optimizm) itu hanya mesin bukan kita yang harus menyesuaikan diri dengan mesin, tapi mesin harus selalu upgrade untuk menyesuaikan konfigurasinya dengan manusia. Jika sobat tidak mengerti lupakan saja. Mesin mesin ini dirobah target mereka karena trend psikologis manusia juga berubah. Memang benar perubahan terjadi terkadang karena teknologi, tapi teknologi lahir karena manusia dan untuk manusia.

Lagi pula Google juga  sangat senang jika sobat lebih fokus kepada manusia!

Artinya? Jika sobat adalah pemula bahkan ketika sobat telah menjadi blogger senior kelak, "petuah" fokus kepada manusia, fokus kepada orang adalah hal yang paling mujarab ketimbang sibuk membuang waktu mengutak atik keyword, jika sobat bukan pebisnis hal itu tentunya tidak akan terlalu penting.

Saya bukan pebisnis, tapi saya memiliki usaha dan pekerjaan tetap dan dalam berusaha saya tidak pernah merasa usaha saya gagal. Mengapa? Saya tidak tidak terlalu merasa perlu mengetahuinya. Yang saya tahu sepanjang ada manusia yang terhubung ke bisnis saya maka jalan itu sangat sederhana dan sungguh sederhana.

Caranya? Ya memberikan apa yang mereka minta.

Ketika seorang blogger wanita asal Afrika sangat sukses ngeblog, dengan menggunakan tema sangat sederhana bawaan blogger, dengan tulisan yang kadang tidak mengikuti kaedah bahasa Inggris yang benar, kadang mengutip artikel dari media lain. Ajaibnya blognya terbilang sangat sukses hingga keluar batas negaranya!

Mengapa? Jawabannya karena dia fokus kepada ngeblog, blog berita (sobat tidak perlu meniru dia) karena dia perduli dengan orang, bukan dengan mesin pencari! Pada prinsipnya mesin adalah hal teknis (penting) sedangkan manusia adalah hal yang psikologis (sangat penting).

Awalnya blognya itu tidak di monetisi dan pernah di ban oelh pihak Google lalu di kembalikan lagi karena banyaknya protes dari para pembaca. Hebat bukan? Sekarang pemilik blog dengan alamat lindaikeji.blogspot.com itu telah menjadi milyader berkat blognya tersebut.

Perhatikan baik baik, untuk sukses tidak perlu muluk, Linda Ikeji bukan seorang ahli SEO, tidak ahli koding, tidak pernah sibuk mencari cari keyword short tail dan long tail. Tapi dia telah berada diatas mereka semua. Sobat jangan pernah salah sasaran, ketika seorang pemilik blog toko online sibuk mencari kata kunci, sobat sebaiknya menciptakan kata kata lain untuk meramaikan dunia blogging.

Kalau sobat hanya blogger biasa jangan menghabiskan energi menjadi kompetitor mereka.

SEO TAHUN 2019
Jangan tertipu dengan banyaknya artikel kadaluarsa, banyak hal yang kita baca tentang SEO baik yang berbahasa Inggris atau yang telah berbahasa Indonesia sudah tidak dapat dijadikan panduan lagi. Sejak akhir 2018 algoritma mesin pencari telah berubah segalanya nampak tersembunyi. Mereka yang berada diatas dengan kunci kata adalah mereka yang melakukan bisnis. Sekarang ada Amazon yang memiliki daya jual SEO yang sangat tinggi untuk bisnis. Jadi nilai SERP itu tidak membingungkan: Bisnis memang selalu berada di puncak mesin telusur karena mereka mendatangkan hal yang manis: UANG.

Nah jika sobat hanya sekedar ngeblog lupakan dulu hal tersebut, fokuslah pada konten, dan terutama kepada pembaca. Kadang mereka tidak perduli bagaimana caranya sobat menyenangkan mereka. Dunia blogging dan terutama  terutama internet pada umumnya sudah mulai jenuh berbasa basi. Mereka butuh konten yang bagus, sobat butuh trafik yang tinggi, semuanya ada harganya. Masih banyak Linda Ikeji yang akan beruntung di dunia ini.

Sebagai langkah permulaan sekali lagi:
  1. Fokuslah pada konten yang berkualitas
  2. Jangan abaikan kecepatan loading halaman sebuah blog karena dia sekarang berada di puncak prioritas mesin pencari.
  3. Bagikan postingan tersebut
  4. Ikuti grup grup blogger di setiap media sosial dan bagikan konten di grup grup tersebut.
  5. Mulai berbisnis atau menerima tawaran binsis (afiliasi dsb) via blog hanya ketika sobat benar benar telah siap.
Well, tahun ini akan ditandai oleh perubahan, sobat tidak perlu pusing mengikuti segalanya, karena kadang kapasitas kita tidak akan memadai untuk mengetahui segala hal dan menerapkannya. Waktu sangat berharga, jadi berpijaklah pada keyakinan diri sendiri!

KENALILAH DIRI SENDIRI
Banyak dari kita merasa mengetahui "seluruhnya" perihal diri kita, kemampuan kita, keinginan kita, dan tentu saja batas batas tertentu dari talenta kita. Sobat bisa mengeksplorasi diri dengan belajar, banyak membaca, bergaul dan mencoba coba beberapa hal.

Dan dunia blogging mungkin saja menjadi minat sobat karena melaluinya sobat mungkin akan menemukan "sessuatu" yang cukup berharga.

  1. Penghasilan. Sobat bisa mendapatkan penghasilan dari monetisi blog, afiliasi, dan support usaha sendiri.
  2. Skill. Keahlian menulis naskah dan konten. Keahlian koding sebagai modal menjadi desainer template. Keahlian juga bisa mendatangkan penghasilan dan berbuah manis.
  3. Jati diri. Dari mendaptakan usaha dan keahlian yang mendatangkan penghasilan sobat akan menemukan jati diri, kemapanan hidup dan ketenangan batin.
  4. Komitmen. Saya ingin menjelaskan ini panjang lebar, akan tetapi pikirkan: Tanpa komitmen sobat tidak bisa melanjutkan sebuah usaha.
Jika sobat ingin bersilaturahmi dengan kami melalui chat, mailing dan sosmed silahkan saja, kami sangat bahagia menerima pertemanan!

Beri Komentar ya...

8 Comments

  1. Linda ikeji, blogger faforit saya. Kisahnya menginspirasi sekali. Semoga saja bisa jadi linda ikeji selanjutnya he...he...😁
    Tentunya dengan nama saya sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astria, bahkan jika perlu melebihi dia 😊

      Delete
  2. yups, bagi pemula, bisa nulis rutin itu sudah cukup, kalo langsung terjun ke Seo malah pusing nanti

    ReplyDelete
  3. Tulisan mas Sofyan nih benar-benar dalam dan mengacu perkembangan algoritma mesin telusur dan SEO. Nice mas.. memberi kita motivasi untuk terus menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya memang sedang ambil studi algoritma mesin, bukan untuk karir cuma buat memuaskan rasa ingin tahu hehehe

      Delete
  4. Ini konten bagus dan sangat layak dibaca oleh teman-teman blogger pemula khususnya.. Fokuslah!

    ReplyDelete

请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
Just give us a polite comments with any related topics
Hanya komentar yang sopan dan berhubungan dengan topik