Review Template dari envanto Market

Benar desain template yang yang paling SEO itu adalah yang "ringan" karena ringan itu cepat. Jika desain itu tampak rumit dan pembuatannya melibatkan boostrap, jujur saja saya salut kalau masih bisa ringan dan cepat. Sebagai anggota envanto saya menduplikasi beberapa template blogger buatan pakar yang sudah "mendunia" sebut saja namanya "john doe".
tema gordon

Envanto terkenal dengan material dan elemen cantik dalam membuat tema blogger di atas planet bumi kita ini. Tetapi beberapa hasil pengujian menunjukan sebagian besar template template tersebut bermasalah dengan kecepatan. Untuk hal itu tidak bisa berandai andai: Sebuah kecantikan, keindahan memang selalu harus dibayar mahal.

Padahal kesederhanaan itu terkadang jauh lebih mulia, jauh lebih cepat dan jauh lebih SEO.

Siapa bilang karena template sobat berwarna warni, berkedip kedip lalu pengunjung betah memandanginya siang dan malam? Tempat hiburan di dunia nyata jauh lebih menarik daripada hal tersebut. Blogging adalah suatu hal dengan target yang jauh lebih penting, dan sebuah template seharusnya memberikan support ke arah itu, bisa kecepatan, kenyamanan yang berbasis kesederhanaan.

Template yang sedang saya duplikat adalah tema Gordon yang harganya mungkin berkisar 280K, template ini bisa berganti ganti tampilan hanya dengan menekan tombol Home pada navigasi menunya. Tema ini akan segera berubah tampilan menjadi 3 grid yang berbeda. Grid 1, Grid 2, dan Grid 3. Benar benar keren dan modern.
lulus test
Saya mencobakan semua fitur premiumnya pada salah satu blog dan fiturnya memang mengagumkan. Pada akses mobile baik ponsel maupun iPad, berjalan sangat baik asalkan kecepatan internet memadai. Silahkan sobat menyimak pada link demo dibawah ini:

DEMO

PERSOALAN LATEN: KECEPATAN
Sebagus apapun sebuah tema jika harganya adalah kecepatan yang terpotong oleh beban daripada material dan elemen yang berlebihan, maka tema tersebut hanya merupakan pilihan subjektif setiap orang. Pilihan yang paling logis masih pada kesederhanaan dan kecepatan. Tema Gorgon dibuat sangat mobile, tetapi tidak serta merta cepat. Namun ukuran template ini hanya berkisar 69-70 kb saja, seharusnya dengan ukuran seramping itu tema menjadi cepat.

Tentu saja saya bisa memodifikasinya, tetapi butuh usaha, kebanyakan tema premium tetap mengunci fitur fitur mereka kedalam untaian kode dan link. Mereka bilang "no credit" namun kebanyakan tidak jujur dengan hal tersebut. Mereka beralasan harga sedemikian termasuk untuk memberikan support hingga beberapa bulan pemakaian. Well itu namanya service, tetapi mengapa membeli sesuatu yang dikunci? Baca saja petunjuk file yang disertakan pada folder zip, itu hanya sekedar support.

Menurut saya template ini cantik, gayanya terlihat seperti emporio dan contempo yang telah di custom, modern dan responsive. Tetapi dengan harga 280K template dengan kecepatan rendah adalah "wasting money". Saya telah memeriksa material dan elemennya melaui inspect elemen pada browser, dan mencoba "me-rekontruksikannya" dan hasilnya memang bagus, untuk gaya dan penampilan" tetapi mengecewakan dalam hal kecepatan. Beberapa elemen tampak dibuat dengan bantuan boostrap.

Tetapi begitulah bisnis.


Comments

  1. Saya nyoba di blog. header di navigasi gak kelihatan ya pak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Template yang mana ya...jangan salah donlot, memang ada header yang perlu di setting disesuaikan dengan jenis blogging kita, silahkan beri detail kami akan memberikan jawaban secepatnya

      Delete
    2. Templatevyang lagi bpak pake ini.bukan yang di buat artikel

      Delete
    3. Oh, ini memang saya buat dan masih dalam pengembangan headernya bisa beda pada tiap blog sebenarnya mudah mengatasinya.

      Navigasinya muncul kan?

      Headernya dua bagian terpisah: desktop dan mobile, coba utak atik saja melaui pengaturan semuanya dimuat mudah kok

      Delete
  2. Dilematis sih, kadang pengin template dengan tampilan bagus, tapi yang bagus-bagus kerap suka berat kala diloading.

    Tapi AMP Trial itu bisa mengompromi keduanya, keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kombinasi banyak style, hasil bagadang sampai jam 00.00 he he he

      Delete
  3. Terimakasih mas udah mau kasih saran untuk blog ku,kalau boleh minta share dong template yang simple juga suport amp, di tunggu ya mas emanna.avc.edu sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Mah Muri, melihat site dan konten (termasuk format gambar) sitenya mas kurang cocok memakai AMP, kecuali kalau sudah di optimalkan hingga valid AMP.

      Saya setuju sekali dengan "kesederhanaan" Google memang merujuk kepada blog mobile dan AMP memang sedang mencoba "mempresentasikan" hal tersebut. Akan tetapi fakta menjelaskan dengan terang: sebuah tema yang cepat dan mobile walaupun bukan AMP banyak sekali yang terindex dengan cepat di crawler mesin pencari. Saran saya gunakan tema sederhana, cepat dan mudah di setting. Saya menyarankan untuk mengunjungi tema tema yang telah mendapatkan "golden medal" karena fitur tambahan yang berguna, grapik yang sangat tinggi, dan desain yang sangat apik dan bagus:

      https://btemplates.com/blogger-templates/free-premium/

      Delete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP