INI FAKTA BLOG PERSONAL YANG PERLU SOBAT KETAHUI

JANGAN TERLALU NGOTOT NGEBLOG DEMI ADSENSE

Adsense memang dapat mendatangkan penghasilan, tapi bagi sobat pemula itu tidak terlalu bisa diandalkan. Risiko tersembunyi dari memasang iklan ke dalam blog juga tidak sedikit bahkan terhadap para blogger master juga. Pengaruhnya bukan hanya terhadap blog itu tetapi juga terhadap psikologis sang blogger itu sendiri.

di manfaatkan buat blogging di rumah
Misalnya akan banyak waktu tersita untuk mengoptimalkan tampilan iklan yang pemasukannya tidak seberapa itu sehingga mengorbankan optimasi konten sebagai nyawa dari blog sobat. Dan jika sobat melakukan kesalahan "reputasi kehormatan" dan nama baik blog sobat dijadikan taruhannya walaupun hanya di hadapan mesin pencari, namun dampaknya akan menjadi sangat buruk. Konten kalau menurut saya adalah segalanya. 

Sobat juga harus mengerti teknologi peramban, SEO, dan regulasi internet dapat berubah sewaktu waktu perubahan itu normal karena mengikuti trend. Namun setiap perubahan akan berdampak besar terhadap teknik pengoptimalan iklan. Artinya bisa terjadi dalam satu menit seluruh usaha yang tadinya telah sobat lakukan untuk mengoptimalkan penghasilan dari iklan berubah jadi sia sia. Trafik blog jadi anjlok, Setting harus dikembalikan seperti semula atau diharuskan mengikuti pedoman baru.

Hal ini biasanya selalu terjadi dan berdampak buruk terhadap blog dan website kecil atau personal seperti kita. Dan tidak akan sampai menyakiti website website besar yang halamannya juga selalu tampak dipenuhi iklan. Mengapa?

Apa sobat berpikir kompas itu menayangkan adsense??? Sobat keliru besar. Dulu mungkin ya. Sekarang mereka memiliki penawaran iklan mereka sendiri dan telah berdiri sendiri dan berapa penghasilan mereka? Wow fantastis, karena mereka sendiri yang nego harga, karena para pengiklan membutuhkan mereka. 

Jadi jika sobat berpedoman kepada mereka saya berani berkata sobat salah karena mencoba menjadi kompetitor sesuatu yang samasekali berbeda dengan blog sobat! Mereka memiliki pengunjung organik yang biasanya sangat setia, jumlahnya mencapai ratusan juta orang dari seluruh dunia. Sedangkan pengunjung sobat jika hanya 3 ribuan perhari (artinya yang organik paling seperempatnya atau 960 orang saja). Bagaimana sobat bisa mendapatkan posisi tawar dengan modal sekecil itu?

Jika blog sobat butuh kecepatan loading, simplicity dan kemudahan akses sebaliknya mereka tidak terlalu membutuhkan itu. Pokoknya mereka beda, mereka memiliki hosting yang besar dan kuat, server milik mereka sendiri. Masih ingin membandingkan?

Mereka telah memiliki transaksi bisnis yang mengikat, apakah blog sobat punya? Dan artinya apa? Jika blog sobat tertutup iklan orang tidak akan memilik beban apa apa untuk segera kabur. Blog apa itu menawarkan begitu banyak spam? Pikir mereka.

Tapi Jika sekalipun misalnya website mereka sulit di akses, orang tetap mengetuk pintu mereka keras keras dan memohon agar dipermudah akses masuk ke konten. Paling mereka hanya mencaci maki melalui kolom komentar tapi tidak akan bisa begitu saja meninggalkan website besar tersebut karena nilai atau value daripada bisnis itu memang nyata.

Jadi maintain blog sobat  kecil kita dengan baik jika sobat ingin melihat blog itu kelak menjadi blog yang besar dan kuat, batasi iklan yang sobat tayangkan. Jangan melakukan pekerjaan yang sia sia setelah menghabiskan banyak waktu...

ZAMAN TELAH BERUBAH: BLOGGING DALAM KONDISI APAPUN BISA.

Dulu blogging hanya bisa melalui PC dan Lapop, sekarang terindikasi blogging dilakukan lebih separohnya melalui perangkat mobile seperti hape dan tablet, dan blogging model atau cara ini terbukti mampu mendominasi dunia blogging. Dan zaman terus berubah...

Punya usaha sendiri? Mungkin dengan blogging sobat lebih bisa mengekspresikan bentuk usaha sobat tersebut menjadi lebih dalam dan  menjadi lebih "sophisticated" atau mutakhir dan canggih. Sobat pastinya punya hape bukan?

Jangan hanya share di medsos dong, kadang target sobat juga nyasar kepada orang tidak minat. Ya apa boleh buat sih memang begitu keadaannya dan itu juga risiko kalau share di medsos. Kalau di medsos sobat bisa saja memanfaatkan page (facebook) buat promo produk yang sobat buat. Tapi, kalau sobat punya web dan berpotensi menjadi website atau blog besar mengapa tidak?

Sobat jadi lebih leluasa berekspresi. Kadang sebuah karya tidak semata mata soal bisnis, tapi juga seni. Tidak ada salahnya membelanjakan uang membeli hape yang sedikit lebih baik untuk tujuan menunjang pekerjaan. Di sela sela waktu istirihat sobat bisa menulis draft suatu konten produk yang sedang sobat tekuni dan mempublishnya setelah diyakini siap untuk di publikasikan. Itu akan menjadi mudah setelah sobat melakukannya sebanyak 3X sama mudahnya pada saat sobat membuat produk produk yang sobat jual itu. Disinilah Blogging at Home sangat berperan!

Jika sobat tidak keberatan lanjutkan saja membaca artikel yang 100% tidak saya tulis melalui PC dan laptop ini. Tetapi melalui perangkat mobile Android dan tidak saya submit ke webmaster, tetapi tentu saja ke jejaring sosial, biarlah berjalan alami. Saya tidak perduli artikel ini mau berada pada peringkat berapa, karena itu juga tidak akan terlalu bermanfaat lagi terhadap konten. Itu sudah tidak penting lagi di tahun 2019 ini.

Sobat tahu saya tidak lagi terlalu perduli dengan SEO. Yang saya fokus hanya konten, bukan iklan. Jika ingin menguji blog ini silahkan saja.


TIDAK SULIT, PIKIRKAN HASILNYA.

Pikirkan kembali: Amazone memulai usahanya dari garasi depan rumah! Mereka bekerja dan berpromosi melalui website. Jack ma juga pernah menceritakan hal yang hampir sama. Saya tidak perlu menceritakannya kembali. Zaman sekarang siapa yang memiliki website, maka usahanya akan mengusai dunia. Tanya mbah Google kalau tidak percaya.

Tidak ada lagi orang yang mau bersusah payah bersilaturahmi pada zaman sekarang. Jangan menyalahkan hal itu. Zaman adalah zaman, dan mereka memiliki mesin waktu mereka, itu tidak pernah berjalan mundur atau berjalan ditempat. zaman datang bersama perubahan. Kita yang harus menyesuaikan diri. Belum ada orang yang kuat menentang zaman. Cobalah serukan kepada dunia agar kembali ke zaman batu, agar kembali jalan kaki ke tanah suci selama berbulan bulan. Agar tidak lagi menggunakan lampu penerangan listrik. Agar membuang hape dan telepon genggam ke laut.

Dan semua implikasi itu turut serta merubah sendi sendi kehidupan manusia, bahkan menusuk hingga ke jantung tatanilai dan moral.

Mau tidak mereka? Kalau mereka tidak mau dan sobat mau, maka sobat hanya sendirian dan kesepian di atas permukaan planet ini. Sobat menjadi orang yang aneh. Tidak ada bisnis lagi utuk sobat. Sobat tidak pernah ada pada zaman ini. Karena orang cenderung mencari informasi melalui internet, maka itu sobat share produk melalui medsos, bukan?

Capek deh kalau informasinya dilakukan dari mulut ke mulut. Saat mereka mendengarkan dari telinga kanan dan keluar dari telinga kiri, mereka melihat ke layar hape dan melihat banyak sekali produk serupa di halaman web. Haganya murah murah dan bisa di banding banding lagi. Jadi bisnis adalah bisnis, tidak ada silaturahim konvensional lagi.

Intinya, manfaatkan informasi melalui halaman web tersebut, cek produk, pelajari kualitas dan harga yang telah ditetapkan oleh kompetitor, lalu posting produk sobat dan tunjukan kelebihannya. Saya tidak akan datang kalau sobat ngomong punya produk bagus ditempat jauh, lebih baik saya memeriksanya dari halaman web dan menganalisa serta membandingkan produk produk yang sama dari rumah. Saya serius! Dan percayalah, saya bukan satu satunya orang diatas permukaan planet bumi ini yang memiliki pemikiran seperti itu di zaman sekarang.

Jadi kembali ke topik ngeblog di rumah, itu sangat normal apabila sobat lakukan. Mungkin bagi sebagian orang ngeblog dengan cara ini bisa jadi lebih fokus kepada target blogging apalgi jika hal tersebut sudah jelas mendatangkan penghasilan. Saya juga tidak akan ngeblog kalau tidak ada hasilnya.

BLOGGING AT HOME ALIAS DI RUMAH

Saya bukan orang yang betah duduk di rumah, kecuali tidur tentunya. Biasanya kalau ngeblog saya duduk di kafe atau dimana saja tempat yang menyenangkan dan menyediakan kopi dan makanan dan bisa dijadikan tempat untuk merokok.
Di luar itu (Makan, tidur dan ngeblog) sebenarnya 60% hidup saya adalah ditempat pekerjaan he he he.

Nah, pada hari setelah bangun pagi, mandi, dan bersih bersih tempat tidur dan menyapu lantai, saya mengambil tablet samsung tab s2 dari laci meja mendudukannya lalu mempairing keyboard bluetooth logitech. Setelah memanaskan minuman dari dalam kulkas saya duduk dan mulai menulis ini. Intinya blogging di rumah mungkin lebih cocok buat kau hawa akan tetapi juga terkadang cukup manis dilakukan oleh kaum pria.

Kelebihan ngeblog di rumah:
  1. Jika sobat bekeluarga sobat dapat mengatur waktu kebersamaan dengan keluarga. Dan bisa membantu pekerjaan di rumah membantu isteri mengangkat cucian misalnya. Katakan saja kepadanya bahwa sobat sambil ngeblog he he he...
  2. Lebih ekonomis. Tidak perlu beli kopi dan makanan. Bisa bikin sendiri soalnya.
  3. Tidak ada gangguan pengemis, pengamen atau anak anak kecil yang suka ingin tahu.
  4. Jika tablet, hape atau kalau masih ngeblog pakai laptop colokan power listrik untuk charger tersedia dan ready to use.
  5. Tempat ibadah seperti solat, toilet dan minuman air putih dekat dalam jangkauan.
  6. Lebih privat
  7. Kalau tiba waktu istirihat dan mengantuk bisa tidur (Jangan tidur pada waktu bukan jam tidur)
Sebenarnya sih menurut saya itu saja kelebihannya. Karena saya kan tidak konsen kepada hal lainnya. Yang sulit itu menurut saya adalah kalau ngeblog dalam mobil, bagaimana hayo. Apa mesin mobil dihidupkan terus? Mana tempat duduknya tidak ergonomic lagi. Akan tetapi hal itu tentu saja mudah dilakukan jika sobat ngeblognya via hape. Parkir di tempat aman duduk depan setir dan mulailah mengetik kalimat demi kalimat ke dalam dasbor postingan blogger. Sambil duduk sambil berkarya.



Comments

  1. How to add open graph and meta tags to this themes.
    @Jermy

    ReplyDelete
  2. saya pun kalo blogging pake hape, memanh ngeblog zaman sekarang itu sangat mudah, jadi Blogger itu mudah, yg penting ada kemauan aja

    ReplyDelete
  3. Menjadi bahan pemikiran untuk saya tentang seberapa besar minat saya untuk mengoptimalkan blog sebagai sumber uang. Sejauh ini, masih mikir-mikir sih.

    ReplyDelete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP