Ingin template premium hasil editan sendiri? ikuti trik mudah ini!

Ingin template premium hasil editan sendiri? ikuti trik mudah ini!

Pertama jika sobat adalah pemula dan belum menggunakan template pihak ketiga alias memakai tema buatan orang lain baik yang berbeli maupun gratis. Atau dengan kata lain sobat masih menggunakan tema bawaan blogger, saya tegaskan sobat telah melakukan hal yang benar!
di lihat pada semua ukuran layar
Contoh tema emporio di akses pada semua ukuran layar
KALAU BISA JANGAN PAKAI TEMPLATE GRATIS BUATAN PIHAK KETIGA

Mengapa? Baik akan saya berikan beberapa alasan dan karena saya juga membuat template blogger, saya harap alasan saya tidak semata mata omong kosong:
  1. Template bawaan itu dibuat menurut kaidah yang benar, standard teruji, keamanan yang terjamin. Sedangkan jika sobat memakai template dari pihak ketiga alias berbeli apalagi yang gratis tidak semua benar benar aman, mereka juga terkadang menitip link tersembunyi atau paling tidak kredit footer dan hanya orang yang mengerti koding dapat mendeteksinya. 
  2. Template bawaan pasti akan di support oleh Google updatenya jika hal itu memang perlu, sedangkan template dari pihak ketiga baik yang berbeli dan apalagi yang gratisan support updatenya harus datang dari pembuatnya. Sedangkan yang gratisan? Sobat jawab sendiri itu.
  3. Dengan menggunakan template bawaan sobat akan memiliki pengatahuan cara menggunakan tool blogger desainer, menambah gagdet dan widget bawaan dengan benar. Hal ini adalah modal sobat untuk belajar mendesain template dari me-redesain template bawaan Blogger tersebut. Sedangkan tema dari pihak ketiga biasanya strukturnya teralu jauh berbeda.
  4. Tema dari pihak ketiga terkadang menggunakan "jembatan" link pihak ketiga lain untuk mengoptimalkan gagdet kustomisasi mereka. Contoh terburuk adalah, ketika banyak desainer template menggunakan jasa rawgit untuk memperkaya tampilan blog dan ketika tema tema tersebut telah banyak yang membeli, tiba tiba rawgit runtuh! Beberapa gagdet dan widget widget blogger akan terkena dampaknya, yang paling buruk adalah tidak berfungsi lagi.
  5. Menggunakan template gratisan buatan pihak ketiga, blog sobat terlihat "ugly" alias bodoh. Ketika sobat mencoba menghapus kredit footernya, pembuatnya tidak mau terima dengan meninggalkan pesan: "tolong hargai jerih payah orang lain"  yah itu memang hak mereka. Dan jika sobat dapat menyembunyikan kredit footernya tetap saja akan bisa dideteksi. Banyak pihak yang mengerti koding tetap dapat melihat bahwa sobat menggunakan tema gratisan melalui inspeksi elemen browser.
  6. Sedangkan jika sobat membeli tema sobat harus mengeluarkan uang, dan belum tentu juga tema premium hebat tersebut akhirnya cocok buat semua kebutuhan blogging sobat.
  7. Masih banyak lagi alasan lainnya apalagi pada tahun 2019 ini.
Nah Alasan tersebut diatas membuat saya berusaha membuat template sendiri sejak dari awal ngeblog. Banyak juga sudah dipakai oleh teman teman blogger dan mereka modifikasinya menjadi lebih hebat sampai saya sendiri hampir pangling tidak mengenalinya.

Saya senang karena akhirnya mereka mengerti. Saya membuat tema tema tersebut bukan karena uang.
Sobat juga bisa dengan selalu menggunakan tema bawaan blogger dan tidak mencari tahu cara memodifikasinya. Sebaiknya sobat membuat satu lagi blog untuk digunakan sebagai laboratoriom percobaan membuat atau mendesain ulang template ini.

JENIS JENIS TEMA BAWAAN BLOGGER

yang klasik hanya cocok buat layar besar sperti PC dan desktop, itu template tua yang masih ada tersedia di dasbor blogger dan dapat  pergunakan. Ada opsi mobile alias tampilannya akan beda jika blog sobat di buka melalui hape tapi...tampilannya tua banget, jadul dan tampak sudah kuno.

Lupakan pilihan itu karena zaman sekarang sobat dituntut untuk membuat halaman blog yang responsive dan mobile friendly. Jika tidak blog sobat akan di banned dan di abaikan oleh mesin pencari. Barabe bukan?

jadi saya sarankan sobat menggunakan 4 jenis tema blogger terbaru saja yakni:
  1. Contempo, 
  2. Emporio
  3. Soho
  4. Terkemuka
Masing masing tema memiliki 5 varian warna yang berbeda. kalau nanti sobat sudah mengerti megnutak atik CSS dalam Template blog, sobat akan melihat betapa besar peranan CSS dalam tema tema terbaru ini dan setiap varian memiliki struktur yang berbeda.

Saya sarankan sobat menggunakan Contempo, karena diblog editblogtema sangat banyak artikel yang menyinggung cara mengedit contempo. 

Tetapi jika sobat ingin tampilan blog pada laptop tampak klasik pakai saja emporio. Jika sobat ingin emprorio terlihat beda sobat tinggal masuk ke pengaturan blogger>theme>Sesuaikan>: Maka sobat sampai ke menu Desainer Tema Blogger dimana sobat bisa bereksprimen mengganti warna, jenis font dsb.
dalam opsi tema blogger desainer
Sobat akan mengerti dan jangan takut salah, karena setiap kali salah sobat bisa mengulanginya dari awal lagi, itulah kelebihan memakai tema bawaan atau template default blogger. Kalau salah kita masuk dan pilih kembali tema yang sama dan kita ulangi lagi eksprimen kita. Tips ini tidak akan saya berikan kepada sobat jika saya belum pernah mencobanya. Apakah itu buruk? Tidak juga jika kesalahan cepat diperbaiki.

MENGHILANGKAN POWERED BY BLOGGER UNTUK TEMPLATE EMPORIO

Cara  menyembunyikannya atau "mengenyahkannya" dari tampilan kredit footer Tema bawaan yang telah kita edit adalah:

  • Masuk kepengaturan blogger
  • Pilih Tema
  • Pilih "sesuaikan"
Selanjutnya kita akan dibawa ke DESAINER TEMA BLOGGER, scroll ke atas pilihan menunya, pilih "lanjutan"
Lalu akan muncul list menu scroll keatas sampai tampil "Tambahkan CSS" dan klik "Tambahkan CSS" tersebut. 
Setelah "Tambahkan CSS" di klik akan muncul kotak halaman CSS seperti gambar dibawah ini:
Nah pada kota dialog tersebut tuliskan atau kopi kode perintah dibawah ini dan pastekan:

div.blogger {
display: none;
}

Silahkan di copy saja lalu dipastekan ke dalam kotak dialog CSS seperti yang kami tunjukan pada gambar.

SAVE tema Emporio. Dan Lihat DEMO

TUNGGU DULU INI MOTIVASI PENUTUP DARI SAYA:

Sobat belum puas dan ingin membuat menu navigasi buat emporio? Gampang! kami ahlinya. Sobat bisa memanfaatkan elemen gagdet "laman" dan menambahkan link berdasarkan label postingan blog. Akan tetapi jika sobat ingin lebih misalnya menambahkan menu navigasi tambahan silahkan request saja melalui kotak komentar dibawah ini, kami selalu bersedia membantu kebutuhan sobat.

Yang merasa premium itu orang lain jadi percaya dirilah! Dan ini baru langkah awal, besok atau lusa sobat akan membuat tema sendiri yang terlihat sangat premium dengan mudah tanpa sobat sadari dan akan sesuai pula dengan kebutuhan kegiatan blogging sobat.

Misalnya berkat CSS editblogtema bisa merobah robah tampilan template bawaan blogger terbaru mirip dengan tema yang di inginkan baik itu meniru niru gaya tema berbeli dari pembuat pembuat tema ternama dunia maupun template template buatan lokal. CSS pada template blogger terbaru itu ajaib, bro, seolah di desain untuk menjadikannya mudah dibentuk dan menurut selera penggunanya. Jadi....Ayo mulai dari sekarang!

Beri Komentar ya...

5 Comments

  1. Terimakasih mas sarannya,untuk menghilangkan button share di mana caranya ya mas..saya hanya ingin menampilkan button share yang ada di halaman posting di akhir artikel saja.dan nenghilangkan backgroun yang ada di atas judul pada halaman postingan.untuk tema emporio

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk kepengaturan, pilih tataletak, pilih postingan utama, tekan tombol edit dibawahnya. Didalam post tersebut cari opsi "share" atau berbagi dan hilangkan centangnya. Save tema.

      Untuk menghilangkan background contempo sudah saya tulis tutorialnya di blog ini.

      Terimakasih telah berkunjung.

      Delete
    2. Maaf mazz.maksudnya untuk bacground postingan pada template emperio..dan button share nya hanya untuk postingan artikel saja

      Delete
    3. Ok berikan detailnya..rasanya baik cara menghilangkan tombol bawaan contempo hingga menggantinya dengan tombol share baru sudah saya tulis. Terus mengganti background contempo dengan css juga sudah saya tulis.

      Namun jika bukan itu yang dimaksud tuliskan saja detailnya. Akan kami berikan solusinya secepatnya.

      Delete
    4. Selain contempo.mungkin agan mau sedikit ngerobah temolate emporio,,dari menghapus semua button share sosial media dan sisakan button tersebut yang terletak di atas artikel aatau di sebelah judul postingan tepatnya. Dan mengubah jarak antara judul dan thumbail gambarpada halaman utama blog.dan satu lagi ,hilangkan bilah header,dan ubah agar di halaman artikel postingan sama seperti halaman utama postingan.hehe mungkin penjelasannya agak rumit kalau dari bahasa saya.ya istilahnya mungkin agak ke request nih. Trimakasih

      Delete

请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
Just give us a polite comments with any related topics
Hanya komentar yang sopan dan berhubungan dengan topik