CATATAN SINGKAT PERIHAL SEO DAN FAKTANYA

SEO terbaik itu adalah konten yang berkualitasTerkadang membaca dan mendengar SEO dari artikel di internet begitu memprovokasi para blogger. Dengan SEO yang benar kita seolah digiring untuk percaya kepada hal hal berikut:
  1. Trafik pengunjung yang tiba tiba menjadi tinggi
  2. Peluang penghasilan yang tiba tiba sangat menjanjikan hidup makmur dari blogging.
  3. Menjadi blogger yang sukses.
Tiba tiba saja baru beberapa bulan kita seolah telah menjadi ahli strategi SEO blogging yang handal, dan terus menggali "ilmu strategi SEO" tetapi kenyataannya tidak sesederhana atau bahkan tidak serumit yang sobat pikirkan. Kebanyakan orang ketika antusias terhadap SEO malah termakan kisah isu hoax bin mitos.

SEONYA LINDA IKEJI 

Saya jadi teringat blognya Linda Ikeji yang sangat sukses, awal masa kepopulerannya blognya bahkan begitu jadul, menggunakan tema bawaan blogger yang jauh dari kata responsive, dia hanya membuat konten, dan begitu rajin menulis dan update blognya, sehingga terkadang dia banyak mencopy-paste artikel orang lain. Sampai akhirnya blognya di gantung oleh Google.

Tapi apa lacur? Konten konten Linda Ikeji rupanya sangat populer dan dinantikan oleh pembaca. Begitu populernya blog tersebut, sehingga ribuan pembacanya mengirim surat protes kepada Google karena penutupan tersebut. Google mengalah dan "membimbing" Linda Ikeji untuk menulis dengan benar, menyarankan kepada Linda Ikeji agar memonetesi blognya agar mendapatkan penghasilan. Sampai akhirnya blog tersebut mampu membayar penulis dan pemburu berita.

Apakah pada waktu itu Linda Ikeji mengerti ilmu SEO? Tidak! Dia hanya ingin ngeblog dan membuat konten dia perduli urusan itu. Berangkat dari hobi dan kesungguhannya ngeblog dia mampu membuat para blogger ahli SEO melongo dipinggir jalan dan tidak berdaya menyamainya.

Mengapa prempuan Afrika itu begitu sukses blogging? Karena dia konsisten!

Saya tidak akan mengatakan bahwa strategi SEO itu tidak penting, saya hanya ingin menekankan, SEO itu lebih kepada bisnis oriented, apabila sobat baru mulai ngeblog urus blog dan konten kontennya terlebih dahulu, jangan percaya janji SEO karena hal tersebut tidak akan ada gunanya.

Dan faktanya lagi SEO tidak terlalu penting untuk di raba raba kalau sobat rajin menulis dan membuat konten yang bagus. SEO tidak penting kalau sobat memang niatnya ngeblog dengan cara alami tanpa nafsu ingin mendapatkan keuntungan dari blogging memakai cara cara tidak benar. SEO tidak penting jika sobat menikmati dunia blogging dan memang menyukai kegiatan ngeblog.

Kecuali jika blog sobat sudah mempunya kandungan bisnis dan telah ngeblog selama bertahun, blog sudah memiliki trafik tinggi, dan sobat ingin meningkatkan penghasilan. Namun faktanya semua itu hanyalah faktor pendukung yang sangat rapuh.

Ketika saya mengatakan ini di sebuah forum luar beberapa bule menyerang saya: SEO tidak penting? Pikiran bodoh! Dan saya pergi menyelidiki situs mereka, adakah mereka menerapkan strategi SEO seperti yang mereka gembar gemborkan? Tidak samasekali.

Mengapa?
  • Karena SEO strateginya terus berubah rubah sepanjang waktu. Hari ini sobat mendapatkan tips dan trik dari sebuah artikel, besok bisa saja dimentahkan oleh algoritma Google yang berubah.
  • Karena kalau sobat melakukan trik kecurangan, sobat akan terkena risiko di ban, reputasi blog sobat bahkan nama baik sobat jadi tercemar. Itu bukan SEO samasekali. Itu kecurangan yang bodoh dan konyol.
  • karena SEO itu mesin tapi bukan ilmu pasti dan sistemnya tidak akan pernah merugikan kita jika kita ngeblog dengan benar.
Tahun 2019 adalah tahun perubahan, dan tentunya akan terus berubah lagi. Coba teliti beberapa artikel lama perihal SEO di internet, kalau sobat teliti tulisan tulisan itu kini menjadi sangat konyol dan ceroboh kalau diterapkan pada tahun ini. Memang beberapa strategi dasar masih berlaku namun itupun tidak perlu sobat "amalkan" karena dengan ngeblog cara normal saja sobat sebenarnya telah melaksanakan "SEO" dengan sangat baik.

Perihal perihal dibawah ini adalah contoh yang dulunya "sesuatu" banget tapi kini sudah tidak penting lagi:
  1. Metatag, walaupun pada beberapa situs pengujian jika blog sobat tidak memiliki beberapa jenis metatag dinyatakan sebagai merah atau bahkan disarankan untuk memperbaiki, ternyata hal itu tidak ada pointnya lagi samasekali.
  2. Ranking Google, juga sudah tidak penting lagi beberapa situs penguji bahkan dengan tegas menambahkan item Google Pagerank sebagai "Not important anymore"
  3. Jika artikel berada nomor satu pada mesin telusur, nilainya kini juga sudah tidak sepenting dulu lagi. Karena marak dan kuatnya platform medsos seperti Facebook. Ketika sebuah artikel berada pada urutan rakning nomor satu pencarian, siapa yang perduli? Tetapi ketika sebuah artikel menjadi topik trending pada sebuah medsos dan iklan sisipan mendapat tempat yang tepat didalamnya, itu jauh lebih efektip dan lebih bersifat menjual untuk menjual produk kepada target yang lebih terarah. 
  4. Dan masih banyak lagi.
FOKUS KEPADA MANUSIA DAN KONTEN

Hanya manusia yang berharga dan mereka tidak bisa dibeli dengan strategi apapun. Jika dari awal sobat ngeblog demi manusia sobat sudah sukses  dan penghasilan atau segala yang sobat impikan akan segera menyusul. Fokuslah pada konten yang bermutu. Buatlah artikel yang baik dan dibutuhkan oleh mereka berdasarkan minat sobat sendiri. Sobat akan menemukan "keluarga" yang sama minatnya dengan sobat dan membutuhkan bantuan sobat.

Terkadang kita berfikir bahwa apa yang kita minati juga diminati oleh orang lain. Sobat benar! Mereka menunggu sobat untuk menjelaskannya dengan cara yang mudah dimengerti dan dicerna. Yang tidak berminat tentu saja boleh pergi selamanya dari site yang sobat kelola, karena hal itu tidak akan membuat mereka berbahagia, dan akan menjadi beban bagi website sobat.

Fokus bisnis dengan cara alami, bukan dengan cara mesin (SEO) tidak akan membuat website kolaps, bahkan menurut pakar website jenis ini akan menemukan tempat yang istimewa nantinya.

USAHAKAN BLOG MEMILIKI NICHE

Walaupun blog gado gado juga memiliki peluang yang kuat untuk sukses, tetapi fokus sobat cenderung terbagi bagi oleh konten yang berbeda beda pada saat membuatnya. Blog gado gado itu seharusnya mirip pasar swalayan kalau di kelola dengan baik tentu lebih beragam dan lebih banyak pengunjungnya.

Akan tetapi jika blog sobat memiliki niche hal itu akan menjadi jauh lebih sederhana. Sobat bisa fokus pada satu bidang, satu hal yang sangat sobat kuasai. Saya membaca blog blog seperti perihal pendidikan kok cepat sekali matinya. Bloggernya terlihat putus asa. Padahal blog seperti itu sangat penting.

Saya juga merujuk ke blog seseorang yang terhubung melalui Google Plus yakni blognya Bang Day yang menulis artikel artikel seputaran Cuaca secara konsisten. Itu bagus sekali. Jenis blog seperti ini amat berpotensi memperkaya khazanah ilmu pengatahuan di dunia blogger. Saya berharap blog seperti ini tidak mati karena  langkanya.


Comments

  1. Ulasan yang sangat menarik, si Kenji itu ya, aduh dia kan populer awalanya bukan karena ngeblog tapi karena menjadi model.
    Bicara SEO, kadang rumit juga. Karna sekarang google lebih mengutamakan siapa yang bayar. Dengan sering iklan di google akan lebih sering muncul bahkan bisa diatas pula.
    Kalau yang gratisan, menunggu kebaikan google saja.
    Menulis dan menulis, saya rasa itu lebih penting. Saya setuju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa...bisnis oriented! semakin sering iklan di google semakin tinggi peringkat blognya. contoh tirto.id dia jelas menggunakan google ads word untuk menaikan rating dan peringkatnya, padahal kontennya itu ke itu saja bisa saya jadikan bahan ulasan baru ini. Ijin ya...dan terimakasih telah memberikan inspirasi walau mungkin gak sengaja he he he

      Delete
  2. Pprriitttt,,,pelanggaran!!! Rokoknya magnum koreknya class mild :v

    ReplyDelete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP