CARA MEMODIFIKASI BORDER DASH TEMPLATE CONTEMPO

Jangan remehkan peranan border-dash pada desain tema, itu bukan hanya sekedar garis pembatas. Akan tetapi jika sobat sedikit saja kreatif, border dash yang nampak biasa biasa itu mampu membuat sebuah desain menjadi sangat menarik perhatian! Perhatikan gambar delapan bentuk dan jenis border dash yang dapat kita modifikasi dibawah ini
tampak delapan  jenis jenis border dash yang dapat kita modifikasi
Jika dibanding dengan jenis template klasik yang lebih lama, susunan CSS pada tema blogger contempo itu sedikit berbeda, dan hal itu tergantung kepada kebutuhan desain sebuah tema web atau blog.

Gambar diatas adalah jenis border dash yang bisa kita modifikasi: ketebalan, warna dan lengkungannya pada tema contempo. Sedangkan pada contempo Hybrid versi gradient yang sedang di pakai oleh editblogtema, kami menggunakan border dash "double" untuk menghiasi bagian atas kolom komentar.

Baiklah kita mulai: Masuk saja ke pengaturan blogspot atau blogger sobat >> Pilih Tema >> pilih edit HTML lalu cari saja kode CSS untuk komentar di bawah ini:


#comments {
  border-top: 25px double rgb(100, 149, 237);
  margin-top: 20px;
  padding: 20px;
border-radius: 50px;
}

Perhatikan kode kode yang sebaiknya sobat modifikasi:

  1. Kode yang disorot merah: border-top: 25px bisa ganti angkanya misalnya menjadi 50px atau lebih kecil dari 25px maka border dash akan menjadi tebal
  2. Kode yang disorot warna kuning: double bisa saja sobat ganti dengan style border seperti: groove, solid, dotted, dashed dst.
  3. Kode yang disorot warna hijau adalah Kode warna rgb(100, 149, 237) yang berarti biru langit, bisa saja sobat ganti dengan kode warna lain baik berupa kode warna HEX maupun dengan menuliskan: solid(nama warna) atau kode warna RGB.
  4. Kode yang saya sorot biru border-radius: 50px; adalah kode tambahan untuk membentuk lengkungan, semakin besar nilainya semakin bulat lengkungannya, misal sobat bisa mengganti 50px menjadi 180px untuk membentuk lingkaran sempurna.

border das melengkung menghiasi bagian atas form komentar editblogtema.net
Jadi kesimpulannya pada border dash baku yang disediakan oleh bawaan template blogger kita dapat melakukan hal hal di bawah ini:

  • Ketebalan, kita dapat merobah tebalnya garis border dash
  • Warna, kita dapat merobah warna border dash
  • Lengkungan atau lekukan, kita dapat membentuk border dash menjadi melengkung atau bahkan pada postingan berikutnya kami akan menjelaskan cara membentuk border dash untuk menjadi bingkai postingan atau konten blog.
Itu saja dulu, semoga bermanfaat!



Comments

  1. Tampilan blog jadi makin cantik ya... eh tergantung kecocokan juga sih, ada yang seneng garis tipis-tipis, putus-putus, atau malah tebel-tebel. Tapi dengan tips ini template blog jadi punya ciri khas. Terima kasih tipsnya Mas Sofyan.

    ReplyDelete

Post a Comment

请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
Just give us a polite comments with any related topics
Hanya komentar yang sopan dan berhubungan dengan topik

My photo
sofyan Ya-an
Batam, Kepri, Indonesia
Suka menulis. Peminat sains, matimatika, koding walaupun bukan pelaku aktif. Saya adalah pribadi yang introvert dan soliter - seorang penyendiri.