BLOGGING WITH LOVE

every day blogging, no ads, no business at all
Hari hari blogging saya bukan tanpa masalah. Pekerjaan rutin, kejenuhan, kesehatan hingga problem teknis seputar pekerjaan dan juga blogging ini. Tapi apa boleh buat, saya sudah terikat dengan ngeblog sejak tahun lalu dan mencoba banyak hal terkait "teknik teknik" blogging yang akhirnya saya sadar: Smua itu hanya membuang buang waktu.

AFTER THE TIME BEING, WE JUST NEED LOVE AND ATTENTION.

Akhirnya saya sadar, dan mulai tidak perduli dengan keyword, SEO dan meta tag selain hal hal sederhana yang mendasar buat keperluan blogging. Karena saya pikir semua itu lebih ke urusan orang bisnis sedangkan saya tidak. Saya punya bisnis saya sendiri, dan blogging adalah hal lain karena pada saat saya mencoba mencari cari keyword yang tepat untuk konten yang akan saya "promosikan" (padahal hanya saya bagikan) saya melihat keyword   itu dan teman saya memanfaatkannya buat bisnis online. Dia sukses sedangkan saya tidak tertarik dengan hal itu.

Jadi saya lanjutkan menulis dan hari hari saya terasa menyenangkan setelah pulang bekerja dan saat duduk minum kopi di kafe saya keluarkan tablet dan keyboard bluetooth mulai mengetik setiap kata adalah cinta, setiap kode adalah rahasia hati dan pikiran, setiap desain adalah karya tanpa pamrih.

Saya mungkin terlihat bodoh tapi saya bahagia. Saya tidak memerlukan hal lain. Saya melihat orang menikmati karya saya, beberapa lukisan dan desain sederhana, senang karena mereka senang. Saya hanya ingin melakukan yang terbaik. Saya tidak merasa takut apa apa lagi, tidak terikat adsense berarti saya tidak perlu mengikuti aturan bisnis apa apa. Saya hanya perlu mengikuti etika dan norma kehidupan biasa yang tentu saja setiap orang telah terbiasa terhadap moral seperti itu.

LET FREEDOM FIRST

Ikatan bisa datang berupa nafsu liar ingin mendapatkan uang. Tidak munafik, saya juga membangun bisnis dan jaringan tapi itu profesional dan benar benar hanya tertuju kepada mereka yang memang membutuhkan jasa saya, tidak akan sobat lihat pada blog yang satu ini. itulah yang saya ekspresikan sekarang. Saya tidak mungkin menawarkan sesuatu kepada orang yang tidak akan membeli barang yang saya tawarkan, tidak mungkin saya jualan produk Apple di blog ini, karena saya tidak ingin blog ini menjual barang tersebut. Ini adalah blog personal. Dan lagipula saya bukan tipe orang yang suka memiliki sesuatu barang atau hal yang tidak saya butuhkan.

Well, saya memperhatikan perkembangan blog ini sekedarnya: Setelah  5 bulan berjalan berada di ranking 1,8 juta Alexa. Dihargai 11 jutaan, memilki trafik yang terus tumbuh. Dalam perjalanan 5 bulan tersebut blog ini juga mengalami pasang surut: Di gantung dari Adsense lalu dikembalikan lagi, lalu dengan sukarela meninggalkan iklan untuk selamannya, bukan hanya iklan dari Google tapi iklan pihak ketiga yang membayar jauh lebih mahal. Saya sadar konten saya juga tidak sepadan dari apa yang saya dapatkan dari mereka. Hidup adalah perasaan nyaman.

Dalam 5 bulan saya telah belajar banyak dalam mengelola blog pribadi, saya menganggap itu belum apa apa.

WONDERING FROM ROM TO ROOM

"Berkelana" dari blog ke blog teman teman menambah wawasan berharga. Dari tulisan mereka para blogger hebat itu saya mengenal jalan pikiran mereka. Benar pepatah bilang: kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Kebijaksanaan bisa muncul seiring dengan waktu.

Saya juga terkadang bolak balik membuka blogger yang sudah "mati suri" tidak perduli entah siapa pemiliknya.

Kadang berjam jam saya mentelaah tulisan mereka menyimaknya, mencoba mengerti mereka. Dan bertanya tanya mengapa mereka tidak menulis lagi dan membiarkan blog ini mati? Padahal tidak kurang dari tulisan mereka saya belajar banyak hal seperti koding misalnya. Keingin tahuan membuat saya menyelidiki pemiliknya melalui sumberdaya dan teknik hacking yang saya kuasai. Kenyataannya kadang sulit saya percayai: Mereka berhenti karena mereka sudah tidak cinta blogging lagi, mereka sudah "Move On"

Well itu hak mereka, hidup ini sering tidak terduga endingnya.

Tapi tidak kurang diantara mereka memang telah menjadi orang sukses. Misalnya ustazd Abdul Somad, blog beliau ada tetapi terakhir di update blog adalah pada tahun 2016 yang lalu. Memiliki banyak sekali pengikut setia. Tetapi saya maklum betapa sibuknya beliau sekarang.

Yang ingin melihat blog beliau lihat saja pada link dibawah ini:

SOMADMOROCCO
Selamat ngeblog!




Comments

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP