ANDA WAJIB TAHU: APAKAH INTERNAL LINK YANG BERULANG ULANG BURUK BAGI SEO ON PAGE BLOGGER?

ANDA WAJIB TAHU: APAKAH INTERNAL LINK YANG BERULANG ULANG BURUK BAGI SEO ON PAGE BLOGGER?

Pertanyaan ini seolah sudah terjawab oleh para blogger kawakan kita, intinya mereka mengesankan hal itu sebagai buruk. Saya tidak ingin mengatakan pendapat mereka salah apalagi keliru, saya hanya ingin mengatakan segala hal bisa keliru dan sedangkan Algoritma Google sendiri terus berubah dari waktu ke waktu.

DAN APAKAH INTERNAL LINK BERLEBIHAN ITU DAPAT MENCIDERAI SEO ON PAGE BLOG ANDA?

Itu pertanyaannya!

Saya membaca hal yang senada pada tulisan Klik Mania dan juga tulisan Mbak Indri di Juragan Cipir namun saya hanya ingin meluruskan sedkit fakta: internal link hanyalah link yang bisa mengarahkan kita kelingkaran halaman kita baik secara paralel waktunya maupun kepada postingan terdahulu (karena gak mungkin ke masa depan). Dan faktanya itu adalah property kita sepenuhnya.

Namun saya juga sangat setuju dengan tulisan dari Klik Mania agar membuat internal link dengan benar supaya enak diikuti.

Siapapun setuju pada hal tersebut.
Namun walaupun sobat meletakan internal link menurut gaya sobat sendiri tanpa mengikuti saran Klik Mania sekalipun tidak akan memberikan dampak apa apa terhadap "keselamatan dan kesejahteraan" blog sobat.Tidak juga akan membuat Google menghukum website sobat.

Beberapa hal menjadi berbeda sekarang pendapat yang mengatakan menyematkan internal link yang terlalu banyak bisa berakibat buruk terhadap page on SEO adalah benar dan juga sangat tidak benar. Sebenarnya  juga jika Google melakukannya (menghukum) pelakunya pastinya akan menjadi tidak adil. Itu terlihat absurd.

  1. Tidak ada fakta bahwa banyaknya internal link legal yang disematkan dapat membuat blog sobat di banned.
  2. Tidak juga menjadi penyebab adsense sobat di gantung
  3. Kecuali internal link spam yang sobat buat dengan maksud mengarahkan pengunjung melakukan bisnis yang belum tentu mereka sukai, lalu mereka komplain
  4. Amat kecil kemungkinan internal link mengakibatkan laporan spam jika internal link hanya mengarahkan pengunjung kepada artikel "terkait" postingan yang sedang mereka baca.
  5. Google tidak mengurusi hal itu sepanjang internal link masih related dengan artikel sobat.
APA KATA GOOGLE?

Salah seorang bos Google yaitu John Mueller mengatakan di twitternya pada tanggal 4 Januari yang lalu: 

Pernyataan itu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan orang pada waktu itu adalah: 

"Apakah Internal link yang berlebihan dan berulang ulang dapat mempengaruhi ranking Google suatu website (didalamnya termasuk kegiatan blogging), 

Akankah Google mengabaikan mereka dan memberikan point minus untuk setiap internal link yang diulang ulang?..."

John menjawab dengan tegas: " Tidak, Silahkan ngelink secara alami didalam website anda sendiri!"
Saya heran mengapa para blogger master seperti kompak menghawatirkan hal tersebut, padahal jika kembali mencari refensi hingga ke tahun 2010 tidak ada hal yang perlu terlalu di kuatirkan perihal internal link ini.

Beri Komentar ya..

3 Comments

  1. Pasti karena tulisannya merujuk kepada referensi yang telah ada, pendapat pribadi atau mungkin ...jadi lega sekarang :)

    ReplyDelete
  2. saya sering melakukan ini mas hehee. menurut saya sih toh merujuk pada konten kita sendiri harusnya emg gak masalaah yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar saya meneliti 12 tulisan lokal, anehnya mengatakan sebaliknya tampaknya saling meng"aminkan"

      Delete

请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
Just give us a polite comments with any related topics
Hanya komentar yang sopan dan berhubungan dengan topik