6 CATATAN TERKAIT BLOGGING DI AWAL TAHUN 2019

6 CATATAN TERKAIT BLOGGING DI AWAL TAHUN 2019

fokus kepada kulaitas konten fokus kepada niche blog fokus kepada kecepatan halaman blog
1. SEARCH KONSOL VERSI BARU GOOGLE WEBMASTER

Webmaster tool yang lama jika sobat masih menggunakannya tahun ini adalah tahun yang terakhir, segala pembaharuan ada pada webmaster baru.

Apa itu webmaster tool? Ketikan saja di bar alamat pencarian google. Saya hanya memanfaatkannya sebagai berikut:
  • Index Status 
  • Crawl Stats 
  • HTML Improvements 
  • Structured Data 
  • Links to Your Site 
  • Internal Links 
  • Sitemap Submission 
  • Site Errors 
  • Search Analytics 
  • Messages
Perbedaan tool webmaster lama dan baru terletak pada cara kita mengirimkan url postingan kita, yang lama pengiriman dilakukan duakali secara terpisah untuk URL versi desktop dan lalu dilanjutkan dengan URL versi mobile (ponsel). Sedangkan Yang baru cukup kirim satu kali, algoritma crawler sudah sangat cerdas untuk memisahkannya secara otomatis.

Pembaharuan tetaplah pembaharuan, yang lama pasti akan berakhir dan ditinggalkan, maka sobat tidak bisa berkata saya masih suka cara lama. Itu namanya status quo he he he...

2. FONT AWSOME 5

Jika sobat telah menggunakan font awsome lama, itu juga masih berlaku dan masih bekerja sangat baik pada template. Akan tetapi font awsome 5 lebih pas buat HTML 5, lebih stabil dan lebih mendukung banyak browser, lebih terintegrasi dengan CSS didalam tema blogger.

Tidak menggunakan font awsome juga tidak berpengaruh apa apa terhadap performa blog akan tetapi dengan asumsi sobat telah menggunakan font awsome lama, maka sobat layak untuk mencoba font awsome 5 ini. Lebih lanjut baca artikel kami di:

MANFAATKAN FONT AWSOME 5...

3. SEO: KECEPATAN HALAMAN BLOG

Kalangan ahli berpendapat SEO juga berubah kalau dapat kita katakan sebagai update. Beberapa trik SEO menjadi mentah dan tidak tepat lagi untuk diterapkan pada tahun ini. Misalnya jika sobat menyangka keyword penting buat blog sobat itu benar, tapi kalau sobat memiliki bisnis kayak blogger kawakan atau pebisnis online. Kalau sobat blognya hanya personal blog, lebih baik sobat fokus kepada konten, niche dan kecepatan loading halaman. Ingat hanya tiga ini terlebih dahulu yang harus didahulukan:
  1. Konten
  2. niche
  3. kecepatan loading halaman blog
Karena ini hanya diperuntukan bagi sobat yang benar benar ingin ngeblog, jika kebutuhan berbisnis masih jauh dari sobat. Tapi Mengapa?
  1. Karena konten yang baik dan berkualitas akan meningkatkan trafik organik dan kesetiaan pengunjung terhadap blog sobat.
  2. Karena blog yang memiliki niche akan lebih memperlihatkan komitmen sobat dalam blogging dan lebih berpotensi menjadi sebuah bisnis.
  3. Karena kecepatan blog sangat diutamakan oleh mesin pencari dan disukai oleh pengunjung manusia. Untuk tema yang cepat sobat bisa memilih template AMP blogger jika sobat tidak keberatan melakukan maintenance yang baik terhadap blog sobat. 
Sobat tidak percaya begitu sederhana? Tetapi itulah yang akan terjadi pada tahun ini dan beberapa tahun kedepan. Kesederhanaan yang mampu menyelamatkan blog sobat dari terpaan dan lindasan kenderaan bisnis online yang gegap gempita.


4. KONSEP TEMA BLOG BARU

konsep tema pada tahun 2019 sudah jauh berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Saya menelitinya di envanto market para desainer menawarkan kecepatan dan mobile. Tema juga terlihat lebih pintar daripada sebelumnya. Misalnya animasi ucapan selamat datang yang memenuhi halaman muka namun ringan. Tampilan susunan konten blog yang rapi, penawaran yagn sistematis dan menggoda. Jauh beda dengan tema tema lama yang akan tampak menjadi jadul dan lamban jika dibanding dengan tema tema generasi baru ini.

Tampilan baru juga penting untuk menarik perhatian pemirsa. Kita tidak bisa menampik sebagian animo manusia yang selalu ingin hal hal baru. Para desainer dunia seperti sedang kontes kreativitas mereka dalam hal desain template blogger dan juga wordpress.

5. RAWGIT RUNTUH

Ini adalah catatan sedih. Sampai hari ini sebagian template blogger masih menggunakan rawgit untuk beberapa fungsi widget blogger mereka. Nah berita sedih ini telah diumumkan oleh Rawgit sendiri pada akhir tahun 2018 yang lalu. Jadi jangan kaget walaupun sobat telah membeli template premium seharga ratusan ribu beberapa gagdetnya segera akan mengalami tidak berfungsi lagi.

Saya sendiri telah menghapus semua link rawgit dari template saya dan mencari alternative baru.

Untuk lebih jelasnya baca artikel kami:

RUNTUHNYA RAWGIT...

6. MATINYA GOOGLE PLUS

Ini juga catatan kelam bagi blogger. Google plus akhirnya ditutup lebih awal di bulan April pada tahun 2019 ini. Alasan penutupan adalah karena isu keamanan terkait bocornya data 50 ribu penggunanya. Sobat yang terbiasa berbagi artikel blog di media yang satu ini sadar atau tidak sadar telah menerima manfaat trafik pengunjung yang paling tinggi dbanding medsos lainnya! Wajar karena blogger adalah milik google dan Google plus juga milik Google.

Seperti yang pernah di tulis oleh Steve Cooper bahwa G+ jauh lebih baik daripada media lain dalam hal meningkatkan CTR pengunjung terhadap blog hingga mencapai 35% artinya jika media ini di tutup para blogger harus bersiap kehilangan itu.

Demikianlah 6 catatan di awal tahun 2019, kita menyadari perubahan ini amat berpengaruh terhadap blog dan sebagian daripadanya dengan tepat menghunjam ke jantung blogger atau blogging pada umumnya.

Tentu saja pengecualian bagi website website besar, blogging hanyalah catatan personal online yang masih rentan jika diterpa oleh gelombang.

Beri Komentar ya...

8 Comments

  1. Jadi betul adanya berita G+ itu akan dinonaktifkan, kak ?.
    Lalu kira-kira setelahnya, ada pengganti G+ kah yang telah disiapkan oleh google ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, sayangnya untuk sementara belum ada berita dari pihak google untuk membuat penggantinya

      Delete
  2. Yang paling bikin saya sedih adalah matinya google plus, padahal saya baru mau serius sama media sosial ini, eh malah... Di tutup😞

    ReplyDelete
  3. Salah satu Yang menjadi isu terhangat juga, penurunan CPC dan dashbor baru google adsense hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar itu terjadi sejak akhir 2018 lalu. Programmatic buy mungkin ikut menjadi andil penurunan...

      Delete
  4. Sedih ya yang matinya Google Plus :( hiks. Tinggal menunggu waktu.

    ReplyDelete

请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
Just give us a polite comments with any related topics
Hanya komentar yang sopan dan berhubungan dengan topik