TIPS BLOGGING MENIRU KISAH SUKSES APPLE

TIPS BLOGGING MENIRU KISAH SUKSES APPLE

Walaupun tidak "teramat amat" related, namun sukses apple layak sobat tiru. Bayangkan beberapa tahun perusahaan asal benua Amerika tersebut telah memegang predikat sebagai perusahaan paling berharga di atas permukaan bumi.
mencontoh kesuksesan Apple

1.KONSISTEN
Blog campursari mungkin bisa sukses, tapi sulit. Alasannya, jelas kalau blog itu personal dan pada awalnya sobat harus menanganinya seorang diri. Langka sekali orang bisa melakukan segala hal seorang diri, sedangkan menggunakan jasa orang lain di zaman now ini perlu beaya, bisa berupa uang.

Belum lagi kalau sobat juga harus bekerja di suatu perusahaan, atau sedang studi di sebuah perguruan, sekolah dan banyak hal lain yang mungkin harus kita hadapi dalam hidup sehari hari.

Jadi sobat sebaiknya memilih niche blog, misalnya perihal automatif, properti, teknologi, bisnis, wisata dan traveling, tutorial, dll. Pilih salah satu atau dua saja.

Dengan memiliki niche terbatas  dan sesuai dengan hobi, pengatahuan dan ketrampilan sobat akan mudah mengelola sebuah blog atau web yang berpotensi tumbuh besar dan lebih mudah mempertahankan konsistensi karena hobi dan ketrampilan kita memang disana. Konsisten karena kita mencintai pekerjaan tersebut.

Apple besar salah satunya karena itu. Karena jika sobat tidak konsisten orang orang akan sulit mengenal jati diri sobat dan berikut website sobat. Apple menjadi merek berharga, Cocacola menjadi merek berharga, begitu juga dengan Kencky Fried Chicken. Mereka tetap konsisten sampai kini. Mereka dikenal seolah telah ada sejak dunia ini ada. Itu karena terlihat jelas Steve Job sangat keras dan konsisten terhadap misi dan cita citanya.

Tidak ada lain hal yang telah terjadi: Konsistensi itu telah membuat mereka dapat merebut perhatian dunia.

2. FOKUS
Ketika sony membuat walkman dengan berbagai variasi, sementara itu pula Apple memproduksi hanya satu jenis iTunes Player namun memiliki totalitas. Walkman kemudian lenyap dalam waktu, sedangkan Apple iTunes tetap hidup sampai sekarang. Dia ber-evolusi! Mula mula itunes player, lalu pindah ke perangkat iPhone namun seperti yang sobat lihat yang namannya iTunes tetap eksis!

Sedangkan walkman menghilang, tidak ada orang yang mengatakan headset sebagai walkman karena hampir semua produsen gagdet telah membuatnya. Hilang tanpa margin lisensi samasekali. Sedangkan iTunes siapa yang berani meniru dan menggunakan namanya secara iligel tanpa harus membayar lisensi dan menghadapi ancaman hukum? Jelas sekali figur dan kharismanya jauh beda.

Jadi selain memiliki konsistensi sobat yang ngeblog juga harus "FOKUS" kepada konten konten yang terkait niche blogger sobat, karena sekali sobat menyimpang orang mulai menilai "inkonsistensi" halaman web sobat. Perhatian akan segera luntur.

3. MEMILIH YANG HAL YANG BENAR
Di awal menjatuhkan pilihannya suatu produk Apple sering dianggap kritis namun seiring waktu orang orang di dunia mulai menerima dan akhirnya bahkan mencintai produk-produknya. Apple terkesan tidak mengikuti selera pasar tetapi sebaliknya "menciptakan selera pasar". Jika produsen lain berlomba lomba membuat produk yang laris dan telah diterima pasar, Apple memutuskan membuat hal baru dan sukses "memaksa" pasar berpaling kepada produk mereka.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena semuanya telah dianalisa terlebih dahulu oleh para ahli. Apple tidak berharap meraih keuntungan dalam jangka pendek, mereka memiliki visi jauh ke depan.

Memilih hal yang benar adalah mudah bagi seorang blogger, sobat bisa melihat dalam kehidupan sehari hari ditempat kerja, di rumah, di mall, perhatikan hal hal kecil: Apakah sebenarnya yang dibutuhkan oleh orang lain dan masih terkait dengan keahlian kita?

Atau sobat bisa memikirkan hal hal besar namun sesuai dengan keahlian dan minat sobat lalu membangun sebuah website yang konsisten, fokus dan berada pada pilihan yang telah sobat yakini benar.

4. BEDA
Apple selalu memiliki slogan: "think different" setiap produk apple selalu terlihat berbeda dengan produk produk lain pada masanya.

Terutama jelas terlihat pada sisi desain yang simpel atau sederhana namun terkesan premium. Perbedaan yang paling mencolok adalah segi kualitas. Apple sungguh sungguh dalam hal ini dan berani berspekulasi dengan harga yang berbeda namun semua itu terbukti sukses merampas pangsa pasar dunia.

Jika pada suatu waktu para produsen ponsel membuat berbagai bentuk fisik ponsel yang unik dan penuh warna warni. Apple hanya membuat yang simpel namun dengan kualitas material yang sangat berkualitas. Jelas sekali hal tersebut mampu menarik minat para penggila gagdet: Sesuatu yang simpal dan mudah diingat dan dicintai, sesuatu yang membawa kesan berkualitas dan premium.

Demikian juga dalam hal blogging sobat dapat menerapkannya, membuat hal yang beda, konten konten yang berkualitas dan tidak asal asalan apalagi meniru, niscaya blog atau web sobat cepat atau lambat akan mendapatkan perhatian para pengunjung dan pembaca.

5. MEMILIKI IMPIAN
Sobat juga pasti melihat hasrat Apple untuk menciptakan hal hal baru dan produk produk berkualiatas dan mereka memiliki ambisi. Namun hal tersebut mereka lakukan dengan perencanaan yang matang, memiliki tim yang solid yang dipenuhi oleh orang orang yang telah dipilih secara tepat. Bagian desainer yang tepat, ahli koding yang mumpuni, marketing yang hebat, dan tentu saja Manajemen yang solid.

Sobat dapat menerapkan hal ini: Setelah memiliki 4 hal: Konsisten, fokus, telah memiliki pilhan yang benar dan beda dengan yang lain.

  1. Konsistenlah  kepada suatu jenis blog, update sesuai niche
  2. Fokus pada konten sesuai niche, tidak menyimpang hingga merusak konsistensi blog.
  3. Tetapkan pilihan yang benar ketika menawarkan trademark sobat kepada pengunjung atau pembaca blog.
  4. Tunjukan bahwa web kita menawarkan produk dan cara yang berbeda.
  5. Ambisi, tidak buruk menjaga mimpi kita agar tetap hidup tumbuh besar diantara jutaan orang yang sedang bersaing.
Jika ingin sukses sobat juga harus memiliki impian, dan sekali sobat memiliki impian jangan sekali sekali melepaskannya.

Semoga sukses!


Beri Komentar ya...

0 Comments