JANGAN UTAK ATIK WIDGET BLOG1 PADA TEMPLATE BLOGGER CONTEMPO

Khusus Tema Contempo jangan sampai sobat melakukan hal ini:

1. Merobah widget Blog1 menjadi Blog2 biasanya hal ini dilakukan untuk memperbaiki kode "corrupt" pada beberapa jenis widget yang tidak berfungsi misalnya tombol reply komentar pada template blogger yang lebih lama atau klasik.

Jangan sekali sekali sobat terapkan pada tema atau template blogger contempo karena akibat dari perubahan Blog1 menjadi Blog2 adalah tampilan Homepage blog  Contempo akan menjadi berantakan, Judul Blog turun kebawah menyundul snippet atau kutipan konten ke saidebar pada tampilan laptop/desktop sehingga tampilannya jadi hilang sebagian dan juga menyisakan tulisan ditepi layar pada tampilan hape/mobile. Pokoknya jelek deh.

FAKTANYA:

Jika tema yang lebih tua atau tema klasik blogger memiliki <data:post.body/> sampai 3 atau 4 buah. Contempo hanya memiliki satu <data:post.body/> saja.

Dan tema jenis Contempo hanya memiliki widget Blog1,  beda sama template klasik bawaan yang memiliki widget Blog2 secara default jika sobat menerapkan modifikasi ala template klasik ke template contempo sobat akan kecele.

Sebaliknya pada template blogger yang lebih tua (atau klasik) apabila sobat merobah widget2 menjadi widget1  dan sebaliknya tidak akan menghancurkan tampilan homepage blog. Dalam hal ini kode memang akan menjadi corrupt dan hanya mempengaruhi salah satu fungsi widget saja.

JIKA HAL TERSEBUT TERLANJUR TERJADI...JANGAN PANIK DULU

Maka saya berharap sobat akan bertemu tulisan ini, caranya adalah kembalikan Blog2 menjadi Blog1 (ketikan di kolom pencarian di halaman edit HTML blogger: "Blog2" ) pada template Contempo sobat dan lalu Save template.

Apakah hal itu sertamerta akan mengembalikan tampilan blog? Sayangnya tidak. Maka  langkah selanjutnya adalah merefresh seluruh halaman blog. Dan lakukan back up template, Simpan dengan nama yang mudah diingat.  Lalu ganti template blog sobat untuk sementara dengan template blogger bawaan yang klasik, misalnya template sederhana atau simple. Biarkan sampai 10 menit sampai seluruh elemen terbaca di web.

Lalu ganti kembali template anda dengan template "back up" yang sudah sobat beri nama dan SAVE kembali template. Blog anda akan segera pulih perlahan lahan.

Semoga bermanfaat.


Comments

My photo
sofyan Ya-an
Batam, Kepri, Indonesia
Suka menulis. Peminat sains, matimatika, koding walaupun bukan pelaku aktif. Saya adalah pribadi yang introvert dan soliter - seorang penyendiri.