ads here

CARA MEROBAH WARNA BACKGROUND HEADER CONTEMPO

Selamat Tahun baru 1 Januari 2019

Ciri warna khas contempo itu kalau gak cokelat, hijau dan sudah barang tentu lebih jreng lagi. Lihat 4 varian template defaultnya penuh dengan warna warni jauh dari kata sederhana (bagi pencinta kesederhanaan).

Untuk merobahnya banyak yang menyarankan menghilangkannya saja dengan cara:
Masukan kode CSS dibawah ini
kotak css pada desainer tema blogger
ke opsi pengaturan blogger>dan masuk Desainer Tema Blogger tambahkan  kode CSS berikut kedalam kotak:
.bg-photo-overlay { display:none; }
Save tema. Apa yang terjadi templat jadi berwarna sama semua, kalau pilih putih ya putih semua. Tetapi akhirnya saya kurang puas dengan jalan pintas diatas, mengapa? Karena sekali sobat bereksplorasi dengan CSS untuk merobah tampilan template contampo maka mari kita mengeksploarinya sampai tuntas.

CSS PADA CONTEMPO

menurut saya dibanding denga tema tema bawaan klasik blogger yang telah lama, Contempo, Soho, Emporio dan terkemuka memiliki porsi CSS  yang  jauh lebih dominan.
Itulah mengapa sebabnya tema atau template template ini menjadi ringan terutama apabila di jalankan dilayar PC semua itu tidak terlepas juga dengan manipulasi media queries untuk mengoptimalkan kecepatan, dan satu satunya manipulasi media query yang belum dapat saya maniplasi adalah mengoptimalkan kecepatan loading blog pada layar yang lebih kecil! Saya berharap dapat menemukan jawabannya dalam waktu dekat!

Dan untuk merobah warna header seperti yang dimaksud oleh para master blogger yang menggunakan Contempo terdahulu sebenarnya jauh lebih sederhana daripada yang kita bayangkan.

Silahkan masuk ke pengaturan atau dasbor blogger contempo sobat, dan pilih opsi edit HTML, lalu cari kode dengan menekan CTRL+F pada halaman edit HTML, masukan kalimat CSS berikut:
.bg-photo-overlay
Dibawahnya temukan kode CSS berikut: .bg-photo-overlay{
background:rgba(0,0,0,.26);
background-size:cover;
height:$(body.background.height);
position:absolute;
width:100%;
z-index:2

Untuk merobah background menjadi putih sobat cukup menghapus kode warna RGB yagn saya sorot merah dan menggantikannya dengan menuliskan : white;  (dengan diakhiri titik koma),  maka seluruh warna background akan berubah jadi warna putih. Kalau ingin biru ya tulis: blue;

Akan tetapi jika sobat ingin agar warna background berobah menjadi gradient cukup menggantinya dengan kode (contoh) berikut:
background:;
background:-webkit-linear-gradient(right,#ADD8E6 0%,#87CEFA 75%);

Itu hanyalah salah satu trik, dan trik ini lebih ringan dipergunakan tidak akan mempengaruhi kecepatan loading blog anda ketimbang misalnya jika sobat mengikuti saran menambah kode script seperti disarankan selama ini.

Sekali lagi berterimakasihlah kepada CSS dan Medi Query yang simple pada tema contempo!


Comments