CARA MENGATUR FONT POSTINGAN BLOGGER CONTEMPO | editblogtema editblogtema: CARA MENGATUR FONT POSTINGAN BLOGGER CONTEMPO

Logtema

×
tutorial dan teknik

CARA MENGATUR FONT POSTINGAN BLOGGER CONTEMPO

Font sangat penting dan jangan bilang pengaturan font tidak mempengaruhi loading blog sobat. Makannya kalau memilih font pilihlah font yang baik dan jangan menambahkan lebih tiga jenis font ke dalam blog ya.
pilih fontyang baik karena jenis font juga mempengaruhi kecepatan loading blog

JENIS FONT YANG BAIK

Menurut hasil studi New times roman masuk dalam daftar font terburuk namun saya hanya menyarankan font terbaik yang sobat pakai buat ngeblog:
  1. Garamond adalah jenis font yang bagus. Jenis huruf serif sepanjang masa seperti Times New Roman, pendahulu Garamond sudah digunakan selama 500 tahun. Versi modernnya memberikan sentuhan nan klasik, terpoles baik pada resume sobat dan jauh lebih menarik dari Times New Roman yang sudah sering digunakan. Garamond bisa membantu memuat lebih banyak teks tanpa mengorbankan kemampuannya dalam dibaca dengan menurunkan ukuran font atau memadatkan desain dengan mengecilkan jarak spasi.
  2. Gill Sans. Jenis huruf sans-serif yang canggih nan sederhana ini didesain di Inggris pada tahun 1920an, font yang akan membuat resume sobat terkesan klasik dan modern. 
  3. Cambria, sebuah font serif, adalah bagian dari jenis huruf yang disebut Koleksi Font dengan Ketikan Jelas, yang telah didistribusikan dengan luas oleh program Microsoft Office. Jenis huruf ini (Calibri, Cambria, Candara, Consolas, Constantia, dan Corbel) didesain secara spesifik untuk tampil secara baik pada layar komputer. Studio yang mendesain Cambria mendeskripsikannya sebagai “Times New Roman baru”
  4. Lato. Awalnya didesain untuk penggunaan perusahaan, Lato adalah font sans-serif yang diciptakan untuk terlihat netral pada body copy namun memiliki keunikan pada ukuran besar. Sangat pas untuk membuat resume. Lato tersedia dalam banyak jenis berat dan gaya, meski pun berat “hairline,” “tipis,” dan “ringan” agak sulit untuk dibaca pada ukuran kecil. Tersedia untuk diunduh (gratis untuk penggunaan komersial atau personal) dan untuk situs gunakan pada Google Fonts.
Demikian empat jenis jenis font styl atau gaya huruf yang dapat saya sarankan. 

MENGATUR LINE-HEIGHT POSTINGAN

Pada HTML terutama CSSnya tema contempo di tulis sebagai: 
.line-height 
Cobalah sobat masuk kepengaturan dasbor blogger sobat dan ketikan di pencarian halaman edit HTML (akan ditemukan bayak) pilih letak kode dengan posisi dibawah kode .post-body { atau yang mirip begini:

.post-body {
  color: $(posts.text.color);
  font: $(posts.text.font);
  line-height: 1.5em;
  margin: 1.2em 0 2em 0;
  display: block;
}
Perhatikan pada baris ke-3 dibawahnya ada line-height: 1.5em; Nilai yang disorot warna kuning adalah menentukan jarak ketinggian atau kerenggangan barisan kalimat postingan sobat, pada editblog sengaja nilainya saya kurangi menjadi: 1.4em;  agar enak dibaca.
tampilan keraatan dan kerenggangan kalimat yang ditulis pada blog

MENGATUR JARAK FONT POST SNIPPET

Kita masuk kepengaturan bloggger contempo sobat kembali, pada halaman edit HTML cari kode berikut:

.post-snippet.snippet-container {
max-height: 120px;
}
.post-snippet .snippet-item {
line-height: 21px;
}


Perhatikan, nilai max-height: 120px; menentukan seberapa banyak kata atau kalimat pada snippet homepage sobat, sedangkan nilai dari line-height: 21px menetukan kerapatan dan kerenggan huruf /kalimat yang tersusun dari atas kebawah.

Cobalah DEMO
Silahkan mencoba kecepatan blog ini di pageheads google 

Bagikan (share):

6 comments:

  1. Ooo... baru tahu fungsinya line-height. Boleh dicoba.

    ReplyDelete
  2. snippet itu apa mas ? kebetulan semalam baca2 google help ut seo ada nyebut2 snippet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Snippet itu penggalan sejumlah kalimat atau kata kata pada setiap postingan di halaman awal blog (blog's homepage)

      Snippet biasa juga di tampilkan bersama thumbnail postingan di homepage blog tsb.

      Delete
  3. Masih Pusing kata-kata nya Master. Ntar balik lagi deegh,,.Soal nya patut dicoba...Ilmu nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. line height itu tinggi dan jarak tulisan baris atas sama bawahnya. Kan ada yang nulisnya rapat banget. Ada yangk kerengangan.

      Namun ada yang pas dan enak di baca :))

      Delete

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan