EMPAT PERUBAHAN REVOLUSIONER BLOGGER SEJAK TAHUN 2017 YANG WAJIB ANDA KETAHUI

1. ARTIFICIAL INTELIGENT (A. I.)
Saya tidak sepenuhnya faham seluk beluk A. I.  (Artificial Inteligent) tetapi melihat perkembangan super neural (super syaraf)  yang di gadang gadang akan menekuk kecerdasan alami kita sampai ketingkat hewan berakal kuno saya jadi sangat tertarik, dan membayangkan betapa kunonya cara ngeblog kita pada zaman sekarang alias zaman now. Kita sedang menuju generasi berikut: Zaman next.
Artificial inteligent
Saya mempelajari algoritma dan menyadari bahwa A.I. memang telah hadir diantara kita dalam berbagai implementasinya di berbagai perangkat, aplikasi atau wearable device seperti jam gelang dan kacamata.

Tetapi Google memiliki "Deep Mind" dan itu bukan rahasia. Sebuah jaringan syaraf neural yang luar biasa rumitnya telah nyaris melilit dunia sekeliling kita.
Dan apakah Google DeepMind itu? Menurut wikipidea:
Google DeepMind adalah perusahaan kecerdasan yang pada awalnya dibuat oleh Britania Raya dan didirikan pada bulan September 2010 dengan nama DeepMind Technologies. 
Perusahaan ini berganti nama setelah diakuisisi oleh Google pada tahun 2014. Perusahaan ini menciptakan jaringan saraf yang mampu dengan sangat baik belajar memainkan permainan video layaknya manusia dan jaringan saraf yang dapat mengakses memori eksternal layaknya mesin Turing konvensional.
Hasilnya adalah komputer yang mampu meniru ingatan jangka pendek otak manusia. Perusahaan ini menjadi sorotan pada tahun 2016 setelah program AlphaGo ciptaannya mengalahkan seorang pemain Go profesional untuk pertama kalinya.
Hari ini jika kita sambil berbaring dan memerintahkan ponsel menulis di halaman dasbor blog,  mereka bisa melakukannya walaupun belum sempurna tetapi benar benar akan menjadi cikal bakal fasilitas ngeblog di zaman next. Seperti yang sekarang sedang saya coba lakukan. Namun saya masih tetap harus memperbaiki space, alinea hingga ejaan baru daripada artikel.

Lalu A.I juga dimanfaatkan untuk sistem sekuriti, mengawasi semua aktivitas ilegal kita pada saat blogging terutama sobat sobat yang rada rada nakal karena ingin cepat mendapatkan penghasilan melalui adsense. Mulai sekarang sobat harus mengerti Google dengan perangkat A.I yang memiliki algoritma rumit itu sudah sangat "berisiko" apabila kita mencoba coba mengibulinya. Ingin tahu lebih banyak gambaran kehebatan A.I.? Baca:
Artificial Inteligent

2. META TAG KEYWORD SUDAH TIDAK PENTING LAGI
Pengertian meta tag adalah tag tag kata kunci yang memberikan sorotan atau highlight atau penekanan suatu kata kunci pada isi artikel sobat agar bisa dengan mudah di angkut dan ditemukan oleh mesin pencari dan akhirnya dengan mudah berada di hadapan pembaca blog sobat.
Meta tag sudah bukan prioritas lagi bagi mesin pencari
Semakin relevan isi artikel dengan Tag Meta Keyword yang sobat targetkan,  akan mempengaruhi ranking artikel sobat di halaman penelusuran Google atau SERP.

Tapi jangan sampai tertipu karena Google telah lama menon-aktifkan fitur ini, fungsi tag meta keyword sudah lama dimatikan dan sudah tidak penting lagi bagi SEO onpage dan sudah diabaikan oleh mesin pencari.

Mengapa hal itu terjadi adalah tidak lain karena banyaknya penyalah gunaan dan membingungkan tool crawling dalam melakukan penjelajahan. A.I dengan algoritmanya akan menggantikannya.

3. TEMPLATE DEFAULT BARU DAN TEMA AMP UNTUK BLOGSPOT
Sejak tahun 2017 Blogger telah menyediakan tema bawaan terbaru yakni CONTEMPO, SOHO, EMPORIO dan TERKEMUKA.

Hal ini tentu saja sejalan dengan kebjakan Google agar para blogger pemula dapat membuat halaman blog mereka menjadi responsive dan mobile friendly.
contempo dan variannya dan AMP adalah tema tema prioritas tahun 2017
Google sendiri telah memberi warning akan mem"finalty" blog blog yang tidak responsive sedangkan penyebab halaman blog tidak responsive dan apalagi mobile adalah template klasik blogger yang sudah tua.

Dan sebagian tema tema lama yang masih tersedia di dasbor pengaturan blogger walaupun memiliki opsi mobile, memiliki tampilan yang terlalu sederhana.

Nah bagi sobat yang kebetulan membaca artikel ini dan ingin ngeblog piliahan terbaik jika ingin memulai ngeblog adalah dengan cara memakai atau menggunakan template bawaan terbaru blogger yang telah saya sebutkan diatas. Sebenarnya menggunakan templat template yang lebih tua juga tidak masalah asalkan terlebih dahulu di modifikasi menjadi responsive dan tampilannya di rombak menjadi lebih dinamis. Tetapi untuk melakukannya sobat harus memiliki sedikit pengatahuan dasar HTML.

Yang terakhir program Google adalah membuat project AMP yang sampai saat ini masih menjadi masalah krusial karena:
  • Keterbatasan fitur
  • Tidak bisa digunakan untuk blog dengan kapasitas besar misalnya dipakai untuk suatu blog berisikan konten dan gambar gambar besar dan berat
  • Ternyata kecepatan internet dunia yang semakin cepat dan kuat mulai "mengaburkan" batasan kecepatan template blogger biasa dengan AMP.  Misalnya kecepatan 4G telah mulai merata di negara negara berkembang sedangkan tahun depan pengujian internet 5G akan segera di implementasikan di negara negara berkembang.
  • Kebanyakan situs situs besar dengan tegas menolak template jenis AMP. So AMP sampai kini masih menjadi "identik" dengan situs situs atau blog kecil. Reputasi ini karuan saja tidak menyenangkan.


4. ADSENSE
Adsense adalah impian para blogger yang menginginkan blog mereka bisa mendatangkan penghasilan akan tetapi dalam beberapa tahun telah terjadi banyak perubahan.

Adsense bukan yang terbaik dalam mendatangkan penghasilan namun tentu saja kalau sobat "jujur" sobat harus memiliki paling tidak (ini menurut pakar)  jika ingin mengikuti jalan yang terbilang "halal" dalam menghasilkan uang melalui adsense ini maka paling sedikit blog sobat memerlukan 2,5 juta pengunjung pertahun = 200ribu orang perbulan alias 6,7 ribu pengunjung perhari untuk mendapatkan penghasilan 13 jutaan rupiah perbulan.
Google adsense adalah impian para blogger pemula
Bayangkan adedansasa setelah hampir 2 tahun hanya bisa mencapai 1,02 juta visitor! Apalagi editblogtema yang baru berumur 4 bulan ini.

Tetapi ada hal lain bernama Program buying  jauh lebih mengancam, sama seperti algoritma A.I. yang mungkin cepat atau lambat segera akan "menghukum" blog anda dan jika selama ini anda ternyata mendapatkan uang dengan klik bantuan - dan algoritma A.I. akan memindainya melalui jaringan, lokasi hingga hubungan sobat dengan pihak yang melakukan iligel activity untuk blog  tertentu.

Apa yang disebut sebut sebagai Programmatic buying juga secara signifikan telah memotong penghasilan para blogger, jika sobat ingin tahu lebih jauh apa program buying dan membandingkannya dengan cara beriklan konvensional seperti blogger, silahkan baca salah satu artilkel kami:
TRADISIONAL VS PRAGRAMATIC, SIAPA YANG AKAN MENANG?
Yang memenangkan cinta dan perang selalu hal hal baru. Blogger juga sebenarnya sudah termasuk "old work" .

Tidak mungkin sobat menganggap hape jadul tahun 2013 jauh lebih laris daripada hape pintar tahun 2018 karena dalam segala hal yang lebih baru selalu memiliki segalanya: Kecepatan, model, fitur dan memenuhi hasrat animo berbelanja manusia yang ingin memilikinya.

Psikologis sekaligus fakta banget, sob.



Comments

  1. ulasannya sangat menarik, di mulai dari alogaraitma ai, adsense, dan sebagainya, dari haru ke hari selalu berubah, kita sebagai Blogger jangan sampai ketinggalan

    ReplyDelete
  2. woow ternyata banyak yang berubah ya.. Artificial inteligent ini baru saya dengar. Saya suka sekali gaya penulisan abang ini, saya tidak bosan membaca sampai selesai dan mendapatkan info yang sangat berharga.
    Salam kenal bang dari Blogger Pemula (yang belum diterima adsense)..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti kata Einsten: Tidak ada yang abadi, kecuali perubahan itu sendiri.

      Delete
  3. Runut dan jelas...

    Untuk google adsense memang rada sulit jika ingin mendapatkan hasil yg maksimal.

    Tdk boleh santai 😀

    Nice article prend .....

    ReplyDelete
  4. Ulasan yg keren dan sangat berbobot.
    Hal lain dgn gmail, kita dibuntuti google kmn saja kita pergi.

    Susah menghilangkan jejak 😁

    ReplyDelete
  5. Selain adsense, para blogger sudah mulai giat mendulang uang dari Content placement... ohy kira2 berapa yach jumlah blogger di Indonesia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun 2015 saja tercatat 3,5 juta blogger di Indonesia.Itu kalau menurut Marketing.id.

      Sedangkan content placement mirip produk review.

      Hanya bedanya pada cara penerapannya: Review produk kita bikin artikel (walau kadang ditentukan juga oleh pihak advertiser) guna mempromokan produk mereka atau suatu produk tertentu.

      Sedangkan Contet Placement seringnya artikel sudah disediakan oleh pihak advertiser kita tinggal mempromokannya saja di halaman blog atau web kita. Sayangnya yang terakhir bayarannya murah sekali.

      Itu menurut CampaignIndonesia.com

      Delete
  6. Jadi pesan moralnya gk usah nakal.. kelacak ma gugel :)

    ReplyDelete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP