3 TRIK MEMODIFIKASI GAMBAR AVATAR PADA BLOGGER CONTEMPO

Contempo tidak habis habisnya untuk di eksplorasi, karena kode CSSnya yang dominan banyak hal yang dapat kita robah contohnya jika sobat memperhatikan template yang sedang editblogtema pakai sekarang ini adalah contempo walau namanya sudah berubah menjadi CONTEMPO HYBRID namun basisnya memang benar Contempo.

Kalau sobat perhatikan Navigasinya sudah berubah, memiliki sidebar semuanya tidak terlepas dari peranan CSS! Tahu sendiri bukan peran CSS bagi seorang desainer?? Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab itulah memodifikasi template contempo agar menjadi seperti yang kita inginkan sebenarnya tidaklah terlalu sulit.

MEROBAH UKURAN GAMBAR AVATAR PROFILE .
Gambar profile ini kita dapatkan dari id Google plus kita, jika sobat telah mengaitkan blognya ke blognya ke Google Plus ya tinggal masuk ke pengaturan pilih lay out atau tataletak, tambahkan widget, pilih "Lencana Google Plus" save.

Namun ukuran gambarnya pasti default, jika sobat ingin mengecilkan atau memperbesar ukuran gambar profile tersebut tinggal masuk ke pengaturan blogger, pilih tema, pilih opsi edit HTML, dan lalu cari kode CSS dibawah ini dengan cara pencarian shortcut (pintas): Tekan ctr+f.

Kodenya adalah:
.Profile .individual .profile-img,
.Profile .individual .avatar-icon {
  height: 150px;
  width: 150px;
}
Perhatikan kode yang saya sorot warna kuning Ganti tinggi dan luasnya dengan nilai angka yang sama: misalnya

.Profile .individual .profile-img,
.Profile .individual .avatar-icon {
  height: 280px;
  width: 280px;
}

Atau di kecilkan menjadi 0 (nol) untuk menyembunyikan gambar. 

Jika sobat menghapus kode ini maka ukuran dan tampilan default-lah yang akan muncul tanpa membuat tampilan skin menjadi error atau "corrupt" kode ini hanya kode css pengatur tambahan yang tidak akan mempengaruhi syntax pengkodean pada elemen lain HTML. 

Intinya melalui cara inilah dengan aman sobat bisa merobah ukuran gambar profile menjadi kecil, besar atau bahkan menghilangkan gambar tersebut dengan menyisakan hanya  nama  profile pada blog sobat

MEROBAH BENTUK BINGKAI AVATAR ATAU GAMBAR PROFILE.

Sementara jika sobat ingin merobah bentuk bulat bingkai gambar menadi persegi atau sedikit melingkar sobat hanya perlu mencari kode dibawah ini untuk merobah ukuran radiusnya:

.widget.Profile .profile-img {
  border-radius: 50%;
  float: none;
}

Angka 50% membuat bingkai gambar menjadi bulat, jika anda merobahnya menjadi angka 20% untuk menajamkan sudut atau 0% maka bingkai gambar akan berobah menjadi persegi bujur sangkar. Saya faham setiap orang memiliki selera yang berbeda beda terhadap warna, dan juga bentuk suatu objek.

MENGHILANGKAN NAMA DAN HANYA MENYISAKAN GAMBAR DAN LINK PROFILE
Sobat cari kode di bawah dengan cara yang sama diatas yakni melalui edit HTML:

.widget.Profile .profile-link {
  background: transparent;
  border: 0;
  box-shadow: none;
  color: $(body.link.color);
  cursor: pointer;
  font-size: 14px;
  font-weight: bold;
  outline: none;
  text-decoration: none;
  text-transform: uppercase;
  width: auto;
  color: $(profile.link.color);
  font-size: .14em;
  margin-bottom: 1em;
  opacity: .70;
  overflow: hidden;
}

Jika sobat ingin menyembunyikan nama ganti angka 14em; diatas menjadi Maka nama sobat akan menghilang dan hanya tinggal gambar profile saja dan "visit profile" saja.

BONUS: MEMPERBAIKI JUDUL POSTINGAN CONTEMPO HYBRID YANG KEPENDEKAN.
Bagi sobat yang mengeluhkan bahwa judul postingan contempo hybrid terlalu "justify" dan tidak sama panjang atau tidak sejajar diatas postingan  saya memberikan tips untuk memperbaikinya: Masuk ke pengaturan blogger>tema>edit HTML, cari kode berikut:

.post-title {
  font: $(posts.title.font);
  float: $(startSide);
  margin: 0 0 8px 0;
  max-width: calc(100% - 100px);
}

Penyebab judul terlalu pendek adalah prosentasi lebar maksimum yang hanya 100% (kode angka yang dosorot merah) robah prosentasinya menjadi 135%, hal ini wajar terjadi setelah halaman dipisah untuk memberikan tempat kepada sidebar.

Sedangkan untuk merapatkan konten ke judul robah nilai margin yang kami sorot warna kuning 8px menjadi 1px saja

NOTE:
Jika sobat mengira template contempo itu membosankan saya juga tadinya sependapat.

Akan tetapi jika sobat mengunjungi blog blog terkenal milik blogger dunia, hampir 88% mereka menggunakan template jenis ini. Hanya saja sobat tidak akan mengenalinya lagi karena tampilannya sudah jauh berbeda. Contoh template yang saya pergunakan untuk tema editblog ini adalah CONTEMPO tetapi telah di modifikasi sesuai dengan prosedur, karena kami mengirimkan laporan desainnya ke Google via email secara rutin.
Pihak Google akan membantu menunjukan kesalahan desainnya terutama kode kode yang harus diperbaiki  jika memang hal itu terjadi.

Bahkan seorang pakar Google blogger help forum yang sangat aktif membantu problem koding HTML untuk para blogger memiliki blog yang menjual template template hebat berbasis contempo sobat perhatikan apakah sobat masih mengenali beberapa diantaranya sebagai CONTEMPO? Saya jamin tidak.
Silahkan lihat di:  https://sellfy.com/p/aY3r/


Comments

  1. di blog ini aku menemukan tambahan pengetahuan sebagai bahan bakar otak - atik template favorit ( contempo ) hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Sebenarnya artikel mas sarofuddin kemaren harusnya ditulis disini 😀

      Delete
  2. Bang bisa request border di di pinggir postingan?

    ReplyDelete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP