TIP MEMILIH JENIS TEMPLATE BAWAAN BLOGGER TAHUN 2018

TIP MEMILIH JENIS TEMPLATE BAWAAN BLOGGER TAHUN 2018

Tidak terasa usia dunia blogging telah tua ya. Tua untuk ukuran zaman yang semakin cepat berubah, blogger tentunya juga demikian.

Menurut wikipedia:

Pada 23 Agustus 1999, Pyra Labs meluncurkan Blogger. Dan menjadi salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Nah pada bulan Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan dan menghasilkan uang bagi Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis oleh Google. Selanjutnya pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.

Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya. Melalui picassa inilah photo photo atau gambar gambar ilustrasi yang kita sematkan ke blog disimpan dan di link. Dan formatnya sudah semakin maju sekarang.

Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.

Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode "Invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.

RE-DESAIN (DESAIN ULANG)

Semuanya ternyata bisa di desain ulang ya...
Sebagai bagian dari desain ulang Blogger pada tahun 2006, semua blog yang ada di Blogger dimigrasikan ke server Google. Blogger mengklaim bahwa dengan migrasi tersebut, layanan mereka lebih stabil karena kualitas server yang dimiliki Google memang jauh lebih baik dari server non-Google yang sebelumnya.

Dan seiring waktu yang terus berjalan...

perubahan berlanjut dangan migrasi layanan Blogger ke server Google ini, beberapa fitur baru diperkenalkan, meliputi manajemen label, antarmuka penataan layout template dengan cara geser-dan-letakkan (drag-and-drop), izin pembacaan blog gunanya agar membuat blog-blog menjadi lebih pribadi dan opsi web feed yang baru.

Lebih lanjut, kini setiap blog diperbaharui secara dinamis, berbeda dengan sebelumnya di mana setiap posting atau komentar baru diperlakukan dengan menulis ulang file HTML. Sekarang blogger menjadi platform penting yang stabil dan mudah dipergunakan oleh siapapun.

Pada September 2009, Google memperkenalkan fitur baru sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya yang kesepuluh. Fitur tersebut meliputi tampilan baru untuk menulis post, penyempurnaan penanganan gambar, dan implementasi berbasis Google Docs lainnya, seperti:

Menambahkan lokasi penulisan di post.
Penanggalan tulisan ditentukan pada saat publikasi, bukan saat pembuatan.
Pengubahan tautan di mode penulisan (Compose mode).
Layanan penuh bagi Safari 3.
Tampilan pratayang yang menampilkan post dengan perkiraan lebar tulisan dan ukuran font ketika tulisan tersebut dipublikasikan.
Toolbar yang baru dengan tampilan khas Google, waktu pemuatan yang lebih cepat, dan tombol Undo serta Redo.
Pada tahun 2010, Blogger memperkenalkan template baru dan melakukan desain ulang situsnya.
Pada tahun 2013, Blogger mengupdate fitur fiturnya salah satunya fitur komentar dan integrasi pada google+, ada beberapa fitur baru diantaranya :
Design Antar Muka yang diperbaharui pada tahun 2012
Integrasi langsung dengan google adsense, tahun 2012
Integrasi dengan google+ pada kotak komentar dan posting, tahun 2013
Fitur mobile template yang mana kita bisa mendesign atau memilih design yang telah disediakan sehingga pengguna dapat melihat blog pada Handphone atau Gadget mereka dengan design yang tersesuaikan ( responsive ).

TEMPLATE ATAU TEMA BLOGGER:

Template blog atau TemA website itu adalah desain halaman blog ataupun halaman website beserta seluruh komponennya baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Template bisa juga anda artikan sebagai tema blog atau tampilan blog atau template blog.

Template default atau bawaan yang disediakan oleh blogger dirasa sangat terbatas jika di banding kompetitornya Wordpress yang menyediakan berbagai tema pada dasbor pengaturan blog mereka.

TEMPLATE TEMPLATE TERBARU BLOGGER:

Pada tanggal 20 Maret 2017 Blogger memperkenalkan 4 buat template terbaru yang dapat kita pilih pada saat mulai ngeblog, tema tema ini sudah dibuat responsive dan mobile friendly.

Responsive artinya bisa menyesuaikan diri pada saat ditampilkan pada layar besar seperti laptop dan desktop dan sama bagusnya ketika ditampilkan pada layar yang lebih kecil seperti tablet 7 inch, hingga ponsel. Disebut juga adaptif, bisa beradaptasi pada semua layar, keren bukan?

Mobile friendly artinya mudah dibaca dan cepat loadingnya saat di buka pada layar hape yang kecil. Ini adalah keadaan dunia zaman sekarang: Mobile dan cepat.

Keempat jenis tema baru ini diciptakan oleh Blogger Google untuk menjawab tantangan blogging mobile, dimana dalam beberapa tahun 2 milyar manusia membuka website termasuk blog dan membaca melalui layar ponsel, 25 kali lipat banyaknya daripada orang membuka laptop dan PC dekstop.

Sebagai Blogger pemula di tahun 2018 saya sarankan mas mas, mbak mbak, adik adik memilih template jenis ini, karena tidak akan kesulitan setting mobile/tampilan hape lagi.

Ke empat tema tersebut adalah:
Contempo - 5 varian: Contempo Light, Contempo Dark, Contempo Pink, Contempo Aqua, Contempo Flamingo
Soho - 5 varian: Soho Light, Soho Dark, Soho Neon, Soho, Pink, Soho Red
Emporio - 5 varian: Emporio Porcelain, Emporio Toolbox, Emporio Apron, Emporio Technica, Emporio Flamingo
Terkemuka - 5 varian: Terkemuka Light, Terkemuka Coral, Terkemuka Dracula, Terkemuka Pink, Terkemuka Antique

ilustrasi tampilan template bawaan baru blogger 


TEMPLATE TEMPLATE LAMA/KLASIK BLOGGER:

Template tua ini sering disebut template klasik. Tampilanya secara bawaan (default) hanya cocok buat layar besar seperti layar komputer desktop dan laptop. Pada layar layar yang lebih besar tampilannya lumayan cantik dan enak di akses.

Tapi bayangkan antar mukanya yang memiliki halaman postingan dan disampingnya ada sidebar berisi widget widget bawaan dan tambahan. Ketika tampil dihape tampilannya menciut dan sulit dibaca saking kecilnya. Kesulitan menampilkan melalui hape atau layar yang lebih kecil bukan hanya pada tampilannya yang tidak responsive tapi mempengaruhi kecepatan loading juga karena kode javanya berat.

Saya masih sering menemukan pemula yang tidak menyadari hal ini, bahkan ada juga blogger yang jarang ngeblog tapi blognya sudah berusia 8 tahun masih tidak menyadari trend ngeblog mobile zaman now. Tidak heran blog yang sedianya sudah di monetisi kehilangan trafik secara drastis pada tahun tahun belakangan karena pasti pengunjung berfikir blognya sulit diakses kecuali bagi mereka yang masih mau bawa bawa laptop dipunggungnya. Kalau masih mau pakai tema default juga perhatikan setting mobilenya seperti pada gambar:
Para desainer (pihak ketiga) sering melakukan modifikasi atau mendesain ulang tema tema ini sebelum dipergunakan (Termasuk editblog) agar menjadi responsive dan mobile friendly. Jadi jika kalian ingin menggunakan template jenis lama ini sebaiknya minta tolong teman agar di modifikasi terlebih dahulu dengan tujuan membuatnya menjadi responsif, adaptif, mobile friendly, dan tentunya agar menjadi lebih SEO. Editblog bersedia membantu, jangan kuatir semuanya gratis.

Tema tema klasik/tua terdiri dari:

  1. Tema Perjalanan - 4 varian 
  2. Tema kelembutan - 3 varian 
  3. Tema tanda air/watermark - 4 varian 
  4. Tema PT.Keren Sekali - 6 varian 
  5. Tema Jendela Gambar - 3 varian 
  6. Tema dinamic view - 7 varian 
  7. Tema sederhana - 7 varian 


Ilustrasi tampilan template bawaan blogger klasik/tua 
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEMA TERBARU DAN KLASIK:

4 Tema terbaru walau sangat responsive dan mobile tidaklah sempurna kadang saya merombak tampilanya melalui editing HTML, misalnya walaupun kita bisa memanfaatkan laman (page) untuk membuat menu navigasi, tapi terasa kurang stylish, saya akan menambahkan menu navigasi diatas headernya. yang saya suka adalah menu pencariannya yang hidden style.

Secara keseluruhan saya menyarankan blogger pemula menggunakan ke empat tema terbaru dan berlatih memanfaatkan tool dasbor "Desainer Tema Blogger" untuk memodifikasi tampilan dasarnya sehingga mendekati selera kita.

Sedangkan template klasik menurut saya tidak disarankan dipakai tanpa terlebih dahulu melakukan perombakan dasar pada struktur kodenya dengan alasan: Blogger sendiri memberi peringatan sebagai berikut:
Anda tetap dapat menggunakan tema lama blog, namun Anda tidak akan memiliki akses ke banyak fitur baru seperti desainer tema.
Kembali ke tema klasik | Tampilkan tema klasik
Tidak responsive dan walaupun memiliki pengaturan untuk mobile namun tidak optimal
Monoton dan kurang cepat
Navigasi tidak user friendly terutama apabila dipergunakan melalui hape
Tampilan tua tidak modis untuk ukuran tahun 2018
dll

Namun memliki kelebihan:
Dapat di buat menjadi responsive (jika memiliki pengatahuan HTML) dan bahkan mobile friendly, lebih cepat dan lebih SEO.
Dapat di rombak (jika memiliki pengatahuan HTML) menjadi sangat menarik dan berbeda tampilannya.
Modal para desainer template melakukan redesain tema tema berbasis tema default.

Jika kalian ingin menggunakan tema klasik menjadi responsive dan mobile silahkan cari dan donlot dari blog ini, atau bisa hubungi kami melalui kotak koment dan kotak email.

Sebagai langkah awal sebuah tema atau template yang bagus akan menghasilkan kesan pertama yang bagus buat sebuah blog yang baru memulai debutnya di dunia blogging....


Referensi: Wikipedia, editblogtema, google help, help blogger, webdesign,

Beri Komentar ya...

4 Comments

  1. Bila ingin kekinian maka harus mau mengikuti trend mobile friendly, bila ingin belajar design tema bisa pilih tema klasik..bila ingin fokus konten tema terbaru bisa jadi pilihan..

    Saya ingin sedikit banyak tahu tentang edit tema, tapi tak ingin melulu fokus disana karena dunia kode begitu asyik hingga terkadang lupa waktu dan sadar bahwa hari ini belum publish satu artikel pun

    ReplyDelete
  2. Aduh jangan sampai demikian juga...saya tertarik sama blog yang satunya selain nalagila itu loh. Keren.

    ReplyDelete
  3. Pak Sofyan soal templete bawaan blog, saya suka templete yang klasik. Alasan sederhana, widget seperti profil, tulisan terbaru, tulisan terpopuler dan label blog berada di luar. Kalau templete blog bawaan blogger yang baru, soal staylis oke mantap bangat, tapi widgetnya kebanyakan di dalam (maksudnya letekanya tersembunyi mas) bagi saya itu sedikit mengurangi greget karena yang dicari bukan saja estetikanya semata tetapi widget yang memudahkan pengunjung untuk mencari beberapa artikel sesuai selera.

    Terkait templete dan kode HTML blog, pak Sofyan, saya pusing duluan. Kayak sandi pramuka saja heheh, tetapi beberapa rekan, seperti pak Sofyan dan sobat blogger yang lain; yang konsisten mempelajari HTML saya kagum karena bagi saya itu hebat, tetap semangat pak Sofyan.. salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah widget widget pada templaet lama ini sulit berkompromi dengan perangkat mobile, sebab itu di sebut Tidak responsive. ingat 80% orang mengakses web masa sekarang adalah melalui perangkat mobile seperti hape, tablet dsb. Artinya penghasilan dari bisnis online lebih banyak pemasukannya puluhan kali lipat daripada melalui laptop (ini menurut Google sendiri lho)

      Sedangkan empat template terbaru masih bisa dibuatkan widget widget bagaikan template klasik tanpa menghilangkan kemampuan adaptif yang mereka miliki.

      Gimana he he he

      Delete

请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
Just give us a polite comments with any related topics
Hanya komentar yang sopan dan berhubungan dengan topik