Tablet Android dan asesoriesnya adalah terbaik buat Blogging

Alasan karena harganya yang sudah sangat murah saya coba rekomendasikan tablet Samsung S2 buat para blogger sebagai alternative pengganti laptop. Disamping karena fisiknya yang tipis, ringan daya battery yang kuat 8-10 jam pemakaian terus menerus, tablet ini berbeda dengan iPad yang tidak bisa buat nelpon. Dan artikel ini saya tujukan buat berbagi pengalaman.


Tab S2
Sampai sekarang saya masih menggunakan tablet ini buat ngeblog, awalnya saya menggunakan asesories keyboard buatan samsung, tetapi kemudian terdapat cacat pada saat pengetikan misalnya setelah pemakaian selama setahun tidak bisa lagi mengetikan beberapa karakter huruf, padahal harganya diatas 500 ribuan.
Saya menggantinya dengan keyboard buatan logitech. Dan ajaibnya walau hargnya berkisar RP 280-300 ribuan, keyboard ini benar benar nyaman di pakai: tombolnya responsive, daya tahan battery hingga setahun dan kekuatan fisiknya sangat bagus, pokoknya tahan bantinglah. Klo menurut saya kualitas, spek dan performanya melebihi keyboard yang lebih mahal. Mungkin karena logitech memang sudah terkenal sebagai spesialis pembuat keyboard atu mungkin karena perkembangan teknologi terbaru.

Disamping itu saya juga akhirnya membeli mouse logitech yang ternyata sangat berguna membantu saya dalam membuat template blog.

Tetapi terlbih dahulu kita bahas spek TAblet S2 menurut GSM Arena

TEknologi NETWORK :
GSM / HSPA / LTE

Diumumkan:
2015, July (tiga tahun yang lalu)

Dimensi body:
198.6 x 134.8 x 5.6 mm (7.82 x 5.31 x 0.22 in)

Berat:
265 g (Wi-Fi) / 272 g (LTE) (9.59 oz)


SIMCard:
Nano-SIM

DISPLAY /Tipe layar:
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

Ukuran:
9.7 inches, 198.2 cm2 (~74.0% screen-to-body ratio)

Resolusi:
1536 x 2048 pixels, 4:3 ratio (~320 ppi density)

PLATFORM / OS:
Android 5.0.2 (Lollipop), upgradable to 6.0.1 (Marshmallow) - T710, T715
Android 6.0.1 (Marshmallow), upgradable to 7.0 (Nougat) - T719N


Chipset:
Exynos 5433 - T710, T715
Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652 (28 nm) - T719N

CPU :
Octa-core (4x1.9 GHz & 4x1.3 GHz) - T710, T715
Octa-core (4x1.8 GHz Cortex-A72 & 4x1.4 GHz Cortex-A53) - T719N

GPU :
Mali-T760 MP6 - T710, T715
Adreno 510 - T719N

MEMORY:
Card slot :microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

Internal
32/64 GB, 3 GB RAM

KAMERA UTAMA:
Single 8 MP, AF

Video :
1440p@30fps

SELFIE CAMERA :
Single 2.1 MP

Browser HTML5 :
- ANT+ support
- MP4/H.264/WMV player
- MP3/WAV/eAAC+/WMA/Flac player
- Photo/video editor
- Document editor

BATTERY :
Non-removable Li-Ion 4000 mAh battery

Harga sekarang:
Seken sekitar 2,8 - 3 jutaan rupiah (di Batam)

Jika misalnya anda terbiasa melakukan pengetikan via layar sentuh tablet ini sangat pas buat mengedit tulisan pada saat perjalanan. Akan tetapi karena saya serius memakainya dan sampai jarang menggunakan MacBook Air, maka saya melengkapinya dengan dua asesories penting ini yakni:

KEYBOARD BLUETOOTH:
Itulah keyboard yang sedang saya gunakan sekarang, saya bahkan membandingkannya dengan kenyamanan mengetik pada Macbook yang sekarang lebih sering saya tinggal di rumah. Benar, itu memang logitech k380 harganya di Batam waktu itu hanya berkisar RP. 280ribuan cukup murah untuk sebuah produk yang berkualitas dan terbukti sangat baik performanya.

Dengan keyboard ini saya dapat menggunakan tombol tombol short cut layaknya di PC dan hampir semuanya berfungsi sangat baik. Misalnya keyboard ini sangat membantu saya pada saat melakukan pengeditan HTML di dasbor blogger melalui tablet S2 saya. Saya masuk melalui Browser Google Chrome, jika saya mencari kode tertentu pada halaman HTML saya cuku menekan ctrl+F dan mengetikan kode yang sedang saya cari pada menu pencarian yang muncul di atas kanan halaman HTML blogger tersebut dan menekan "enter" pada keyboard kode akan segera ditemukan dengan warna disorot kuning. Cepat sekali.

Artinya keyboard ini membantu saya mendesain template web/blogger dengan cepat pada saat saya berada di kafe, atau dibawah pohon di tepi pantai. Saya sungguh menyukainya.

MOUSE
Kesulitan menggeser widget dengan sentuhan jari adalah problem klasik pada saat kita bekerja dilayar android baik itu hape dan tablet sama saja. misalnya pada halaman tataletak bloggger kita bermaksud memindah mindahkan widget menggunakan hape atau tablet android bisakah kita menggesernya dengan jari? Tidak bisa! Belum ada UI (user interface) untuk itu pada platform Android. 

Jadi saya membeli mouse untuk android (ingat mouse ini dua jenis: untuk windows dan untuk android) harganya sedikit lebih murah daripada keyboard dengan merek yang sama.

Dengan mouse bluetooth yang memiliki kursor layaknya PC kesulitan saya terpecahkan: Saya dapat menggeser geser dan memindah mindahkan widget blogger pada dasbor sesuka hati saya. Saya juga dapat menyorot kode kode di halaman HTML dan menghapusnya melalui tuts "del" setelah itu melalui keyboard bluetooth. Akhirnya Tablet+keyboard+Mouse menjadi sebuah kesatuan yang tidak terpisahkan.

Alasan saya membeli kedua asesories ini juga adalah karena saya dapat memanfaatkan aplikasi aplikasi perkantoran gratis android dan bekerja dengan bantuan tablet beserta asesoriesnya. Benar benar gagdet gagdet yang mampu membunuh PC!

DIPERGUNAKAN BUAT SMARTPHONE

Smartphone layarnya juga semakin lebar rata rata hape keluaran baru memiliki layar 6" keatas. Hal ini terjadi karena bezel hape semakin tipis dan berkurang jauh daripada tahun tahun sebelumnya. Hal ini menguntungkan bagi produsen smarptphone untuk membuat layar hape semakin lebar tanpa menambah bobot dan dimensi body sehingga tetap nyaman dalam genggaman tangan manusia.

Nah kedua asesories yang saya sebutkan diatas dapat di pergunakan sama baiknya pada smartphone. Mengenai smartphone para ahli teknologi percaya bahwa:

  1. Smartphone mulai melenyapkan telivisi
  2. Smartphone mulai melenyapkan fungsi utama arloji
  3. Smartphone perlahan lahan mengenyahkan komputer
  4. Smartphone jelas melenyapkan radio fm
  5. Smartphone melenyapkan Tape Recorder
  6. Smartphone nyaris melenyapkan kamera konvensional (siapa yang masih cinta sama kamera saku?)
  7. Smartphone melenyapkan konsol game watch
  8. Smartphone melenyapkan kalender
  9. Smartphone akan segera melenyapkan kartu ATM
  10. Smartphone akan melenyapkan dompet dengan walletnya
  11. Smartphone mungkin akan lenyap, tapi setelah dia menelan korban teknologi lainnya.
Bagaimanan menurut anda? Perubahan selalu berada didepan mata kita tanpa kita sadari ikut menarik kita kedalam pusaran arusnya....

Dilain kesempatan saya akan mengulas tentang tablet lain yakni TAb S3


Comments

  1. Dulu saya pakai Samsung Tab3 tapi sudah lama sekali, sudah ganti HP yang lain sekarang hehehe. Wah ngiler sama keyboardnya!

    ReplyDelete
  2. @Tuteh, tablet android sekarang tentu sangat jauh beda dengan tab 3 makanya bisa menggantikan laptop :)

    ReplyDelete
  3. @rikka arhil. Ya memang keren :))

    ReplyDelete
  4. Praktis, berdasarkan pengalaman di lapangan. Ini adalah saran terbaik!

    ReplyDelete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP