RAWGIT RUNTUH: DINAMIKA DUNIA BLOGING YANG SALING KETERGANTUNGAN

RAWGIT RUNTUH: DINAMIKA DUNIA BLOGING YANG SALING KETERGANTUNGAN

Saya sempat sedikit panik ketika artikel ini tidak sengaja terhapus, padahal sudah terlanjur berada di mesin penelusuran, saya mencoba mencari segala cara untuk mengembalikan, mere-cover, me-restorenya melalui layanan restore online yang ada, mengembalikan cache, pokoke segala cara saya sudah lakukan dan GAGAL.

Beruntungnya saya memiliki banyak perangkat: Mcbook, Tablet, iPad dan hape android. Saya membuka hape android dan masih menemukan artikelnya belum di refresh pagenya jadi dengan hati hati saya copy dan saya pastekan menjadi artikel yang ditulis ulang pada halaman yang sama di blog ini. Walaupun artikel ini hanyalah dalam bentuk informasi dan opini tapi saya menulisnya berdasarkan fakta dan data yang ada termasuk dari sumbernya: RAWGIT.

RAWGIT AKHIRNYA RUNTUH KARENA ALASAN KEAMANAN(?)

Agan agan pernah dengar kan pengembang bilang kalau soal blogging layanan RawGit itu punya peranan yang cukup penting? Misalnya kita dapat bayangkan:

Kalau Github itu jalan 1 dan Template atau Tema blog itu Jalan 2 maka RawGit itu adalah jembatannya dan RawGit seringkali digunakan sebagai sumber CDN guna menampung berkas statis yang telah dikumpulkan dari GitHub.

Nah sudah kebayangkan, kalau jembatannya putus dan kalau dibiarkan bakal buruk akibatnya bagi blogger, terutama pengguna template premium, soalnya kebetulan kalau saya buka template template yang diserahkan ke saya untuk modifikasi terdapat banyak menggunakan layanan jasa RawGit ini atau dengan kata lain GithHub-nya kebanyakan di konversi melalui RawGit ini agar template dan widget yang mengandung Javascript dapat terbaca dengan baik di halaman blogger.

Sekali lagi saya paling suka mengutip kata kata Einstein: "Tidak ada yang abadi kecuali perubahan" ini juga yang terjadi di dunia blogging kasusnya nyata sekali. Dan dalam ekosistemnya Blogger tidak bisa berdiri sendiri.

DINAMIKA DUNIA BLOGGING: KEBANGKITAN DAN KERUNTUHAN
Sebelumnya kita tahu bahwa kita akan segera kehilangan Google Plus costumer tempat kita berbagi konten dan memiliki andil menaikan trafik lalu berdampak sangat positif terhadap SEO. Dan itu berita besar di dunia website, tepatnya bulan Agustus 2019 wajah Google plus akan berubah, kita sedang menunggu segala informasi tentangnya. Dan tentu saja apa akibatnya.

Banyak websider telah melakukan persiapan, tapi itu hanya sebatas opsi alternatif. Semuanya masih menduga duga. Kita masih memiliki medsos medsos lain seperti Facebook, Twitter, Pinterest dll untuk sekedar berbagi.

Tetapi ketika RawGit mengeluarkan pengumuman seolah mengucapkan salam perpisahan, saya sempat terkejut dan kecewa, saya baru mulai belajar membuat link halaman statis dan menganggap RawGit sebagai sebuah start up layanan besar dan kuat jadi kecele oleh fakta betapa rapuhnya dunia online, akhirnya menunda sementara niat saya tersebut.

RawGit sendiri menunjuk alternative layanan serupa seperti pada kutipan pengumuman yang disampaikan atas nama Ryan Grove:

"Jika anda telah terlanjur menggunakan layanan RawGit, segera hentikan secepatnya sebisa anda.

Tiga layanan dibawah ini menawarkan layanan yang fantastis bagi sebagian orang bahkan mungkin anda akan menyukaianya melebihi RawGit:"

jsDelivr
GitHub Pages
CodeSandbox
unpkg

Demikian bunyi kutipan tersebut.

APA DAMPAKNYA TERHADAP BLOGGER?

Bersiap siaplah move on dengan memback-up semua data yang sudah terlanjur dibuat berdasarkan layanan RawGit, saya juga berharap para pengembang melanjutkan layanannya terhadap pembeli template misalnya karena beberapa template dan widget yang berisi javascript mungkin akan terpengaruh dan tidak bekerja lagi setelah tahun 2019 ketika tenggang masa hidup RawGit telah berakhir.

Seperti yang telah saya singgung diatas ketika membantu memodifikasi template banyak juga tema tema premium dan berbeli masih menggunakan rawgit sebagai bridge atau "jembatan" penampil widget dengan link link yang telah dikonversi menggunakan jasa  rawgit.

PARA BLOGGER HARUS BELAJAR DAN SELALU UP TO DATE

Untuk bertahan dalam perubahan, kita harus selalu update. Dan ketika memiliki informasi kita dapat mempelajari trik baru setiap hari untuk kemajuan blog atau laman kita

Saya tidak pernah menganggap perubahan sebagai berita buruk, itulah sebabnya saya selalu menganggapnya sebagai dinamika yang menggairahkan kita perlu banyak belajar agar terus bertahan muda dan segar selamanya di dalam dunia website/blogging.

Belajar bagi pelaku dunia blogging bukanlah hal yang sulit asalkan memiliki kemamuan yang kuat, gigih dan memiliki jiwa pejuang....

Rawgit masih memberikan tenggang masa layanan hingga beberapa bulan setelah tahun 2019 nanti.

Beri Komentar ya...

0 Comments