OSIRIS MENU NAVIGASI UNTUK TEMA BLOGGER REKOMENDASI EDITBLOG

OSIRIS MENU NAVIGASI UNTUK TEMA BLOGGER REKOMENDASI EDITBLOG

Tema klasik masih menjadi pilihan hingga tahun 2018 dan perkiraan hingga akhir 2022, klasik adalah non-AMP, sebabnya di dalam halaman dasbor blogger - tidak seperti Wordpress yang pilihan template bawaannya banyak - template template Blogger ketersediaannya sangat terbatas, jadi para blogger yang menggunakannya harus kreatif merobah, mengedit, dan memodifikasi atau bahkan mendesain ulang template template bawaan tersebut menjadi: Responsif, mobile firendly, lebih cepat dan lebih SEO.

 Kali ini Editblog memberikan rekomendasi kepada anda yang mencoba mendesain ulang tema blogger bawaan dan bermaksud memasang MENU NAVIGASI yang responsive dan mobile - diantara selusin menu navigasi buatan editblog tema guna untuk mendesain ulang template bawan blogger, bulan ini kami merekomendasikan: Menu NAVIGASI OSIRIS.

TAPI, APA SIH ISTILAH ISTILAH ITU TADI? Baiklah akan kita jelaskan saja satu persatu persatu terlebih dahulu:
  1. Responsif. Artinya menu navigasi pada template dapat beradaptasi dengan berbagai ukuran layar: Bisa cocok untuk PC/desktop/laptop, bisa sesuai untuk ukuran layar tablet, dan cocok juga apabila di viewing atau dibuka melalui hape. Responsive automatis menyesuaikan dirinya sendiri pada layar tersebut yang kita sebutkan diatas
  2. Mobile friendly. Artinya mudah digunakan untuk ukuran layar layar ukuran ponsel, tidak mengurangi kecepatan dan kenyamanan saat di eksplorasi melalui ponsel, tampilannya tetap menarik dan unik (Termasuk menu Navigasinya)
  3. Lebih cepat dan SEO friendly. Dengan tetap memiliki fitur dan kecepatan walau dilayar ukuran lebih kecil tentunya adalah sebuah PR agar kecepatan web bisa tetap gegas pada tampilan tersebut hal ini sangat menunjang SEO (Search Engine Optimism) sebuah website atau blog. Jika pada layar besar ada fitur Menu Navigasi maka pada layar kecilpun hal itu harus ada tanpa harus mengorbankan kecepatan loading web/blog anda.
Sudah dapat gambarannya bukan? Bayangkan ketika di buka laptop sebuah blog memiliki menu navigasi horisontal yang sederhana atau yang rumit sesuai pilihan anda. Maka, pada halaman mobilpun dia harusnya memilikinya juga. Dengan menu navigasi hasil rekayasa dasar buatan saya yang sangat responsive ini anda akan mendapatkan tampilan pada laptop, desktop dan tablet  kurang lebih seperti pada gambar dibawah ini:
Tampilan Navigasi osiris pada laptop/PC
Menu itu berwarna biru, namun anda bisa merobah backgroundnya yang biru itu  menjadi warna merah, ungu, hitam dsb. Menu navigasi tersebut lay-outnya adalah horisontal pada tampilan laptop maupun desktop pc, dengan judul menu berjajar dari kiri ke sebelah kanan laptop. Menu pencarian diletakan dibawahnya sebenarnya menu tersebut baru akan muncul apabila Tombol atau ikon "bars" disebelah ujung kanan disentuh contohnya pada gambar dibawah, keduanya berlaku untuk segala ukuran hingga ke ukuran layar hape yang paling kecil:
Tampilan Navigasi Menu Osiris pada tampilan layar hape
Perhatikan, Judul menu baru akan terlihat pada saat bar disentuh! kami sadar pada tampilan layar kecil hal ini berguna untuk menghemat ruang namun jika anda misalnya lebih menyukai menu menjadi dropdown, anda tentu saja akan diberikan petunjuk melalui blog ini bagaimana merobah menu tersebut menjadi dropdown seperti contoh tangkapan layar dibawah ini:
Tampilan opsi osiris "dropdown" pada layar hape
Pada tampilan menu dropdown diatas terlihat jelas menu dapat disembunyikan dengan baik pada layar yang lebih kecil dan cukup hanya dengan menyentuh ikon bar disebelah kananya maka menu akan muncul sangat responsive sekali bukan?
Kalau anda lebih teliti template diatas adalah contempo! Saya memasangkannya pada template blogger terbaru seperti contempo, soho dan emporio trik ini ternyata bekerja dengan sangat baik! Padahal tadinya saya hanya mencobakannya pada template template blogger yang lebih tua seperti sederhana, Awsome, Perjalan dan tanda air. Semuanya berjalan baik baik saja.

Kelebihan menu ini adalah: Cepat, sederhana, responsive dan mobile friendly yang memang saya rancang untuk tujuan SEO. Saya membuatnya berdasarkan elemen dasar html dari belajar "halo world!" sangat mudah di coba sendiri dan mudah juga untuk di modifikasi sekalipun bagi anda hanya memiliki pengalaman mengutak atik kode kode html minim.

DROP DOWN KONTROVERSI???

Ketika membaca blognya NeilPatel saya tetap tidak setuju dengan pendapatnya dan menuliskannya di halaman komentar. Dia berpendapat membuat web desain seperti itu adalah hal yang kritis. Dan hal itu berpengaruh terhadap bisnis. Dia mengatakan orang datang berkunjung dan berharap melihat Menu Navigasi horisontal bukan dropdown, karena mata manusia jauh lebih cepat daripada mouse saat kursornya menyentuh. Saya tidak tahu, tapi pada menu navigasi situsnya juga terdapat beberapa menu yang dilengkapi dengan fitur drop down pada saat disentuh oleh kursor mouse!

Bagi saya alasan ponsel semakin banyak dan marak di pakai di seluruh dunia masa kini adalah mengapa menu drop down menjadi keniscayaan. Itu sudah sangat "mobile dan user friendly"

Neil mungkin lupa walau mata manusia lebih cepat dari kursor mouse menampilkan menu yang tersembunyi, namun reaksi syaraf, daya pikir dan nalar manusia jauh lebih cepat beradaptasi, jika syaraf gagal memerintahkan mata, maka dia akan memerintahkan kita mencari dan beralih ke opsi lain. Lagipula adalah aneh jika kemampuan indra manusia termasuk mata dan rasa  tidak memiliki kemampuan beradaptasi ketimbang sekedar berharap kemudahan dari rangsangan tool sebuah aplikasi web.

 Hari ini menurut saya menu dropdown sudah sangat akrab dengan tampilan desain web dan boleh dikatan sudah menjadi keharusan pada saat diakses di layar yang lebih kecil seperti ponsel. Mungkin saja saya telah membaca tulisan tua dari Neil yang seharusnya telah dia update sekarang. Well, kita kembali membicarakan menu navigasi yang saya beri nama OSIRIS diatas.

CARA MEMASANG MENU NAVIGASI OSIRIS DI BLOGGER

Saya menyebutnya menu Navigasi Osiris, nama yang saya sukai karena itulah saya menamainya demikian. Cara memasangnya?


Langkah Pertama masuk pengaturan blog, pilih tema, lalu klik edtit-HTML. Cari kode: </head> dan letakan kode css di bawah ini sebelum atau diatas tag </head> tadi:

<style>
body {
  font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;
}

.mobile-container {
  max-width: 480px;
  margin: auto;
  background-color: #fff;
  height: 500px;
  color: white;
  border-radius: 10px;
}

.topnav {
  overflow: hidden;
  background-color: #333;
  position: relative;
}

.topnav #myLinks {
  display: none;
}

.topnav a {
  float: left;
  color: white;
  padding: 14px 16px;
  text-decoration: none;
  font-size: 17px;
}

.topnav a.icon {
  float: right;
}
.topnav a:hover {
  background-color: #ddd;
  color: black;
}

.active {
  background-color: #4CAF50;
  color: white;
}
</style>

Langkah Kedua Masih dalam mode edit-HTML cari kode </header> lalu masukan kode html dibawah ini sebelum atau diatas tag </header> tadi:

<div class='topnav'>
  <a class='active' href='#home'>Logo</a>
  <div id='myLinks'>
    <a href='#news'>News</a>
    <a href='#contact'>Contact</a>
    <a href='#about'>About</a>
  </div>
  <a class='icon' href='javascript:void(0);' onclick='myFunction()'>
    <i class='fa fa-bars'/>
  </a>
</div>

<div style='padding-left:16px'>

</div>

Langkah ketiga, masih pada opsi edit-HTML, cari kode </body> setelah ketemu letakan kode JS dibawah ini diatas tag </body> tadi:

<script>
function myFunction() {
  var x = document.getElementById(&quot;myLinks&quot;);
  if (x.style.display === &quot;block&quot;) {
    x.style.display = &quot;none&quot;;
  } else {
    x.style.display = &quot;block&quot;;
  }
}
</script>

Terakhir SAVE tema dan lihat Demo  animasi tangkapan layar yang saya buat melalui hape:

Sekilas memang mirip dengan menu navigasi editblogtema yang sedang kami pakai (Menu navigasi EditblogTema sedang dalam penyempurnaan terutama pada menu pencarian), tetapi menu osiris saya buat dengan material dan elemen HTML yang jauh lebih ringan dan bersih, Atau silahkan lihat demo template langsung di sitenya:
DEMO

Catatan: pastikan anda telah membuat template bawaan yang anda pilih telah menjadi responsive terlebih dahulu, tutorialnya juga ada dalam blog ini:
 7 LANGKAH...
Terimakasih telah berkunjung dan selamat ngeblog teman teman... 

Beri Komentar ya...

0 Comments