MENGAPA SAYA MENYUKAI W3SCHOOL UNTUK MEMPELAJARI TEKNOLOGI WEB?

Tidak bermaksud mempromosikan situs Sekolah online ini tetapi sekedar untuk berbagi apalagi seorang pemula seperti saya yang tiba tiba saja menjadi berminat terhadap bidang ini.
Menurut saya kelebihan belajar melalui situs ini yang jelas adalah:
  1. Jelas banyak yang gratis
  2. Mudah dimengerti karena selalu disertai dengan contoh dan mempersilahkan anda "Mencoba sendiri" 
  3. Dan kita dapat mengedit kode kode HTML melalui suatu sandbox yang telah mereka sediakan.
Walaupun ada kontroversi sebagai berikut: Fitur TryIt atau cobalah anda lakukan sendiri itu nampak membuat web terlihat jelek dan kampungan, namun bagi saya W3School memiliki kecepatan loading halaman yang bagus. Jujur disamping situs tutorial lainnya W3School adalah salah satu pavorite saya dalam referensi belajar koding.

INFORMASI WEB

Model situs ini adalah portal pengembangan web tercatat sebagai milik Refsnes Data Norwegia pada tahun 2017 telah berada di urutan 187 ranking Alexa. Dan tetap aktif semenjak didirikannya pada tahun 1998.  Tapi jangan salah ya, situs ini tidak ada hubungannya dengan W3C (World wide web consortium) yang sering kita pakai standardnya sebagai www.

APA SAJA YANG DAPAT KITA PELAJARI MELALUI SITUS INI?


HTML, CSS, JavaScript, JSON, PHP, Python, AngularJS, SQL, Bootstrap, Node.js, jQuery, XQuery, AJAX, dan XML.
Seperti yang telah saya singgung diatas, setiap bagian dari tutorial selalu disertai dengan contoh yang sobat bisa mencobanya sendiri, dari mengedit hingga melihat hasil dari HTML berikut elemennya yang telah sobat edit.

Dan tentu saja ini sangat berguna bagi seorang blogger yang ingin mengedit blognya tutorial W3School releven sekali dengan kegiatan blogging dan web pada umumnya. Beberapa Template blog yang saya buat juga berdasarkan mata pelajaran dari sekola di W3School ini.

MENGAPA RUPANYA DENGAN SEKOLAH ONLINE?

Karena pradigma lama tidak selamanya benar lagi pada saat sekarang dizaman diamana informasi menjadi begitu terbuka terutama secara digital. Jujur saya hampir tidak mendapatkan apa apa di bangku kuliah TI selama dua semester tahun lalu, namun saya akhirnya mendapatkan banyak ketika membaca dan mengikuti tutorial online melalui situs situs serupa W3School. Dan saya hanya membayar dengan quota internet!

Tentu saja saya menyadari, tidak semua orang seperti saya. Banyak orang membutuhkan "social sense" yakni berinteraksi langsung secara sosial antara pengajar, sesama pelajar dan dirinya sendiri baru dia akan mendapatkan pemahaman yang menyeluruh terhadap suatu mata pelajaran.

Saya hanya memanfaatkan kelebihan belajar online karena saya dapat mengulang ulang pertanyaan sampai benar benar mengerti dan mempraktikannya langsung sesuai pelajaran. Dan ketika saya tidak menemukan sebuah jawaban pada satu situs saya akan mencari situs serupa dengan referensi yang lebih lengkap. Di dunia nyata tidak mudah melakukan hal itu.

Belajar online masa sekarang telah disertai dengan simulasi yang maju. Setiap orang yang belajar benar benar dibuat "berinteraksi" langsung dengan bidang pelajaran yang sedang dia pelajari. Dunia pendidikan dimasa depan juga akan berubah wajahnya karena sentuhan guru guru berbasis teknologi ini.

Simulasi simulasi digital sudah semakin sempurna mewakili matode pelatihan langsung dan dengan pendekatan sangat manusia. Banyak orang yang apatis, tetapi zaman tidak mungkin bergerak mundur dalam melakukan perubahan. Secara alami tidak akan ada yang bisa menahan lajunya lagi.

KESIMPULAN:

Setiap opsi atau pilihan belajar online tidaklah buruk dalam dunia pengajaran masa kini, bahkan mungkin sudah tidak bisa diabaikan lagi. Dan saya mengerti setiap matode memiliki kelemahan dan kelebihannya masing masing. Hari ini matode belajar konvensional masih dominan, dimana pengajar dan pelajar berinteraksi secara real di dunia nyata.

Namun dimasa depan terlihat kemungkinan bahwa hal tersebut akan berubah.

Hari ini adalah kesempatan terakhir saya, ketika matode pelajaran online memiliki begitu banyak harga gratis namun dengan kekayaan pengatahuan yang hampir tidak terbayangkan saya merasa sangat bersyukur akhirnya mempelajari pengatahuan pengatahuan yang dulunya saya pikir mustahil saya pelajari.

Terbukti ketika saya masuk ke kelas real dan mengambil mata pelajaran yang sama, saya tidak menemukan kesulitan mendapatkan nilai sempurna. Ini hanya matode bukan persoalan mana yang lebih baik, pada akhirnya tujuan kita adalah Ilmu Pengatahuan dan tidak perduli bagaimana caranya agar dia bisa sampai kepada kita...


Comments

  1. w3 school emang lengkap udah gitu bisa versi offline lagi :D

    ReplyDelete
  2. Rupanya bisa offline, saya baru tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi klo online lebih asik karena bisa memanfaatkan fasilitas sandbox TryIT untuk belajar jauh lebih interaktif.

      Tidak akan ada kendala Guru kehabisan jam waktu pembelajaran he he he. Makasih mas tadi saya coba recover komentar terhapus saya tulis artikel setelah diskusi sama expert Google blogger helper di forum

      Delete

Post a Comment