MENGAPA MENU NAVIGASI ITU PENTING UNTUK BLOG ANDA

MENGAPA MENU NAVIGASI ITU PENTING UNTUK BLOG ANDA

Sekalipun tema bawaan blog menyediakan opsi "page" atau "halaman" yang dapat kita fungsikan sebagai "menu navigasi" untuk blog kita misalnya dengan masuk kepengaturan blogger, pilih "Tataletak" lalu pilih tambahkan "page" atau "halaman" Tuliskan Judul pada setiap item yang mau kita tambahkan, tambahkan lagi link baik berdasarkan label blog maupun halaman mandiri dari blog anda yang lain.
Hasilnya akan sama sama saja dengan menu navigasi horisontal yang apabila di klik akan mengantarkan pembaca ke link sesuai yang di tunjukan oleh menu yang telah kita buat berdasarkan "page atau halaman" ini.

Tapi taukan kekurangannya? Untuk template bawaan blog yang lebih tua menu hanya cocok buat tampilan desktop dan laptop, tidak cocok untuk tampilan tablet ukuran kecil apalagi hape. Kita menyebutnya tidak responsive walaupun misalnya template blog telah kita modifikasi menjadi responsive.

Kecuali pada 4 template terbaru blogger seperti Contempo, Soho, emporio dan terkemuka, baru menu yang dibuat dengan "Page atau Halaman" ini jadi responsive dan dapat di gunakan untuk tampilan hape yang paling kecil sekalipun karena pada tampilan PC dan laptop akan menampilkan menu horisontal sebaliknya ketika kita gunakan hape menu akan otomatis jadi "dropdown" dan ini menarik.

Jadi jika anda ingin membuat menu Navigasi berdasarkan widget "Page atau Halaman" terapkan saja pada keempat template blogger terbaru: Yakni Soho, Contempo, Emporio dan Terkemuka yang kami sebutkan di atas tadi. Jika anda lebih tertarik menggunakan template blogger yang lebih tua seperti "Sederhana, Jendela gambar, PT keren sekali (awsome), Tanda air, kelembutan dan Perjalanan. Sebaiknya ikuti Tutorial kami di:

MENU MENU NAVIGASI BLOGGER RESPONSIVE EDIT BLOG TEMA

Anda akan di bimbing selangkah demi selangkah bagaimana memasang menu menu navigasi yang responsive ke dalam template blogger yang lebih tua dan tentu saja jika ada pertanyaan kami akan menjawab dan memberikan penjelasan sesederhana dan semudah mungkin untuk dimengerti.

MENGAPA MENU NAVIGASI ITU PENTING?

Walaupun tidak esensial, tapi dengan menu navigasi itu berfungsi sebagai: Pemandu untuk pengunjung karena didalamnya berisi link link utama yang ingin disampaikan oleh pemilik website atau blog agar lebih mudah menentukan kategori apa yang sedang ingin mereka cari tanpa bersusah payah mengobrak abrik isi dan judul artikel di dalam website atau blog tersebut.

Jadi dia akan mempermudah pembaca mencari Judul, sub-judul berdasarkan label website atau blog yang dikunjunginya.

Dan yang penting adalah:


  1. Mempercepat sitelink karena pembaca akan melihat judul di submenu dan menentukan pilihan apa yang akan mereka baca
  2. Terlihat professional, karena kita telah melakukan penyekatan yang sistematis dengan mengelompokan artikel menurut jenisnya. Pengunjung lebih tertarik mengunjungi blog yang mudah memandu mereka untuk mendapatkan apa yang sedang mereka cari.
  3. Tentu saja di nilai baik dari segi SEO dan oleh Google karena usaha kita memanjakan pembaca dengan kemudahan navigasi sedemikian rupa.
  4. Tampilan blog terlihat jadi lengkap dan unik dengan dekorasi navigasi menu yang unik dan user friendly.
Syarat menu navigasi yang baik:

Contoh tampilan menu navigasi pada layar besar
  1. Mudah di fahami cara penggunaannya, mengikuti standar umum yang user friendly. Biasanya yang paling umum persis seperti menu navigasi perkantoran akan tetapi tentu saja terkadang akan terlihat monoton
  2. Menarik dan kadang memiliki menu pencarian pada ujungnya
  3. Tidak mengganggu penampilan blog secara keseluruhan maupun mengganggu atau merusak tampilan artikel dan postingan.
  4. Responsive dan mobile friendly. Artinya bisa di pakai untuk layar ukuran paling besar dan hingga ukuran kecil. Misal untuk tampilan PC/laptop menu navigasi tampak horisontal, tetapi pas ketika dipakai untuk layar tablet yang lebih kecil dan ponsel menu akan berubah menjadi auto dropdown, jika disentuh akan tampil menu dari atas kebawah (vertikal/dropdown) dan jika dilepas akan segera jadi tersembunyi dalam satu tombol saja. Contoh pada Gambar:
    Tampilan Tombol Navigasi menu pada layar kecil/ponsel
    Intinya jika anda bermaksud mengabaikannya anda akan kehilangan beberapa hal: Interest sebagian besar pembaca, kemudahan navigasi yang penting seperti kita memandu orang yang belum tahu jalan ke tempat tujuan, kecepatan pencarian pada atikel tertentu yang diminati oleh pembaca.
Apalagi jika suatu hari blog anda telah menjadi besar dan memiliki beribu ribu konten dan artikel, memiliki menu navigasi adalah sebuah keniscayaan. Namun memang tanpa menu navigasi sekalipun blog anda tidak akan terbunuh. Hanya saja akan terasa "ada yang kurang" bagi pengunjung dan pembaca blog anda.

Beri Komentar ya..

2 Comments

  1. Dulu saya pernah mengkritik tampilan templat kuno blogspot. Dan kini teresponlah dengan model contempo, sehingga sangatlah responsive. Menu navigasinya juga bisa muncul saat diakses lewat perangkat mobile.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, mas keempat template terbaru memang didesain oleh google blogger mengikuti kebutuhan zaman, responsive dan mobile friendly

      Delete

请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
Just give us a polite comments with any related topics
Hanya komentar yang sopan dan berhubungan dengan topik