Help you by sincere

November 5, 2018

BOLEH APA TIDAK 3 FITUR BLOGGER INI DI HAPUS???

3
Ketiga fitur ini kontroversial.

Boleh apa tidak boleh sih sebenarnya WIDGET-WIDGET di bawah ini di hapus?
Banyak blogger yang tidak menginginkannya, dan walaupun tidak sedikit juga yang menyukainya. Terbukti banyak orang lebih memilih membeli template premium ketimbang memakai tema default dengan tampilan blogger yang monoton.

Widget widget yang kami maksud bukanlah widget yang bisa di hapus melalui cara masuk kepengaturan biasa, misalnya mudah saja menghapus widget popular post atau featured post setelah kita memasangnya. Widget widget yang kami maksud adalah widget widget fitur bawaan blogger.

Widget widget fitur dibawah ini tidak mudah dihapus begitu saja, tanpa melalui pengeditan HTML blogger  misalnya:
  1. Navbar
  2. Quick edit dengan ikon obeng
  3. Atribusi/Footer kredit: Powered by Blogger
  4. Mungkin ada yang lain
Belum saya temukan di web ada aturan yang menyatakan secara eksplisit bahwa menghapus widget widget tersebut "Dilarang" atau "Dipersilahkan". Sementara di kalangan blogger sendiri terdapat pendapat yang berbeda beda: ada yang bilang BOLEH, ada yang bilang tidak boleh karena seharusnya kita menghargai kredit dari Google blogger.

Well terlepas dari kontroversi, widget apapun sebenarnya bisa di hapus, apakah itu tersembunyi maupun "portable", mari kita bahas satu demi satu:

1. NAVBAR
Menurut saya kotak pencarian Navbar ini sebenarnya berguna karena dapat di manfaatkan sebagai search bar yang baik. 
Akan tetapi karena Lay out-nya yang horisontal bersama menu menu lain, dan tidak mobile friendly, maka menurut saya membuat widget yang satu ini layak untuk masuk pertimbangan untuk "di enyahkan" dari template apalagi setelah tema di modifikasi untuk menjadi lebih responsive dan mobile friendly.

Tidak ada alasan untuk tidak menyembunyikannya karena pada tampilan mobile-pun dia tidak akan bisa maksimal alias tidak responsive. Saya meneliti beberapa desainer  sebenarnya telah merombak habis template bawaan blogger untuk di jual sebagai template "premium" terlihat pada struktur HTMLnya dan masih menyisakan widget widget ini namun dengan opsi disembunyikan. 

Ada beberapa cara untuk melenyapkan navbar ini dari tampilan tema blogger:

Cara pertama: Masuk ke pengaturan blogger, masuk "lay-out" atau tataletak blogger pilih widget navbar  dengan menekan tanda pensil/pena, akan muncul pilihan warna warni navbar, anda tinggal klik pilihan 'OFF" yang paling bawah untuk menyembunyikannya. Artinya navbar tidak dihapus pilihan yang bagus  untuk menghormati karya cipta, tapi pilihan ini menyisakan kode kode yang disembunyikan dan masih menjadi beban loading blogger. Kekurangan cara ini adalah dibagian atas blogger kadang seolah menyisakan ruang dari widget yang tidak terlihat. sebaiknya anda menambahkan kode dibawah ini:

#navbar-iframe {
height: 0px;
visibility: hidden;
display: none;
}
Masuk ke pengaturan blogger, pilih editHTML cari kode ]]></b:skin> setelah ketemu kopi kode di bawah ini dan pastekan di atas kode tersebut:


Cara kedua: Menampilkannya hanya pada saat disentuh oleh kursor mouse atau sentuhan jari: Navbar tidak terlihat dan hanya terlihat pada saat disentuh, caranya:

Masuk ke pengaturan blogger, pilih editHTML cari kode ]]></b:skin> setelah ketemu kopi kode di bawah ini dan pastekan di atas kode tersebut:

#navbar-iframe{opacity:0.0;filter:alpha(Opacity=0)}

#navbar-iframe:hover{opacity:1.0;filter:alpha(Opacity=100, FinishedOpacity=100)}


Ini bisa menjadi pilihan yang baik karena template akan menjadi responsive.
Save template.

Cara ketiga: Menghapus Navbar sampai ke akar akarnya alias tidak ada lagi kode tersisa dari dalam tema, caranya: Masuk ke pengaturan blogger, pilih editHTML cari kode dibawah ini (tekan saja ctrl+f dan masukan sebagian kode lalu tekan enter): 


<b:section class='navbar' id='navbar' maxwidgets='1' name='Navbar' showaddelement='no'>

<b:widget id='Navbar1' locked='true' title='Navbar' type='Navbar' visible='true'>



<b:includable id='main'>...</b:includable>



</b:widget>

</b:section>

Kode yang saya sorot kuning jika anda double klik pada titik titik (tiga titik...) akan muncul kode lain hapus saja semua kode mulai dari <b:section class....sampai </b:section>
Save template.

2. QUICK EDIT 
Menurut saya fitur ini sebenarnya berguna untuk akses pengeditan, toh itu tidak terlihat pada tampilan blog pada saat orang lain baca blog kita, itu hanya terlihat oleh kita. Tetapi jika kita ingin menyembunyikannya, caranya juga mudah: Masuk ke pengaturan blogger, pilih editHTML cari kode dibawah ini(tekan saja ctrl+f dan masukan sebagian kode lalu tekan enter): 

<b:include name='quickedit'/>

Tapi anda harus menghapusnya satu persatu karena tanda obeng ini jumlahnya sama banyaknya dengan jumlah widget yang kita pasang di blog kita, maka ada cara lain untuk menyembunyikannya:

yakni dengan cara masuk ke editHTML dan cari kode: ]]></b:skin>, 

Lalu masukan kode di bawah ini diatasnya:


.quickedit{

display:none;visibility:hidden;}


Save template.

3. FOOTER KREDIT ATRIBUSI POWERED BY BLOGGER
Biasanya banyak pembuat template mengingatkan kita: "Tolong jangan di hapus kredit ini, tolong hargai jerih payah orang lain" kredit footer yang mereka buat terkadang juga disembunyikan dengan direct link yang jika hapus membuat blog kita "pindah" ke halaman mereka. (Saya akan memposting bagaimana cara menghapus direct link ini sampai tuntas dengan cara mudah)

Tapi anda memang juga harus menghargai jerih payah orang lain dengan membiarkan kredit footer ini, kecuali jika mereka "mengikhlaskannya" tetapi tentu saja setelah kita membayar dengan uang he he he...

Cara pertama: Masuk ke pengaturan blogger, pilih editHTML diatas kotak HTML ada menu "lompat ke widget" tekan itu unuk mencari kode: <b:widget id='Attribution1' locked='true' title='' type='Attribution'> Atau cari kode dibawah tersebut dengan cara: tekan saja ctrl+f dan masukan sebagian kode lalu tekan enter.

 <b:widget id='Attribution1' locked='true' title='' type='Attribution'>

Ganti kata 'true' menjadi 'false'

Setelah save template masuk ke pengaturan-tataletak-pilih widget - tekan edit. Pilih Hapus, Save template.
Cara diatas masih memiliki kelemahan karena pada opsi tampilan mobile powered by blogger tetap akan terlihat, hanya tidak terlihat pada tampilan PC/Laptop dan desktop saja.

Cara yang paling ekstreem adalah dengan menghapus langsung kodenya melalui editHTML, cari kode dibawah ini:

<b:widget id='Attribution1' locked='true' title='' type='Attribution'> ...</b:widget>

Hapus seluruh kode tersebut dan SAVE template.

MENGHPUS FITUR ATRIBUSI PADA TEMA BLOGGER TERBARU:
Namun pada template blogger terbaru seperti Contempo, SOHO, emporio dan terkemuka cara menghilangkan Powered by blogger diatas tidak akan berhasil. Jika kebetulan anda menggunakan salah satu tema terbaru blogger ini sebaiknya anda, masuk ke opsi: Masuk ke pengaturan, pilih "Tema", lalu pilih "Sesuaikan" Pada tampilan Desainer Blogger pilih "Lanjutan" atau "Advance", scroll menu hingga ke paling bawah, pilih Tambahkan CSS.

Pada kotak CSS tambahkan kode di bawah ini:


div.blogger {

display: none;

}

Save template.

3 comments:

  1. nice article ..
    terima kasih infonyaaa

    ReplyDelete
  2. Anonymous14 November

    maaf, navbar sudah lama tidak bisa dihapus walaupun lewat kode html nya sekalipun :) navbar hanya bisa disembunyikan atau dimatikan, bukan dihilangkan :)

    ReplyDelete

Follow