Help you by sincere

November 6, 2018

APAKAH DUA BLOG BISA DISATUKAN?

6
Mungkin sebagian dari kita  akhirnya terpikir, betapa repot mengurus beberapa atau dua blog sekaligus, belum lagi soal niche tidak jelas. Dan ingin menyatukan kedua blog hanya menjadi satu blog saja. Tapi ada juga yang semakin banyak jumlah blog yang dia miliki, maka semakin bersemangat pula dia mengurusnya, mungkin ini jenis blogger yang bisa sukses ya, saya acungkan dua jempol deh.

BISAKAH MENYATUKAN DUA BLOG MENJADI HANYA SATU BLOG?
Pinginnya bisa sih, Namun secara teknis belum ada cara menyatukan atau "memerger" dua blog jadi satu. Dua blog yang secara teknis terpisah oleh template yang berbeda, template dan Judulnya saja sudah berbeda, belum lagi bagaimana cara mensinkronkan model arah SEO-nya. Termasuk bagaimana marginnya jika satu blog telah di monetisasi sementara yang lain belum? Kalau yang dimaksud MERGER ya tidak bisa.

Akan tetapi jika tetap menginginkan hanya satu blog dan menghapus blog yang lain tanpa kehilangan konten daripada kedua blog jawabannya adalah BISA. Caranya adalah dengan "backup konten" dan "impor konten".

Langkah Pertama: Caranya masuk ke blogger yang ingin di hapus terlebih dahulu.
  1. Masuk kepengaturan 
  2. Pilih setelan
  3. Pilih "lainnya"
  4. Pilih "backup konten"
Konten akan di donlot dan disimpan di dalam folder perangkat anda, dan simpanlah di dalam folder yang mudah di ingat atau sudah ditandai. Jika perlu beri nama yang mudah diingat pada dokumen backuap tersebut.
Langkah kedua: Tutup blog yang mau dihapus atau di tinggalkan tadi, sekarang masuk ke blog yang di pilih untuk dipertahankan, mulai dari sini caranya sama saja dengan langkah diatas, bedanya kalau langkah pertama kita memilih backup konten, pada langkah kedua ini kita memilih "impor konten":

  1. Masuk kepengaturan 
  2. Pilih setelan
  3. Pilih "lainnya"
  4. Pilih "impor konten"
Ketika tombol "impor konten" kita pilih dengan mengkliknya, maka tool akan membuka folder dalam perangkat, arahkan ke folder tempat kita menyimpan "konten backup" dan klik untuk memilih backup konten tersebut.
Akan butuh proses waktu 1-2 menit tergantung seberapa banyak konten blog yang akan di impor oleh tool blogger ini. Setelah selesai seluruh konten dari blog yang akan kita hapus telah pindah ke blog yang kita pertahankan, termasuk konten terpisah dari halaman berikut komentar pengunjung, namun jumlah view tidak disertakan lagi, tidak masalah karena anda bisa kembali mempromosikan  postingan, artikel dan konten konten yang telah anda pindahkan ke blog terpilih tersebut.

Sekarang anda hanya memiliki satu blog namun dengan seluruh konten dari dua blog yang pernah anda kelola sebelumnya.

Apakah artikel ini telah membantu anda?

6 comments:

  1. Mantap infonya gan sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah mengilhami postingan ini :)

      Delete
  2. Setelah di merger jadi satu lebih simpel merawatnya ya mas, kalo punya lebih dari satu blog emang kudu extra keras merawatnya.

    ReplyDelete
  3. benar sekali mas, cara yang mungkin itu impor konten sih kalau di blogger, kalau di wp juga ada "impor konten" juga. jadi belum ada nih yang bisa nyatuin 2 blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo konten wp disatukan ke blogger bisa gak ya..

      Delete

Follow