Help you by sincere

October 27, 2018

MENGAPA ANDA HARUS MEMBUAT TEMA ATAU TEMPLATE BLOGGER SENDIRI?

12
Setelah sekian lama ngeblog apakah anda masih membeli template? Apa keuntungan membuat template sendiri?  Bagaimana membuatnya?
Membuat  sendiri template blogger itu ada beberapa cara:
  1. Menulis semua kode dan elemen HTML, CSS dan JavaScript dari awal sampai akhir hingga menjadi sebuah template blogger.
  2. Membuat tema secara online
  3. Atau mengedit dan merombak tema bawaan blogger sehingga menjadi benar benar beda dan baru
Cara pertama akan sulit dilakukan jika kita tidak menguasai bahasa koding dan pemrograman
Cara kedua tidak lebih daripada mengikuti tool online yang telah tersedia secara online dengan algoritma desain dapat membuat sebuah template sesuai dengan selera kita
Cara ketiga paling mudah dilakukan oleh para blogger pemula sekalipun hanya dengan sedikit pengatahuan koding. 

Jadi kita akan membahas cara yang ketiga saja. Asalkan dilakukan dengan sungguh sungguh pasti akan menghasilkan sebuah template bercita rasa premium seperti yang kita inginkan.


BUTUH WAKTU

Ya hampir semua hal butuh waktu, proses dan perjuangan, bukan? Misalnya bagaimana akhirnya anda akan menjadi mahir membuat template dengan sendirinya. Boleh percaya boleh tidak, Mas Sugeng pembuat tema VioMag yang sudah terkenal itu bukan seorang yang berpendidikan, tapi pastinya adalah seorang yang memiliki kemauan dan motivasi yang kuat untuk belajar, tidak percaya? Kunjungi saja blognya dan anda akan membaca apa yang dia ceritakan mengenai hal yang saya singgung diatas.

KEUNTUNGAN
Kita kembali kepada pembahasan, yakni keuntungan membuat template sendiri berdasarkan template default diantaranya adalah:
  1. Template bisa jadi premium, saya katakan sangat bisa menjadi responsive, mobile friendly hingga sangat cepat karena struktur kodenya sudah sesuai dengan elemen dasar aturan penulisan kode, lebih bersih dan aman dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan ngeblog kita.
  2. Menghemat pengeluaran, karena anda tidak perlu lagi membeli template premium
  3. Menaikan prestise jika dibanding kita harus menggunakan template gratis buatan orang lain namun harus mempertahankan kredit footer dan script yang tertanam di dalam template tersebut.
  4. Mengasah kemampuan koding, seiring waktu pengatahuan koding anda akan bertambah karena terus menerus ingin memecahkan masalah troubleshooting dalam mempercantik desain template blog misalnya.
  5. Melatih cita rasa seni desain, terutama web desain
  6. Dan banyak lagi manfaat lainnya
Untuk menopang belajar kode atau koding saya merekomendasikan situs W3School, Terimakasih W3School yang selama ini sangat membantu saya memahami bahasa bahasa web dan cara memasukan elemen elemen html kedalam desain web. Anda juga dapat mengikuti tutorial tutorial Petani Koding di facebook yang dikelola oleh Muhardian untuk menambah wawasan dan telah memiliki ribuan anggota - termasuk saya tentunya. Tetapi jika sekedar ingin memulai mengedit dan mendesain ulang sebuah template bawaan blogger anda dapat mengikuti tutorial di blog ini terlebih dahulu, kami jamin anda akan dibawa kepada pemahaman, walau ditulis sangat sederhana dan "awam". Memang sumbangsih kami terlalu sedikit dan banyak kelemahannya, namun kami berharap dapat menjadi referensi.

LANGKAH MEMBUAT TEMPLATE BLOGGER

Seperti membuat sebuah "proyek" siapkan blog baru sebagai blog percobaan atau "trial" blog itu nantinya dapat di utak atik sebagai tempat "bereksprimen" namun terlebih dahulu kami ingin memastikan anda memahami langkah langkah yang perlu anda ambil pada saat membuat sebuah tema blog, misalnya anda telah mengerti dan terbiasa membuka dasbor dan pengaturan blog:
  • Mengatur tata-letak
  • Merobah warna latar, judul, sidebar
  • Mengedit HTML
  • Menambah dan menghapus widget blog
Diantara point diatas mengedit HTML adalah wajib anda ketahui dan itu tidak sulit, saat mengedit HTML kita juga harus menguasai trik, shortcut agar dapat melakukan pengeditan pada kode kode html dapat berjalan lebih cepat dan ringkas. Misalnya menggunakan fungsi CTRL+F untuk memudahkan pencarian kode kode tertentu, guna menambah atau mengurangi atau menghapusnya.

Saya bahkan pada awalnya pernah merobah hampir 75%  kode html selama 3 hari disela sela waktu bekerja guna menghasilkan sebuah template blog yang sesuai dengan harapan. 

Namun sekali lagi lakukan pada blog eksprimen yang anda pasangkan template buatan anda sendiri, contoh eksprimen sederhana saya mengutak atik tema berdasarkan pelajaran yang saya petik dari situs W3school: Silahkan lihat di TrialTheme

Ini hanya motivasi, jika ada pertanyaan seputar mendesain template blog silahkan mengajukan pertanyaan,jika kami tidak bisa menjawabnya sekarang tentu akan kami jawab setelah kami kembali online ngeblog. Salam blogger!

12 comments:

  1. Bang blog saya yang satu saya pasang skrip ut menampilkan 2 iklan ditengah postingan. Berhasil. Tapi ternyata artikel-2 pada halaman seperti about, contact isinya malah gak muncul. cmn judulnya aja. kira2 masalahnya dmn yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf komen sebelumnya saya hapus karena banyaknya kesalahan pengetikan melalui hape, jadi saya ulangi dan mencoba memberikan penjelasan: Ketika pemasangan kode 1, atau 2 iklan di tengah postingan kita diminta mencari kode data:post.body/ yang kedua atau yang ketiga (jarang diminta kode yang pertama) lalu menghapus kode tersebut dan menggantikannya dengan script kode dimana kita menempatkan script kode iklan.

      Kesalahan yang terjadi adalah terkadang kita tidak memperhatikan bahwa setiap template belum tentu sama strukturnya, pada tema berbeli (premium) terkadang hanya ada terlihat 2 kode data:post.body/ yang kita temukan. Kita menghapusnya, dan menggantikannya dengan script iklan ternyata hasilnya seperti pengalaman diatas.

      Cara mengatasinya: cobalah masuk kepengaturan kembali, kenali kode yang kita pasang dari awal - sampai akhir kode penutupnya. hapus dan sebagai gantinya tuliskan kembali kode data:post.body/ ( dengan membukanya tag < dan menutupnya dengan tag >).

      Jika cara diatas terlalu sulit. Masuk saja kepengaturan edit HTML, diatas kode HTML ada tool "kembalikan tema widget ke default" tekan itu kemudian akan muncul pilihan: "pilih semua" artinya centang semua, atau bisa pilih "navbar1", "Adsense1" "HTML4" dst. Saya lebih suka "centang semua" nanti pasang kembali widget satu persatu. Yang jelas setelah kembalikan tema widget ke default template blog terasa lebih enteng he he he..

      Delete
    2. Trims bang penejelasaannya. kebetulan saya lagi acara dinas luar kota. Nanti kalo setelah di rumah saya coba deh.
      Jika tidak berhasil apa bole saya minta bantuan abang secara privat ?

      Delete
    3. Saya bersedia...itu tema viomag terbaru saya update lebih baik minat gak, saya gak gunakan cuma beli buat liat teknik pemasangan struktur elemennya doang...karya terbaik mas Sugeng

      Delete
    4. mas bole minta emailnya. baiknya japrian via apa yah

      Delete
    5. Bang Day: sufyanyaan@gmail.com

      Delete
  2. saya auto pusing kalau mantengin kode html yang bejibun

    ReplyDelete
  3. Saya iri sama bapak hehehhee.
    Alasannya begini pak Sofyan, bapak terlalu hebat menurut saya soal edit blog, memang pernyataan ini saat dibaca oleh rekan blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging, mungkin diantaranya akan berkata, “ah biasa saja, semua orang juga bisa”, itu baik dan sah-sah saja. Tetapi bagi saya yang pemula dan tertarik dengan blogging ini hebat.
    Saya punya niat menjadikan blog sebagai tempat belajar bagi anak murid (gayanya seperti google classroom), tetapi jujur saya tidak paham dengan semua itu,
    Bisakah bapak buatkan tutorial cara mengirim artikel ke blog dan publish sendiri (jadi anak-anak tulis dan publish sendiri, jika kontennya tidak berkenan saya bisa hapus).
    Contohnya seperti kompasiana, di blognya mbak Indri (juragan cipir) saya lihat ada.
    Bagaimana buat seperti itu pak?
    Jika berkenan buatkan tutorial soal itu pak. Saya butuh untuk belajar dan pengembangan literasi di sekolah. Terima kasih salam.
    Tulisan-tulisan di blog ini sangat berkelas dan memberi manfaat bagi pemula seperti saya. Salam sukses dan teruslah berkarya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimkasih justeru ide membuat blog jadi tempat belajar adalah ide sederhana tapi cemerlang, mengapa? Ini bisa dikatakan langka kalau bukan hal baru. Dan saya yakin itu akan sangat menarik!

      Supaya anak anak didik bisa menulis di blog kita, tentu saja dengan syarat mereka harus memiliki email Gmail terlebih dahulu, lalu kirim undangan melalui setting blogger yaitu pada settingan DASAR terdapat opsi tambahkan penulis, yaitu kalau perlu setiap anak anak didik yang akan di berikan akses menulis tadi. Sebelum memiliki akses menulis mereka harus menerima undangan tersebut terlebih dahulu (konfirmasi)

      Car ini tidak akan membuat mereka dapat mengakses keseluruhan blog, mereka hanya bisa menulis dan kita dapat menjadi "editorial" blog tersebut.

      Dengan cara ini blog akan menjadi ramai dan penuh postingan he he he...kalau trafik naik biasanya berpengaruh kepada pemasukan...

      Sederhana seperti saja caranya dan tidak melanggar ketentuan Google samasekali.

      Delete
  4. Terima kasih pak Sofyan, saya jadi tahu. Sejak lama sekali (bertanya dalam hati), apa fungsi tambah penulis di blog, ternyata jawabannya di atas. Kagum dan jawaban di atas sangat bermanfaat buat saya.

    Oh ya saya sempat kirim email ke kompasiana untuk mempertanyakan hal ini hehehee (mohon dimaklumilah pak, bukannya sok pencitraan tapi memamng saya dari kampung pak).

    Oh ya, soal pemasukan untuk blog yang saya buat dan beri nama bengkel kata siswa liar, niat itu sama sekali tidak ada pak, karena 90 persen itu tulisan anak dan memang diperuntukan sebagai sarana literasi saja. Kalau ada tawaran iklan atau semacamnya pasti saya akan tolak karena memang tujuannya bukan itu pak.

    tapi kalau blog pribadi saya, mungkin iya...

    Oh ya jika bapak berkenan bisakah, tengok sejenak blog yang saya beri nama bengkel kata siswa liar, mohon masukannya pak, saya butuh, demikian...

    salam dan terima kasih banyak.. Salam sukses buat bapak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan senang hati... Bengkel kata siswa ya

      Delete

Follow