CARA TERBARU MEMBUAT MENU NAVIGASI LENGKAP DENGAN KOTAK PENCARIAN 2

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahasa bagaimana membuat menu Navigasi plus kotak pencarian pada blog, akan tetapi kotak menu pencarian tidak "berfungsi" alias tidak bisa digunakan untuk melakukan pencarian he he he...

Hal tersebut kami sengajakan agar kita berfikir dan bertanya mengapa? Disanalah letak indahnya seni berfikir dan indahnya 'desain' html. Kebanyakan gaya nih admin, minta maaf hanya bercanda.

Pada tutorial pertama kita telah menanamkan kode css untuk skin/bentuk navigasi diatas kode ]]></b:skin> dan menambahkan kode HTML ke dalam widget HTML/Javascript, nah untuk memodifikasi agar kotak pencarian berfungsi dengan benar kita hanya perlu mengedit kode HTML pada widget ini, jangan kuatir, kan kodenya pendek saja kok:

pada tutorial pertama kita telah melatakan kode berikut dengan cara:


1. Layout > Add a Gadget

2. Pilih HTML/JavaScript

3. Judul kosongkan

4. Masukka kode berikut ini:


<div class="topnav">

<a class="active" href="/">Beranda</a>

<a href="#about">Perihal blog ini</a>

<a href="#contact">Kontak</a>

<a href="#other">Lainnya</a>

<input type="text" placeholder="Search..">
</div>


Agar kotak pencarian berfungsi pada saat dipergunakan, sesungguhnya kita hanya perlu mengedit kode yang kami sorot warna kuning dan mengubahnya menjadi:

<div class="topnav">

<a class="active" href="/">Beranda</a>

<a href="#about">Perihal blog ini</a>

<a href="#contact">Kontak</a>

<a href="#other">Lainnya</a>

<div id='bponavid'> <form action='/search' id='searchthis' method='get' style='display:inline;'><input id='search-box' name='q' size='25' type='text' placeholder='cari...'/></form>

</div>

Perhatikan kode yang disorot warna kuning telah mengandung perintah daripada matode pencarian, itu penyebab mengapa kotak pencarian menjadi 'hidup' dan berfungsi.

Jika anda masih panasaran dan mengajukan pertanyaan mengapa menu navigasi dan kotak pencarian memiliki warna gradasi, selagi kita masih menggunakan tema default blogger baik itu sederhana awsome dan lainnya, maka kita dapat menerapkannya dengan mudah melalui tutorial kami sebelumnya yang sangat lengkap di:

CARA MEMBUAT GRADASI WARNA PADA HEADER BLOGGER
Lihat DEMO
Syaratnya anda harus menggeser widget Navigasi ke posisi tajuk (header) blog, trik ini kami temukan sendiri dari hasil percobaan tanpa laboratoriom he he he...Jika ada pertanyaan seputar pembuatan widget jangan sungkan untuk bertanya, kami selalu bahagia dalam berbagi..

Kami ingin tahu apa pendapat anda setelah template bawaan sederhana atau awsome blogger kami edit? Apakah masih tampak membosankan ataukah menjadi tampak premium? Kami telah merombak hampir semua jenis tema dan membagikannya secara gratis kepada para pembaca yang kebetulan berminat....

2 comments:

  1. Tergelitik dengan kata ini, Disanalah letak indahnya seni berfikir dan indahnya 'desain' html.

    Indahnya seni berpikir saya setuju jika berhubungan dengan manusia, contoh di sekolah anak A kelakuannya seperti ini... pasti ada faktor B, C, D, ditelusuri opsi-opsi tersebut untuk mendapatkan jawaban mengapa anak A melakukan hal itu. Itu menurut saya seni berpikir mas hehhee, tetapi jika seni berpikir yang dikaitkan dengan HTML jujur mas, saya manusia yang paling tidak ada seni sama sekali,

    mengapa demikian?

    Adu ampun mas, entah mengapa saya duluan pusing...

    Adakah trik-trik untuk belajar HTML bagi pemula mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha...gak juga karena belum dihayati saja mas. GAk kenal maka gak sayang, itu pepatah kayaknya benar sih, banyak sekali trik belajar untuk pemula dan percayalah teknik dan caranya tidak jauh beda sama saja dengan belajar bahasa seperti yang mas Karakabu tekuni sekarang, coba kunjungi W3School Online Web Tutorial, disana kita diajarkan sangat lengkap perihal HTML, CSS, JS dll...Penting juga buat seorang pendidik, mas.

      Delete