Help you by sincere

October 20, 2018

APA YANG SEBENARNYA ANDA PIKIRKAN KETIKA MEMILIH SEBUAH TEMPLATE BLOGGER PREMIUM?

4
Apa yang anda pikirkan ketika ingin membeli sebuah template blogger? Sekedar template yang indah, rapi cepat dan bersih. Atau sebuah tema blogger yang dapat memenuhi niche dari kegiatan blogging anda?.
Ada beberapa tema yang didesain dengan berbagai tujuan: Untuk template berita, untuk template blogger gado gado, untuk agama Islam, kristen, Budha dan sebagainya. Template blogger dengan tema perjalanan dan seterusnya. Semuanya masih dengan User Interface yang terbatas, kecuali jika anda memiliki sedikit pengatahuan koding dasar.

OPSI PERTAMA
Para desainer berusaha keras memenuhi semua kebutuhan anda, sebagian mereka membuat template dengan berbagai opsi: Ketika anda ingin menggunakan template buatan mereka dengan ngeblog wisata, maka pada template opsi tersebut segera dapat di aktifkan dengan menonaktifkan tema lain, atau jika suatu waktu anda ingin ngeblog soal cerita dan cuap cuap, atau menulis cerpen. Templat tersebut dengan mudah dipergunakan karena memiliki opsi multipurpose.

Akan tetapi sayangnya hal itu masih jarang ditemukan, ada beberapa pembuat tema blogger ternama dunia telah membuatnya, namun walau nampak terlihat sangat luarbiasa template terasa menjadi berat, karena walau kode kode telah ditulis dengan benar, namun terlalu banyak elemen yang dilibatkan dalam penulisan.

Kelemahannya adalah, ketika orang membeli tema tersebut yang dikatakan sebagai premium, maka orang lain juga kemungkinan membeli tema yang sama, sehingga template yang anda pakai mudah sekali dikenali sebagai buatan pembuat template tertentu. Nilai premium terkadang merambah kepada kenyamanan pengguna yang terkadang melihat templatenya yang "premium" juga ternyata dipergunakan oleh orang lain. Kita dapat dengan mudah mengenali ciri dari tema tema tersebut walau telah di modifikasi sedemikian rupa. Namun hal ini tentu saja tidak bisa terelakan.

OPSI KEDUA
Ini lebih masuk akal dari sudut bisnis. Pembuat template blog memberikan jasa pembuatan tema yang sesuai dengan keinginan dan "Khayalan" peminatnya. Misal ketika calon pembeli berminat dengan sebuah desain yang sesuai dengan keinginannya atau sesuai dengan niche blogging yang akan ditekuninya, dia akan menulis request pada kolom request yang disediakan oleh pembuat template. Misal peminat ingin tema dengan warna gradasi warna warni, menu navigasi dengan hidden search yang responsive dan mobile, bernuansa wisata dan perjalanan.

Pembuat tema akan mempelajari permintaan tersebut dan jika memungkinkan memahami psikologis sang peminat misalnya cewek yang menyukai warna warna lembut akan menyukai kelembutan karena hatinya memang lembut, berdasarkan hal tersebut pembuat template dapat mendesain tema yang unik dan hanya di miliki oleh peminatnya.

REQUEST YANG PALING BANYAK DI AJUKAN
Misalnya:

  1. Saya ingin template yang cepat, sederhana, Responsive, mobile dan SEO friendly sehingga enak dipandang.
  2. Menu navigasi responsive dengan warna halus, ada kotak pencarian di ujung sebelah kanannya.
  3. Menu Navigasi kalau bisa dilengkapi dengan menu drop down dan tombol pencariannya tersembunyi atau berbentuk kaca pembesar (Semuanya dapat di fahami sebagai untuk menghemat ruang)
  4. Slot ads ready (terutama di atas atau samping judul header blog)
  5. Ada sidebar pada tampilan PC namun tidak merusak tampilan mobile sama sekali (hal yang sebenarnya sudah terdapat pada template blogger bawaan terbaru)
  6. Saya ingin Tema yang pas buat ngeblog tekno, Jualan online atau wisata kuliner
  7. dll
Perhatikan Contoh menu navigasi yang dapat kami buat dan modifikasi sesuai dengan permintaan:
Pada video diatas, menu navigasi telah dilengkapi dengan menu dropdown, kotak pencarian kaca pembesar, Mega menu yang akan menampilkan postingan saat kursor mouse disentuhkan kepadanya, dan tentu saja responsive plus mobile friendly!

Sebenarnya menurut kami pembuatan tema menggunakan elemen dasar masih menjadi opsi terbaik. Banyak tempat untuk belajar tanpa harus duduk dibangku sekolah terlebih dahulu dan mengeluarkan beaya. Mengapa elemen dasar sangat penting walaupun misalnya anda harus menulis kode dari awal secara manula namun "kerajinan tangan" ini ternyata mampu menghasilkan tema tema yang indah dan berkualitas jika dikerjakan dengan sungguh sungguh. 

Memang kita bisa saja menggunakan boostrap untuk mempersingkat pembuatan sebuah tema, namun boostrap bukannya tidak memiliki kelemahan terutama pada saat tema telah selesai dibuat. Kami hanya ingin menekankan pentingnya memahami dasar dasar koding dengan cara menuliskannya, mengkompile dan menerapkannya secara manual. 

Misalnya ada pertanyaan sederhana: Mas, dimana kode css sebaiknya di tempatkan? Ada yang menjawab bisa sebelum kode ]]></b:skin> bisa juga sebelum kode </style>

Ada yang berpendapat sebelum kode style lebih baik menurut pengalaman kami, tapi ada yang berpendapat jauh lebih baik sebelum kode ]]></b:skin> karena tidak semua template disusun dengan struktur yang sama. Terkadang tanpa trik yang benar, memasukan kode css sebelum kode </style> bisa menghasilkan error. 

Anda akan memahami fungsi fungsi elemen <p>, <a>, </p>, a/a> dst.

Maksud kami dengan cara menerapkan kode kode tersebut secara manual anda akan menjadi mahir koding dan koding adalah dasar yang paling esensial untuk pembuatan sebuah template blogger.

4 comments:

  1. Mantap gan infonya. Oya sy mau tanya. Kmaren sy beli template premium dan sdh dipasang diblog. Pas di cek dgn ternyata nilainya merah semua dari kecepatan, mobile friendly dll. Selain itu visitor juga turun drastis. Menurut agan normalkah itu atau ada yg salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecepatan templat terkadang dipengaruhi oleh konten yang kita buat. Memang walaupun premium secara tampilan belum tentu sebuah templat memiliki kecepatan seperti yang pengguna harapkan.

      Sebuah tema akan cepat kalau penulisan kode-nya ditulis dengan benar oleh pembuatnya, kemudian konten yang kita buat tidak berat...

      Bisa jadi masih dalam penyesuaian (masih baru menggunakannya) dan nanti akan menjadi sedikit lebih cepat.

      Semoga bermanfaat. .

      Delete
  2. Saya sampai saat ini masih setia dgn template gratisan mas, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan coba templat saya. Bukan sembarang gratis. Kami persilahkan membuat kredit sendiri 😊

      Delete

Follow