AMANKAN BLOG ANDA DENGAN 3 CARA INI

Tulisan ini saya tulis ulang dari artikel yang pernah saya posting di blog kami dengan judul yang sama di: " Adelinasasa", karena saya berfikir di blog inilah seharusnya artikel tersebut di posting.
Mengumpulkan uang melalui pekerjaan sebagai publisher Adsense itu memang enak dan juga capek. Tidak jarang setelah susah payah membuat blog dan diterima di program adsense seorang blogger jadi tidak sabaran lalu main klik iklan sendiri. Bahaya, dan memang tidak selang berapa waktu terhitung bulan akun bloggernya di "Banned" oleh Google.
Google telah bertindak benar. Menjadi seorang publisher tidak lantas Google "memberikan" penghasilan uang secara cuma cuma ada kode etik yang harus dipatuhi terkait kejujuran kita. Dan karena manusia tidak bisa dipegang moral dalam artian kejujurannya, Google memasang banyak sekali "bot bot pengintai" yang dapat mengawasi hampir seluruh kegiatan yang melanggar ketentuan terkait bisnis yang satu ini. Jangan tertipu menganggap mereka tidak memantau kita.

Google juga memainkan bisnis ini berlandaskan kepercayaan kepada penyedia iklan yang mempercayakan penayangan promosi bisnis mereka agar dapat berdampak terhadap penjualan atau perkembangan perusahaan mereka secara sehat. Bayangkan kalau dibiarkan, satu orang mulai dan semua orang tertular, bisa hancur bisnis mereka bukan.

Akan tetapi kadang tidak semua kesalahan sengaja dilakukan oleh para publisher adsense sehingga akun mereka di banned. Kadang tanpa mereka sadari mereka hanya menjadi korban pihak pihak tidak bertanggung jawab. Terutama para pemula dan publisher seperti ini harus dibantu.

1. BAHAYA PROMO BLOG KE MEDSOS

Sebutlah facebook, Linkiden, twiteer dll. Lalu ada juga forum forum. Siapa yang tidak mau blognya jadi terkenal dan traffiknya berjejal oleh pengunjung? Tapi yang harus kamu ketahui tidak semua orang memiliki tabiat dan watak yang sama: Ada yang jujur, ada yang penuh welas kasih, tapi ada juga yang curang dan kejam, bukan?

Di medsos seperti facebook kalau kamu coba posting blog di wall biasa, di jamin gak ada yang like walaupun bukan berarti tidak ada yang baca. Namun like sudah mengidentifikasikan sebagai sebuah tanda perhatian bahwa Blog kamu dilihat. Jadi supaya blog kamu mendapatkan perhatian kamu harus mencari grup grup blog yang ada di Facebook. Dan disanalah kadang "malapetaka" ini berawal.

Karena kamu yang tadinya "lugu" bertemu dengan orang orang didalam grup yang pertamanya terlihat memiliki kepentingan hampir sama: Ingin blognya dikenal (jujur saja, kalau tidak buat apa kamu dan aku datang dan posting artikel, ya kan he he he becanda..) Yang kedua, jika mereka sudah memiliki blog dengan adsense mereka ingin agar penghasilannya meningkat dengan klik iklan.

Lihat judul grup: Adsense, Pertukaran link atau yang dari Indianya: "Blog link Exchange", Grup SEO dll. Pada ujung ujungnya kalian akan bertukaran link, saling view, bahkan saling klik. Dan bom kllik bisa terjadi: Google adsense mencatat, klik di ads blog kamu yang ketinggian jika dibandingkan dengan statistik: sekian klik per pageview. Susah mengontrol ini. Apalagi orang orang yang masuk ke grup seperti ini di medsos rata rata masih baru. Mereka bisa kebablasan dan terjadilah "bom klik" pada iklan blog kamu dan tunggu peringatan dari Google sebelum akhirnya blog kamu di banned. Mungkin kamu tidak bersalah, tetapi Google telah mengajukan aturan mainnya dengan jelas, dan jika kamu tersandung salah satunya, akun kamu pasti akan di-suspend, di banned dan paling sial dihapus selamanya.

Cara kedua yang sedikit lebih aman adalah: Main FB ads, artinya kamu bisa mengeluarkan sedikit dana promosi melalui Facebook Fan Page milik kamu sendiri. Aturan boleh atau tidaknya ini dilakukan masih belum ditetapkan aturannya baik oleh Google dan Facebook itu sendiri.

Sedangkan permainan di media sosial serupa facebook juga sama: Di twitter ada grup Blogger, di Google plus juga ada grup grup blogger. Google dan Facebook secara sistematis memantau kegiatan kegiatan serupa di plafrom sosmed mereka masing masing. Mereka memiliki mesin pengintip canggih dan kamu tidak bisa bilang itu melanggar aturan jukum atau tidak karena pada saat mendaftar pada setiap platform, kita telah di sodori dengan "term of condition" jadi baca itu baik baik.

Dari diskusi yang penulis kumpulkan di berbagai grup dan forum hampir 45% pelaku ads exchange di grup grup seperti medsos ini pernah di Banned, di suspended dan bahkan blog mereka sudah terhapus!

Cara mengatasi persoalan ini adalah:
  • Jangan ikuti grup seperti itu dan ingat walau penghasilan kamu masih sedikit tapi kelangsungan hidup blog kamu adalah jangka panjang, itu jauh lebih baik daripada keuntungan sementara yang besar namun berakhir cepat.
  • Jangan mudah terpengaruh oleh bujuk rayu blogger nakal "mata duitan" beberapa blogger asal dari negera negara tertentu misalnya sering meminta kita inbox mereka dengan janji memberikan rahasia untuk meningkatkan penghasilan tanpa risiko ketahuan oleh mesin pengawas Google, jangan percaya. (Eh saya gak nuduh ya, itu hanya contoh)
  • Cari grup yang walau nampak membosankan namun memiliki peraturan yang jelas terhadap spam. Yang penting kamu dapat menayangkan blog kamu diantara orang orang yang berminat.
  • Berhati hatilah.

2. JINGLING DAN ATAU AUTO VISITOR

Pernah tidak blog kamu mendapat visitor yang biasanya hanya beberapa ratusan orang tiba tiba membeludak sampai ribuan dan bahkan ratusan ribu jumlahnya? Pengunjungnya misalnya pengunjungnya dari Israel atau luar negeri. Bot bot ini diciptakan pada awalnya untuk dipergunakan meningkatkan traffik blog pribadi demi keuntungan yaitu menipu Google (untung Google tidak kapok karena mereka adalah pelaku bisnis tangguh) tetapi pada perkembangannya Jingling dipergunakan sebagai virus yang dapat merusak blog orang lain.

Cara kerjanya adalah dengan mengumpulkan IP-IP yang ada di dunia maya dan dipergunakan untuk mengunjungi blog kamu secara massive ciri ciri pengunjung biasanya berasal dari Amerika atau Israel, ngapain juga mereka mau membaca artikel yang bukan bahasa mereka? Itu artinya yang menjadi pengunjung blogmu adalah mesin. Pengunjung ini bisa berakibat blog kamu tidak di index lagi oleh mesin pencari google.

Perhatikan juga di stats blog kamu perangkat yang paling banyak dipergunakan pada waktu "Bom Pengunjung" ini adalah Windows (biasanya melebih 55%) karena biasanya di waktu normal tentunya Android. Windows adalah ciri ciri hacker sedang beraksi.

Entah apa tujuannya, namun beberapa pengalaman yang ditulis di forum beberapa blogger menemukan artikel mereka di kopi habis dengan iklan iklannya. Cara mereka bekerja adalah dengan menghujani blog kamu dengan bot bot pengunjung siluman, pada saat blog melambat merekapun bekerja! Google sering memberi peringatan: " Beberapa iklan anda terdeteksi ditayangkan pada situs lain, segera tambahkan situs anda, atau anda akan berpotensi kehilangan penghasilan"

Saya tidak tahu pasti bagaimana rincian cara kerja Jingling dan auto visitor ini. Akan tetapi sekali lagi blog yang di datangi oleh pengunjung tentu trafiknya naik, dan dampaknya memang bagus buat yang punya bisnis akan tetapi juga berbahaya terhadap penghasilan karena bisa saja dicuri.

Salah satu cara mengatasi dampak serangan Jingling adalah:
  • Masuk kepengaturan Blogger
  • Masuk ke setelan
  • Masuk ke referensi penelusuran
  • Kilik dan edit "Aktifkan konten robots.txt khusus?"
  • Ketika kotak dialog robots.txt khusus terbuka masukan script ini: User-agent: 
Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /
Sitemap: http://www.adedansasa.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
    Ganti kode link yang saya sorot kuning"adedansasa.com/ dengan alamat blog kamu sendiri dan SAVE
Adapun cara agar artikel, konten dan postingan kita tidak mudah di kopi secara iligel oleh pihak tidak bertanggung jawab kamu dapat melakukan langkah berikut:
  • Seperti langkah pertama: Masuk kepengaturan Blogger
  • Masuk ke Setelan
  • Pilih "lainnya"
  • Pilih Izinkan Feed Blog?
  • Jangan pilih "penuh" pilih saja opsi "singkat"
Pilihan "singkat" bertujuan agar pihak lain tidak dapat mengkopi artikel dan konten kita secara penuh.

3. BOM KLIK REAL DARI DUNIA NYATA

Siapa bilang ngeblog itu setelah bikin blog dan menjadi publisher adsense lantas kamu bisa goyang goyang kaki karena sen sen demi sen sudah masuk kedalam pundi pundi akun adsense kamu? Blog adalah ibarat property atau harta kamu. Kalau kamu punya mobil itu properti nyata. Namun blog adalah properti nyata dan sekaligus property intelektual bagi seorang blogger yang serius.

Keamanan sangatlah nyata, dan itu penting sekali.

Beberapa blog dengan domain dan hosting telah terintegrasi dengan sistem pengamanan yang canggih pada saat blogger membelinya, akan tetapi bagi seorang blogger pemula dan orang susah seperti kita mau tidak mau kita harus "mengamankan" harta benda kita sendiri dengan menjaganya. Rumah ada pagar dan pintu sebagai pengaman untuk mencegah orang lain yang tidak bertanggung jawab memasukinya. Blog juga seharusnya demikian.

Bisa saja ada orang tidak senang blog kamu dan mereka itu entah mengerti atau tidak, membuka dan mengklik iklan kamu sampai ratusan kali setiap hari, lalu dia mengajak saudara saudaranya, lalu teman temannya, hingga diklik berkali kali, jelas Google menganggapnya berbahaya bagi kelangsungan bisnis adsense terkait kepercayaan pelanggannya. Saya pastikan jika hal ini terjadi blog kamu akan ditangguhkan. Menyedihkan, apa salah kita? Tidak ada yang salah dan jangan berputus asa. Kamu harus mengatasi hal ini.

Ini bisa berat secara psikologis, akan tetapi selalu ada cara untuk mengatasi hal seperti ini walaupun kita tidak tahu persis siapa saja pelakunya. Gak mungkin kan melarang orang orang yang sedang benci? Salah salah hanya mendapat cibiran dari belakang kita.

Caranya adalah dengan memasang sebuah script, cara kerja script ini membaca IP perangkat yang mengklik iklan di blog kamu walau dimanapun mereka berada di ujung di dunia yang fana ini, pada saat mereka melanjutkan mengklik iklan untuk ketiga kalinya, iklan kamu menghilang! Hanya di perangkat laptop, tablet atau hape mereka saja. Kamu malah jadi untung dikunjungi oleh pengunjung setia yang kurang kerjaan dan bolak balik memeriksa kalau kalau ada iklan yang bisa di klik di blog kamu dengan tujuan buat mampusin kamu.

Caranya:
  • Log in ke blogger kamu
  • Klik template > Edit HTML
  • Cari kode </head> (tekan ctrl+F lalu tulis "</head>") dan enter.
  • Selanjutnya copy-paste kode dibawah ini dan letakan tepat diatas kode </head> tadi:
<script src='//ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1/jquery.min.js'/> <script src='http://yourjavascript.com/4682124575/antibomklik.js”/'/> &lt;script src=&#8221;http://yourjavascript.com/4682124575/antibomklik.js&#8221;/&gt;&lt;/script&gt;

Lalu tekan SAVE.

KESIMPULAN:

Apapun profesi kamu, jadilah orang yang rendah hati, dan selalu berhati hati. Mudah menjadi pintar dan terkenal, namun tidaklah mudah menjadi seorang yang bijak dan rendah hati. Lebih baik mendapatkan penghasilan sedikit daripada penghasilan banyak namun tidak halal dan berumur singkat.

Dan sebuah blog tidak hanya semata mata ssebuah blog, dia adalah properti yang harus kamu pikirkan juga kemanannya.....Semoga bermanfaat.

Untuk mencegah agar kamu tidak terperangkap ke dalam pelanggaran dan kesalahan yang sengaja kamu lakukan sendiri terhadap blog kesayangan kamu silahkan ikuti artikel berikut: JANGAN LAKUKAN 5 HAL INI ATAU BLOG ANDA AKAN 'KIAMAT'

2 comments:

  1. Jujur aku kagum banget dengan gaya atau cara tulisan penyampaian informasi pengamanan blog ini ..., ditulis secara runut mudah dimengerti dan memakai 'bahasa' anak muda.
    Artikel keren 👍

    ReplyDelete