Benar gak sih, template AMP mempercepat blog terindex Google? | editblogtema editblogtema: Benar gak sih, template AMP mempercepat blog terindex Google?

Logtema

×
tutorial dan teknik

Benar gak sih, template AMP mempercepat blog terindex Google?

AMP image by editblogtema
Harus diakui, tidak sedikit blogger percaya, bahwa dengan menggunakan template blogger AMP pengunjung naik drastis hingga dua kali-lipat. Tetapi sampai saat ini harus kita sadari menggunakan AMP buat ngeblog bukan sebuah pilihan apalagi harga mati,  melainkan sampai saat ini hanyalah sebagai sebuah alternatif. Ini juga yang pada awalnya menjadi sinyal kuat betapa Google sangat konsen pada kecepatan sebuah halaman web!

Ada benarnya mempercepat konten terindex, namun sebenarnya tidak lebih daripada karena soal alasan kecepatannya karena seperti telah kita ketahui, mesin pencari akan lebih mudah menemukan sebuah halaman yang sederhana dan ringan ketimbang sebuah halaman yang "rumit", cantik namun berat. Karena sifat mesin pada dasarnya memang masih sangat sederhana dan relatif  hanya akan sangat mengerti pada hal hal yang lebih sederhana.

Dan, hari ini berbagai template HTML klasik responsive telah dibuat kecepatannya mengekor AMP. Lebih stylish dan lebih tampak kaya. Hal ini terjadi karena hari ini kecepatan adalah dasar utama daripada SEO.

Pertanyaannya mengapa ada statemen yang mengatakan berkat tema AMP trafiknya naik? Bukankah lebih masuk akal bila kita berpendapat trafik blog naik karena konten yang bagus?

AMP akan tampak seperti suatu Project Google yang Ambigu jika kita tidak memahaminya.

Yang paling masuk akal mengapa hal itu terjadi adalah apabila kita  menilik kepada fakta dan kemungkinan:
  • Karena sebelumnya menggunakan template yang buruk, tidak responsive dan tidak mobile friendly, karuan saja buruk dimata mesin pencari. Dan pengunjung terpental dari site karena loading (terkena efek bounching). Jelas trafik blog anjlok sampai ke titik nadir.
  • Dan pada saat beralih ke AMP yang cepat dan mobile friendly, mesin pencari mengenalinya sebagai tema yang sangat mobile dan jauh lebih baik, dan pengunjung menjadi lebih mudah mengakses site tersebut. 
  • Dan kecepatan adalah syarat mutlak sebuah situs untuk dapat survive berkompetisi dalam mencapai antrian dihalaman stats mesin pencari.

MENGAPA HARI INI ITU JADI MERAGUKAN?

  • Jaringan 4G sudah mulai merata bahkan kecepatan internet 5G akan segera menyusul, bisa saja mesin pencari beralih orientasi kepada sifat logic kecepatan dan merespon jauh lebih baik pada saat sebuah template HTML klasik yang responsive lebih cepat dibuka. Tetapi kecepatan jaringan internet memang sudah mulai merata dan sedikit banyaknya akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup AMP.
  • Jika semua orang di dunia rata rata telah menikmati kecepatan internet diatas 900kbps saja maka batas antara kecepatan AMP dan HTML klasik menjadi setipis ari. Jika setiap templat HTML biasa dapat dibuka dalam waktu 0,8 detik saja, mengapa orang harus memilih AMP dengan segala keterbatasannya? Tentu saja sampai saat tulisan ini saya muat proyek AMP masih terus berlanjut untuk mencari dan untuk mencapai penyempurnaannya.
  • Dan lalu pertimbangan kesederhanaan AMP dibanding Tema HTML klasik akan membuat orang  mengulur waktu untuk memilih tema yang satu ini. Faktanya jika sobat memiliki situs sebesar kompas, washington post dan Kaskus, sampai saat ini akan sulit memilih AMP guna menampung begitu banyak "harta" didalam halaman mereka.

Tetapi kita akui sajalah AMP adalah masih merupakan hal baru dan setiap datang hal baru maka semua orang menginginkannya walaupun gak yakin semua orang mengerti apa sih AMP itu? Jadi apa saja sih yang menjadi kelebihan AMP? Begitu berhargakah sehingga sobat memutuskan pindah dan migrasi dari blog html klasik mobile ke halaman blog AMP?

Jawabannya: Ya dan Tidak, lihat saja faktanya di bawah ini:

APA SIH AMP ITU?

AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah sebuah proyek yang di cetuskan oleh Google sejak 2017 yang lalu dan ditujukan untuk mempercepat loading daripada konten blog ke halaman web melalui perangkat seluler atau perangkat mobile. Di bangun berdasarkan basis inti dan elemen yang di tawarkan oleh HTML dan dibuat untuk menyederhanakan halaman web. Jadi itu dibuat dan di optimalkan untuk konten, maka sasarannya juga dibuat sangat sederhana. Jangan berharap dapat dengan mudah menambah nambah asesories untuk mempercantik tema blog AMP kalau tidak berbentur sama validitas.

Baca juga: PANASARAN APA SIH AMP ITU?

LALU APA PULA MOBILE HTML KLASIK ITU?

Halaman klasik mobile friendly atau yang kita namakan saja Blog HTML mobile klasik yang biasa telah sobat pakai selama ini (termasuk blog EditBlogTema). Jenis blog ini sesungguhnya cepat, efesien dan dapat dipergunakan sama hebatnya ketika dibuka melalui PC desktop dan Laptop, sangat kuat, bertenaga dan tampilannya aduhai sungguh cantik dan menawan.

Beberapa contoh vendor besar seperti Samsung dan Apple, walaupun mereka memiliki halaman web yang sarat dengan konten, ramai pengunjung berjubel tetapi sungguh gila, loading halamannya sangat cepat dan sangat kompitable. Dan mereka 100% menggunakan basis html klasik mobile, bukannya AMP.

JADI KALAU DEMIKIAN APA KEUNTUNGANNYA MEMILIKI WEBSITE AMP?

Jangan hanya melihat dua contoh Apple dan Samsung, kita ambil contoh lain juga sebagai gambarannya:

Jika sobat bukan pemilik sebuah website sebesar Kompas, atau bahkan sebesar Washington Post dan tidak memposting 300 artikel setiap hari, atau anggap saja sobat memiliki sebuah usaha bisnis online dan sobat ingin menaroh konten secepat mungkin kehadapan pemirsa/pelanggan, dalam artian tidak terlalu banyak konten, dan mungkin sobat hanya memiliki beberapa gambar disana-sini, juga kita tidak terlalu sering mengeditnya dan sobat tidak memiliki konten berat dan mewah di blog atau website sobata.

Maka, AMP demi Tuhan cocok sekali untuk sobat!

Kita hanya bisa mengeditnya sekali sekali, tambahkan semua konten konten berharga kedalamnya, letakan di server kita, dan beri link tag resmi (Misal "Halo saya adalah halaman mobile/hape, klik disini untuk halaman desktop") dan wow, kita telah memiliki sebuah halaman AMP yang cepat!

Dalam hal ini sobat dapat berbangga karena memiliki blog atau website AMP. Kesimpulannya AMP adalah solusi yang sangat tepat untuk kita yang tidak terlalu butuh hal hal yang bersifat teknis tetapi menginginkan kecepatan kilat sebuah blog. Kelebihan AMP adalah mirip mirip dan dekat dekat saja, dan nampaknya hanya pada kecepatannya saja:
  • loadingnya cepat
  • loadingnya sangat cepat
  • loadingnya sungguh sangat cepat
  • loadingnya paling cepat

DAN LALU APA KEUNTUNGAN MEMILIKI WEBSITE KLASIK MOBILE?

Jika sobat ingin menempatkan segala sesuatu secara langsung, gampang dan sederhana segalanya dan semuanya dalam artian banyak sekali hal bahkan hampir tanpa batas kedalam site atau blog sobat. Sobat sebaiknya memilih templat HTML biasa yang responsive dan mobile friendly.

Jika sobat iri karena AMP memiliki kelebihan dengan kecepatan dan keringanannya maka sobat harus ingat satu atau dua hal terkait mengoptimalkan konten misal tidak boleh mengupload image/gambar melebihi ukuran 60 megabyte, AMP bisa kehabisan nafas kalau melakukan ini

Dengan versi HTML klasik yang mobile kita memiliki sebuah web atau blog yang jauh lebih cantik, jauh lebih cakep dan jauh lebih kaya, dan tentu saja jauh lebih kuat. Maka dari itu jika sobat adalah seorang yang menjalankan bisnis secara teratur, bisnis besar pula, atau setiap orang yang menginginkan sebuah blog/website yang bukan hanya semata mata menampilkan tulisan, gambar dan plug-in yang seluruh orang diplanet ini menggunakannya, maka versi mobile klasik ini sangat cocok buat sobat.

Karena disana tersemat tool tool yang sangat mudah dipergunakan contoh seperti lazyload dan tinyPNG yang benar benar akan membuat loading halaman blog benar benar gila ringan dan kecepatannya dan itu belum lagi termasuk adanya webiste website seperti GTMetix yang akan menawarkan informasi secara detail aduhai bagaimana cepatnya sebuah halaman web, meskipun itu HTM klasik dan bukan AMP

Jelasnya versi html klasik ini telah hadir sejak lama dan tidak akan membuat kita terkejut. Kelebihan versi mobile klasik adalah:

  • Loadingnya cepat jika kode di tulis dengan benar
  • Fitur berlimpah, hingga jutaan plug in tersedia
  • Dapat dicostumize dan sangat gampang di edit dengan cepat
  • Tidak akan pernah ketinggalan gaya
  • Stabil dan tidak perlu dipertanyakan lagi keberadaannya.


DAN APA POINNYA JIKA MENGGUNAKAN KEDUA JENIS BLOG/SITE INI?

Jujur saja, beberapa pihak dalam hal ini (enable.com) telah mencoba dan bekerja dengan AMP sejak kemunculan versi ini tahun lalu, dan lebih sepuluh tahun semenjak versi mobile klasik hadir dimuka bumi ini. Keduanya hadir dari keinginan pengguna mobile baik hape dan sebagainya.

Karena kedua jenis sumber kodenya telah ada di dunia ini, maka sobat dapat memiliki salah satu atau kedua duanya, dan bersyukurlah karena "code source" nya terbuka bagi siapa saja yang ingin mengembangkannya, bahkan apabila sobat ingin menjadikannya sebagai sumber mata pencarian buat membantu menafkahi hidup.

Sekali lagi kami berikan gambarannya:

Jika kostumisasi yang tinggi yang menjadi keinginan sobat, pilihlah halaman mobile klasik, jika sobat tidak menginginkan SSL, sekali lagi pilihlah halaman html klasik, beribu alasan untuk tetap menggunakan versi mobile html klasik ini. Perhatikan tabel dibawah ini:

Tabel perbandingan AMP dan mobile klasik

Di sana terlihat jelas mengapa kita masih enggan menggunakan tema blogger AMP.

Jurangnya masih terlalu besar belum lagi jika sobat pertimbangkan semakin marak dan menjadi meratanya pengguna yang telah menggunakan gagdet gagdet dengan kemampuan dan kecepatan network 4G, dan tidak akan lama lagi dengan kemunculan network dengan kecepatan 5G hal tersebut akan membuat kecepatan halaman AMP dan mobile klasik menjadi setara.

Atau tidak akan terasa lagi perbedaan kecepatannya. Saya curiga jangan jangan AMP berpotensi menjadi sebuah projek yang gagal.

Baca juga: PANASARAN, APA SIH AMP ITU?

Sumber: enable.

Bagikan (share):

27 comments:

  1. Thanks for sharing this informative and beautiful post.

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik menggunakan blog dengan tema AMP. tapi settingnya yang agak ribet menyebabkan saya berpikir untuk menggunakannya di blog baru saja. Untuk blog lama,terlalu banyak yang harus dibenahi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget jangan lakukan terutama apabila kita berencana mengembangkan bisnis yang lebih besar berbasis blog lama

      Delete
  3. Aku ga tau itu apa yang penting ngeblog n nulis dulu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya menulis dan mebuat konten yang baik pastinya akan membuat sebuah halaman blog lebih cepat naik trafiknya.

      Delete
  4. AMP enggak ngaruh sama SEO, jadi bener mungkin alesannya karena doi dulunya pake template atau settingan template-nya yang kurang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya saya setuju karena saya juga sudah membuat beberapa template AMP untuk toko jualan online keluarga dan setiap waktu mengamati perbandingannya dengan HTML klasik biasa. Di sini karena kecepatan internet telah membuat gapnya hampir menjadi tidak terlihat lagi

      Delete
  5. Setelah baca ulasan kang Sofyan, saya semakin kuat menunda beralih ke AMP. Rasanya belum butuh2 amat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog bang Day berpotensi menjadi blog yang tinggi kerumitannya
      😁

      Delete
    2. hahaha.. kok gitu mas ? :D

      Delete
    3. Saya suka yang tentang cuaca, selain orientasinya saintifik, blog yang satu ini terlihat konsisten

      Delete
  6. Thanks for sharing this informative article. I get some useful information.

    ReplyDelete
  7. ulasan yang lengkap dan mencerahkan kak tentang html klasik dan amp, jadi bisa tahu nih ane tentang kelebihan dan kekurangannya, makasih banyak kak atas info nya ;)

    ReplyDelete
  8. Saya sangat sependapat dengan artikel ini. Google yang menggaungkan AMP saja, sampai kini belum merilis template yang AMP, eh justru yang template responsive.
    AMP itu cocoknya untuk blog yang miskin gambar. Sehingga mudah mengedit.
    Apalagi 5G sepertinya semakin mendekati kenyataan. Internet akan semakin lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proyek itu kini lebih menggaung di tangan para pengembang dan pihak ke-3. Terutama AMP lebih kaya pada Platform Wordpress.

      AMP tampak memukau karena CSS, tapi semata mata menggunakan CSS, masih terbentur kompatibilitas mesin peramban level bawah.

      Delete
  9. Saya gaptek untuk utak-atik blog. Kebingungan kala dapat surel pemberitahuan dari Google Console bahwa ada yang salah dengan tampilan blog saya, tak mobile friendly alias ukutan huruf keciol.
    Pakai tema sederhana yang tinggal diklik agar bisa besar, itu agar semua layar halaman blog saya terlihat. Pakai contempo ada keterbatasan. Belum sanggup beli template berbayar.
    AMP sepertinya tak terlalu diprioritaskan saya.
    Artikel di atas setidaknya membantu saya agar memahami soal AMP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi..prinsipnya gak ada orang yagn gaptek, karena dengan belajar pasti bisa

      Delete
  10. Thanks for sharing such a beautiful and well explained article.

    ReplyDelete
  11. Hmm, alasan di atas ada benernya, klo teknologi internet dah makin cepat mungkin AMP cuma beda-beda tips loadingnya kecuali page speednya mmng terlalu parah. Btw sampe skrng saya masih belum kepikiran pake AMP secara masih banyak keluhan dari teman2 blogger lain. Padahal tertarik juga klo liat pengunjung website saya yang 60% dari HP. Tapi klo jadinya bermasalah mending ntar dulu deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetapi soal pelayanan pada server AMP dianak emakan...hhh

      Delete
  12. bang,Saya terapkan template Contemponya di blog saya ko struktur judul artikelnya berserak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu belum diupdate..download yang sora saja...

      Delete
  13. AMP ini memang belakangan ngetop banget ya mas dikalangan para blogger indonesia, cuma saya belum tertarik untuk menggunknnya lebih lanjut walaupun secara kecepatan luar biasa

    ReplyDelete

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan